Resep Banana Cheese Puff Pastry 

Bismillahirrahmanirrahim.
Resep Banana Cheese Puff Pastry-Bikin jajanan paling mudah salah satunya menggunakan kulit puff pastry instan. Dengan menggunakan puff pastry instan kita bisa berkreasi membuat bentuk dan isiannya.

Sebenarnya experiment kali ini dalam rangka mencoba cetakan baru..yupp..cetakan yang berbentuk kerucut. Cetakan ini biasa di sebut cetakan cum cum/ cream horn atau pastry keong. Penasaran dengan berbagai bentuk puff pastry yng biasa dijual di Toko Roti Purimas yang  terkenal dengan berbagai menu puff pastry dan isiannya. Kebetulan di rumah ada banyak pisang yang sudah di rebus. Pisang hasil kebun yang di bawakan oleh ibuk saat beliaunya berkunjung ke Kudus..makasih ibuk....jadi terharu..dibawain berbagai hasil kebun...hug..hug..

cetakan cum cum

Cara pembuatan Banana cheese puff pastry ini sangat mudah. Puff pastry instan bisa dibeli di supermarket. Puff pastry yang saya gunakan merk EDO.
Puff pastry instan yang akan digunakan di keluarkan terlebih dahulu dari freezer, biarkan di udara luar sampai agak lunak. Jangan lupa taruh di bidang datar yang ditaburi terigu agar tidak tepung agar tidak menempel ketika di giling.

 Resep Banana Cheese Puff Pastry

Resep Banana Cheese Puff Pastry

baca juga : resep cheese stick roll gurih dan super renyah

Bahan :
  • 1 lembar frozen puff pastry instan
  • pisang yang dihaluskan(saya pakai yang sudah dikukus)
  • keju parut.

Cara membuat  Banana Cheese Puff Pastry :

  1. Letakkan puff pastry instan ke bidang yang sudah ditaburi terigu.
  2. Potong memanjang, ukran  sekitar 1-2 cm
  3. Olesi tipis cetakan dengan minyak atau margarin.
  4. Lilitkan puff pastry yang sudah di potong tadi ke cetakan cum cum atau cetakan pastry keong.
  5. Tata diatas cetakan yang sudah dilapisi kertas baking.
  6. Panggang sampai agak kecoklatan.
  7. Keluarkan puff pastry dari cetakan
  8. Buat isian : Campur pisang kukus yang sudah dihaluskan dengan keju. sisakan parutan keju untuk taburan.
  9. Lalu isikan  isian ke dalam lubang puff pastry sampai penuh dan beri parutan keju pada ujungnya.
  10. Panggang puff pastry kembali sebentar dan banana cheese puff pastry siap digunakan.
 Resep Banana Cheese Puff Pastry

Memiliki stock puff pastry di rumah membuat kita mudah untuk membuat cemilan dirumah. Kita juga dapat berkreasi dengan bahan frozen puff pastry ini, variasikan dengan berbagai isian dan bentuk. Jajanan yang super praktis dan enak dan tentunya akan banyak disukai anak-anak.

Resep Banana Cheese Puff Pastry

Bismillahirrahmanirrahim
Resep Tumis Tempe Telur Puyuh -Tempe merupakan makanan yang cukup populer di Indonesia yang merupakan negara penghasil tempe terbesar. Tempe sendiri memiliki banyak manfaat bagi kesehatan antara lain untuk mencegah penyakit, diabetes melitus, kanker, jantung koroner, penurun kolesterol darah, zat antioksidan yang bagus untuk mencegah penuaan dini, pencega penyakit jantung dan banyak lagi. Jadi, jangan memandang sebelah mata lagi terhadap makanan tempe.

Resep tumis tempe telur puyuh ini sebenarnya menu yang sangat sederhana. Kalau Anda baru bosan dengan daging dan ikan, tempe ini bisa dijadikan pilihan. Begitu juga dengan Haniyakitchen yang memfavoritkan tempe sebagai lauk sehari-hari. karena selain murah meriah, tempe juga  banyak mengandung protein, serat, kalsium, zat besi serta vitamin B.

Dalam resep ini, sengaja  menambahkan telur puyuh karena mbak Hani dan Mbak Haya tidak begitu menyukai tempe. Begitulah..anak - anak tidak bisa diajak ngirit nih.,..everyday is daging..hmm..
Cara pembuatan resep tumis tempe telur puyuh ini sangat mudah seperti halnya tumis biasa. Sebenarnya juga tidak ada yang spesial dengan resep ini, tapi mungkin bisa menginspirasi bagi yang baru belajar masak. Llangsung saja ke resep yuk..

Resep Tumis Tempe Telur Puyuh

baca juga : Resep steak tempe saus lada hitam enak dan mudah
Bahan :
  • 500 gr tempe, dipotong kotak 2 cm.
  • 10 butir telur puyuh
  • 8 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 4 sdm kecap manis
  • 1 sdt kecap asin
  • gula dan garam secukupnya
  • 200 ml air
  • 2 sdm minyak untuk menumis
Cara membuat Tumis tempe telur puyuh:
  1. Goreng tempe yang telah dipotong-potong setengah matang. angkat dan tiriskan.
  2. Panaskan minyak untuk menumis, Tumis bawang merah, bawang putih, lengkuas dan daun salam
  3.  Tambahkan telur puyuh aduk sebentar, tambahkan tempe, kecap manis, kecap asin, garam dan gula, aduk sampai tempe berbalut kecap.
  4. Tuangkan air, aduk dan masak sampai bumbu meresap.
Resep yang yang so simple bukan? next pengin mencoba memasak atau mengolah tempe dengan cara yang berbeda. Biasanya tempe hanya dimasak dengan cara di goreng, atau di tumis saja. Barangkali anda punya ide cara memasak tempe yang unik..silahkan sharing disini... :)

Resep Tumis Tempe Telur Puyuh

Bismillahirrahmanirrahim.
Resep Singkong Keju Merekah dan Melepuh-Singkong merupakan bahan makanan sumber karbohidrat. Singkong bisa dikonsumsi sebagai pengganti nasi. Ada banyak cara  untuk mengolah singkong, yang paling umum di rebus atau di goreng. Singkong bisa juga diolah menjadi berbagai olahan makanan seperti gethuk lindri, klepon singkong, cenil, sawut dan banyak lagi.

Singkong keju, mengingatkan saya pada lagu tempo dulu yang judulnya Singkong dan Keju yang dinyanyikan oleh Arie Wibowo..aku suka singkong..kau suka keju..oo..oo..hehe..singkong keju merupakan perpaduan makanan tradisional dan makanan ala Barat menjadikan makanan ini terasa lebih mewah.

Resep Singkong keju yang saya posting ini merupakan percobaan yang kedua. Pertama kali mencoba membuat singkong keju tidak berhasil. Setelah direndam dengan air es beberapa jam, singkong tetap tidak bisa merekah dan setelah digoreng pun singkong tidak melepuh.

Beberapa minggu kemudian, saya mencoba lagi. Kebetulan hari itu bu Pat yang jualan didepan kantor membawa singkong. Karena masih penasaran membuat singkong keju yang melepuh, akhirnya saya memutuskan mencoba membuatnya lagi. Caranya masih sama yaitu pertama dengan mengukus singkong terlebih dahulu, kemudian merendamnya dengan air es, baru kemudian di goreng.
Saya pernah mendengar kalau untuk membuat singkong keju merekah bukan dengan cara mengukus terlebih dahulu, melainkan dengan menggoreng singkong dua kali. Sebelum di rendam dengan air es, singkong digoreng dulu setengah matang. Saya belum mempraktekkan cara tersebut, yang terpikir jika digoreng dua kali...full minyak dong..lemak-lemak..kalori..kalori..nggak deh.. saya lebih memilih mengukusnya terlebih dahulu sebelum digoreng.

Setelah saya perhatikan ternyata masalahnya ada pada jenis singkongnya. Tidak semua singkong bisa digunakan untuk membuat singkong keju merekah. Pilih singkong jenis singkong ketan (orang-orang menyebutnya demikian).. tapi kalau dilihat sekilas sebenarnya saya juga tidak bisa membedakan singkong ketan dengan singkong lainnya. Singkong ketan memiliki kulit yang tipis dan berwarna agak sedikit pink.

 Resep Singkong Keju Merekah dan Melepuh

Resep Singkong Keju Merekah dan melepuh

baca juga : resep klepon singkong warna warni enak

Bahan :
  • 1 kg Singkong
Bumbu :
  • 3 siung bawang putih/ 1/2 sdt bawang putih bubuk
  • 1 sdt ketumbar
  • Garam secukupnya
  • air es untuk merendam

Cara membuat singkong keju merekah dan Melepuh :

  1. Kupas singkong dan cuci bersih. Kemudian potong-potong.
  2. Kukus singkong hingga agak matang, tapi jangan sampai lembek.
  3. Siapkan air es yang sudah di beri bumbu, rendam singkong yang sudah dikukus tadi(masih dalam keadaan hangat)  hingga sekitar 2 jam. Angkat dan tiriskan.
  4. Goreng singkong hingga matang dan empuk serta berwarna kecoklatan
  5. Sajikan singkong dengan parutan keju diatasnya.
 Resep Singkong Keju Merekah dan Melepuh
Tekstur dari singkong keju ini renyah diluar tapi tetep empuk ketika dimakan dan citarasanya tentu saja gurih. Makan singkong keju ditemani secangkir teh..lalu duduk diteras sambil memandangi titik-titik air hujan yang membasahi dedaunan di taman..wahhhhh...sesuatuuu banget.....

Resep Singkong Keju Merekah dan Melepuh

Bismillahirrahmanirrahim.
Resep Membuat Garang Asem Khas Kudus- Seperti yang sudah banyak diketahui, kalau Kudus memiliki banyak makanan khas dan salah satunya adalah garang asem. Mungkin banyak pula yang belum mengetahui apa itu garang asem. Garang asem adalah jenis masakan yang menggunakan ayam sebagai bahan utamanya. Biasanya ayam yang digunakan untuk membuat garang asem ini adalah ayam kampung.

Sesuai namanya "garang asem" maka citarasa dari garang asem ini tentu saja asam dan gurih. Rasa asam ini berasal dari tomat hijau atau blimbing wuluh yang dimasak bersama ayam dan bumbu lainnya. Sedang rasa gurihnya berasal dari kaldu ayam yang keluar saat ayam dimasak.

I don't know why? tiba-tiba ingin membuat garang asem, sepertinya terinspirasi dari acara makan-makan setelah keliling bersama teman dari Ciptakarya...(Pak Harto dkk...makasih traktirannya :)). Kebetulan acara kelilingnya di Desa Gondoharum, jadi mampir ke  RM. Sari Rasa yang terkenal dengan menu garang asemnya di jalan Kudus - Pati.
Sekedar info, Rumah makan dengan menu garang asem yang cukup populer di Kudus adalah RM. Sari Rasa. Kalau yang dari arah Semarang bisa mampir di jl. R Agil kusumadya dan kalau yang dari arah Pati bisa mampir di cabangnya di Jalan Kudus - Pati.. (Bukan promo ya..). Pemiliknya  Bu sri dan sepertinya rumah makan ini sudah dikelola oleh anak- anaknya..hmmm..dulu di tahun 2014 sebenarnya saya pernah melakukan perjalanan bareng dengan beliau dan anak-anaknya dan tentu saja dengan banyak teman lainnya, tapi nggak sempat ngobrol walaupun bersama dalam waktu yang cukup lama..maklum saya orangnya pemalu..hehe...(pemalu atau malu-maluin ya..yaaa..beda tipislah...hahaa.)

Back to Garang asem, resep garang asem yang saya praktekkan ini terinspirasi dari postingan di cookpad punyanya mb Aditya ayu yang sudah saya modifikasi berdasarkan stok bahan yang ada di rumah. Sebenarnya saya juga tidak tahu bagaimana resep asli garang asem ala Sari Rasa. Yang saya amati saat terakhir makan garang asem disana adalah penggunaan santan encer. Jadi untuk resep garang asem berikut saya menggunakan santan encer dan sepertinya resep ini memang mirip dengan garang asem yang pernah saya makan di RM. Sari Rasa. Bagi yang tidak menyukai santan silahkan di baca postingan resep garang asem sebelumnya yang super praktis.

Resep Membuat Garang Asem Khas Kudus

Cara memasak garang asem ini berbeda dengan postingan saya sebelumnya. Kalau sebelumnya saya langsung mengukus semua bahan, tapi kalau resep garang asem yang saya sampaikan sekarang menumis/memasak dulu semua bahan baru di kukus. Khusus untuk tomatnya, saya tambahkan saat akan mengukus garang asemnya. Hal ini dimaksudkan agar rasa asamnya lebih terasa.

Resep Membuat Garang Asem Khas Kudus

Mungkin bagi sebagian orang agak kesulitan saat  membungkus garang asem dengan daun. Sebenarnya ada trik khusus agar membungkus garang asem menjadi lebih mudah dan tidak bocor. Caranya yaitu dengan menjemur terlebih dahulu daun pisangnya sampai agak lemas dan agak layu sebelum di gunakan. Tapi ingat, jangan lama-lama menjemur daun pisangnya, bukannya lemas..nanti malah kering :P.
Yang mau tahu resepnya, langsung saja simak resep garang asem khas Kudus berikut ini :

Resep Membuat Garang Asem Khas Kudus

Resep Garang Asem Khas Kudus

Baca juga : Resep Garang Asem Super Mudah Tanpa Santan.
Bahan :
  • 1/2 kg daging ayam dan 3 rempelo ati (sesuai stock saja)
  • 1 bh jeruk nipis
  • 70 ml santan instan kental
  • 1 lt air
  • Garam dan gula secukupnya
  • Lada atau merica bubuk secukupnya
  • Kaldu bubuk secukupnya
  • 2 sdm minyak untuk menumis 

Bumbu iris yang ditumis :
  • 12  bawang merah, iris tipis
  • 8 siung bawang putih, iris tipis
  • 5 buah cabai hijau ( optional, kalau suka pedas bisa ditambah)
  • 1 bongol lengkuas, iris
  • 2 ruas jahe, iris tipis
  • 2 batang serai (memarkan)

Bumbu pelengkap :

  •  5 buah tomat hijau, iris 
  • 5 buah blimbing wuluh ( saya tidak pakai)
  • 2 buah tomat merah, iris
  • 5 lembar daun jeruk, sobek kasar
  • 5 lembar daun salam, sobek kasar

 Bahan lainnya :
  • Daun pisang secukupnya (untuk membungkus)
  • Lidi.

Cara membuat Garang asem khas Kudus :

  1. Lumuri daging ayam dengan jeruk nipis terlebih dahulu untuk menghilangkan bau amisnya. diamkan sekitar 10 menit lalu cuci bersih. 
  2. Tumis bumbu iris (Iris bawang merah, bawang putih, cabai hijau, lengkuas, jahe dan serai) sampai harum, masukkan ayam, aduk hingga ayam berubah warna. tambahkan air dan aduk hingga rata. Kemudian tambahkan santan, garam, gula, merica bubuk dan Kaldu bubuk. Masak hingga santan agak menyusut dan ayam sudah empuk, angkat dan biarkan agak dingin.
  3. Siapkan daun pisang, lapis 2 daun, bentuk pincuk atau tum, masukkan potongan ayam dan irisan tomat hijau, tomat merah, belimbing wuluh daun jeruk dan daun salam, sedikit kuah santan. kukus selama kurang lebih 20 menit dengan menggunakan api sedang.
  4. Sajikan garang asem dalam kondisi hangat bersama nasi putih.
1 resep : 4 porsi

Garang asem memang lezat, bagi penyuka makanan berbahan ayam..you should try it..atau barangkali ingin mencoba garang asem khas Kudus, datang saja ke Kudus atau jangan lupa mampir di Kudus untuk menikmati menu ini kalau pas  lewat..oy, jangan lupa calling- calling saya, mungkin mau mentraktir atau saya yang traktir...hehe...

Resep Membuat Garang Asem Khas Kudus part 2

Bismillahirrahmanirrahim.
Resep Pisang Karamel-  Buah pisang merupakan salah satu bahan dasar favorit yang bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan. Mau dibuat apapun, pasti menghasilkan makanan yang enak. Berbagai jenis makanan dari bahan pisang seperti yang sudah diposting sebelumnya ada bolen pisang, cake pisang, molen pisang, lumpia isi pisang coklat dan banyak lagi.

Kalau menyebut pisang karamel pasti yang diingat pisang karamel yang dibungkus kulit lumpia, tapi yang di buat disini bukan lumpia pisang karamel melainkan pisang yang dipanggang terlebih dahulu kemudian disiram karamel.

 Resep Pisang Karamel

Resep pisang karamel merupakan resep yang sangat simple. Pisang yang sudah dibelah menjadi 2 kemudian dipanggang dan kemudian disiram dengan karamelnya. Hanya saja yang menurut saya agak susah adalah ketika membuat karamelnya. Saat membuat karamel jangan lupa untuk menggunakan api kecil. Gula pasir dimasukkan secara bertahap agar cepat proses terbentuk karamelnya.

 Resep Pisang Karamel

Resep Pisang Karamel

 baca juga : resep lumpia pisang coklat mini renyah

Bahan-bahan
  • 4 buah pisang kepok, kupas
  • 50 gr mentega
Saus karamel
  • 100 gr gula pasir
  • 150 ml air
  • Garam secukupnya
  • Mentega secukupnya
Taburan : 
  • Keju parut 
Cara membuat pisang karamel :
  1. Belah pisang menjadi 2 bagian, Pipihkan pisang kepok dengan cara menekannya. Pangang pisang sampai warna agak kecoklatan. tata pisang pada piring saji.
  2. Saus : panaskan panci  anti lengket dengan api kecil, masukkan gula sedikit demi sedikit atau secara bertahap. Setelah semua gula meleleh, aduk dengan sendok kayu. Tuangkan air dan masak hingga gula meleleh menjadi karamel. angkat.
  3. Siram saus karamel diatas pisang yang sudah dipanggang tadi. dan taburi dengan parutan keju pada bagian atasnya.
  4. Pisang karamel siap disajikan.
Resep pisang karamel ini merupakan salah satu cara asyik makan buah pisang. Next..mencoba lagi resep pisang lainnya, sebenarnya ngebet juga pengin membuat Pisang epe khas Makasar. Resepnya hampir sama seperti resep pisang karamel, hanya saja pisang epe disiram menggunakan saus gula merah..so, ditunggu ya hasil experiment berikutnya :)

Resep Pisang Karamel


Bismillahirrahmanirrahim.
Resep Dendeng Daun Singkong Renyah Enak- Dendeng memang identik dengan daging yang diris tipis, dibumbui dan kemudian dikeringkan. Tapi sebenarnya banyak variasi dalam membaut dendeng. Seperti resep dendeng yang akan diulas kali ini adalah resep dendeng daun singkong.

Pertama kali melihat resep ini di salah satu grup Facebook milik Fah Umi Yasmin. Karena kebetulan saya adalah penggemar sayuran daun singkong, jadilah penasaran untuk mencoba resep ini. Hanya saja pembuatannya yang 3 tahap yaitu merebus, mengukus dan kemudian menggoreng membuat saya agak malas membuat dendeng daun singkong ini.

Cerita punya cerita, habis pulang kerja, saya ditawarin sama ibu penjual pecel depan kantor untuk membeli sisa sayuran daun singkong yang masih ada sekitar 3 bungkus. Wahh..lumayan murah cuma seharga Rp.5000. Tapi sampai rumah, saya bingung mau dimasak apa daun singkongnya..teringatlah pada resep dendeng daun singkong yang masih tersimpan di HP. Dengan membeli daun singkong rebus ini, lumayan menghemat waktu dan memangkas 1 proses pembuatan dendeng ini..:D

Butuh waktu yang lumayan panjang untuk menghasilkan denden daung singkong ini. Saya membuatnya adonannya malam hari, dan mengukusnya keesokan harinya. Setelah dingin saya taruh dikulkas dan baru sempat menggorengnya keesokan harinya lagi..hehe....total berapa hari ya??....jangan di tiru ya...yukk, langsung saja keresepnya

Resep Dendeng Daun Singkong Renyah Enak

Resep Dendeng Daun Singkong Renyah Enak

bahan :
  • 250 gr daun singkong rebus, iris tipis
  • 2 butir telur
  • 1/4 sdt lada bubuk
  • 1 ruas kencur
  • 1 sdm ketumbar
  • 5 siung bawang putih ( 1 sdt bawang putih bubuk)
  • Gula dan garam secukupnya
  • 1 sdt kaldu bubuk instan
  • 5 sdm tepung terigu
  • 5 sdm tepung tapioka.
  • aluminium foil secukupnya.

Cara membuat Dendeng Daun Singkong  :

  1. Haluskan semua bumbu
  2. Campur jadi satu daun ingkong, bumbu halus, telur, dan tepung terigu. Aduk hingga tercampur rata.
  3. Bungkus dengan aluminium foil seperti membuat lontong.
  4. Kukus hingga matang.
  5. setelah dingin, iris tipis. kemudian gilas dengan gilingan kayu/botol supaya lebih tipis.
  6. Panaskan minyak, lalu goreng hingga matang. Angkat dan tiriskan. Gunakan tisu ataukertas putih untuk menyerap minyaknya.
  7. Setelah dingin dendeng bisa disimpan di toples tertutup.
Pertamakali mencoba dendeng daun singkong  ini ternyata sangat enak dan bumbunya pun sangat pas. Ketika habis di goreng teksturnya renyah, tapi setelah agak lama ya..agak kurang renyahnya. Kalau dibnading dengan dendeng daging, menurut saya rasanya hampir mirip..hehe..menurut saya lho ya...oh ya, gambarnya agak beda warnanya karena susah mencari pencahayaan yang pas.

Resep Dendeng Daun Singkong Renyah Enak

Bismillahirrahmanirrahim.
Resep Ayam Kuluyuk Asam Manis- Tema masakan Haniyakitchen kali ini adalah masakan berbahan utama ayam yang disajikan dengan saus asam manis. Sebenarnya ayam bersaus tidak hanya ayam yang dimasak dengan cara di goreng, bahkan ayam yang dikukus, ditumis ataupun dibakar juga bisa disajikan dengan saus.

Berbagai macam saus yang bisa digunakan sebagai pelengkap ayam ini antara lain saus kental yang biasanya ditambah dengan bahan pengental. Selain itu saus juga bisa ditambahi denga berbagai sayuran dan juga buah - buahan. Dalam resep ayam kluyuk asam manis ini sebagai tambahan saus digunakan buah nanas.

Sebenarnya ada berbagai macam rasa saus yang bisa disajikan bersama ayam, bisa rasa manis, asin, asam, atau bahkan campuran asam manis seperti yang bunda haniya buat ini adalah saus asam manis.

Ayam sengaja tidak dibumbui dengan banyak bumbu seperti saat membuat ayam goreng yang diungkep dengan bumbu dapur lengkap. Hal ini dikarenakan ayam akan disajikan dengan saus. sehingga rasa ayam dan sausnya bisa lebih terasa.

Untuk membuat ayam kuluyuk asam manis, ayamnya di potong kecil-kecil seukuran dadu lalu kemudian dibalut dengan tepung maizena. sehingga ayamnya menjadi lebih renyah tapi tetap empuk.
Dalam penyajian sausnya sebenarnya bisa dengan di guyur ataupun dipisah, tapi yang bunda haniya buat kali ini sausnya di aduk jadi satu dengan ayamnya.

Resep Ayam Kuluyuk Asam Manis

Resep Ayam Kuluyuk Asam Manis 

baca juga : resep ayam saus asam manis
Bahan :
  • 500 gr ayam bagian dada), potong kotak dadu kecil sekitar 3x3 cm
  • 1 sdt bawang bubuk ( bs diganti 2 siung bawang putih dihaluskan)
  • garam secukupnya
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • minyak untuk menggoreng
Bahan pencelup :
  • 200 ml air es
Bahan pelapis (campur jadi satu dan aduk rata) :
  • 100 gr tepung maizena
  • 1 sdt kaldu ayam bubuk
  • 1/4 sdt lada bubuk
Bahan Kuah saus :
  • 150 gr nanas, potong kipas
  • 1/2 bawang bombay. iris
  • 2 siung bawang putih, concang halus
  • 1 buah cabai merah besar, iris miring tipis, buang bijinya
  • 6 sdm (sendok makan) saus tomat
  • 1 sdt kecap manis
  • garam dan gula pasir secukupnya
  • 300 ml air
  • 1/2 sdt cuka
  • 1 batang daun bawang (potong 1 cm miring)
  • 1 sdm tapioka (dilarutkan 1 sdm air)
  • 2 sdm minyak untuk menumis.

Cara membuat ayam kuluyuk asam manis:

  1. Cuci bersih daging ayam, lalu lumuri ayam dengan bawang putih, garam dan lada. diamkan sekitar 30 menit agar bumbu meresap.
  2. Celupkan ayam yang sudah dibumbui tadi kedalam bahan pencelup ( air es), kemudian gulingkan diatas bahan pelapis.
  3. Goreng dengan minyak yang sudah dipanaskan terlebih dahulu, gunakan api sedang. Setelah matang angkat dan tiriskan.
  4. Membuat saus asam manis: panaskan minyak untuk menumis, tumis bawang bombay, bawang putih dan cabai merah hingga berbau harum. Masukkan saus tomat, kecap manis, garam dan gula pasir. aduk rata. Tambahkan nanas dan aduk lagi, masak sampai nanans setengah layu.
  5. Tambahkan air dan masak hingga mendidih.
  6. Masukkan larutan tepung tapioka, aduk dan masak hingga meletup letup. tambahkan cuma dan aduk rata.
  7. Masukkan ayam  aduk rata dengan cepat dan segera  masukkan daun bawang, aduk kembali dan angkat.
Testimoni by me..tentang hasil resep ayam kuluyuk asam manis ini. Saat digigit ayamnya akan terasa renyah karena menggunakan pelapis tepung maizena. Dagingnya empuk walaupun sudah lewat hari dan saus asam manisnya pas banget ini.
Menu ayam kuluyuk asam manis ini terinspirasi dari acara kondangan 2 minggu lalu, saat itu ada menu ini..wahh jadi pengin membuatnya sendiri dan hasilnya..puas deh ..11- 12 mirip :D

Resep Ayam Kuluyuk Asam Manis


Bismillahirrahmanirrahim.
Resep Kue Lumpur Ubi Kuning Lembut-Kue lumpur adalah satu jajanan tradisional Indonesia. Umumnya kue lumpur menggunakan bahan utama kentang yang diolah bersama santan, terigu, telur serta bahan pelengkap lainnya. Tapi karena sudah pernah membuat kue lumpur kentang, Haniyakitchen penasaran mencoba menggunakan ubi kuning sebagai pengganti kentang.

Kue lumpur biasanya memiliki tekstur yang lembut terutama apabila terbuat dari kentang. Kue lumpur ubi ternyata tidak kalah lembut dengan kue lumpur kentang. Bahkan kue lumpur ubi ini memiliki citarasa yang unik. warna kuningnya yang alami membuat kue lumpur ubi ini memiliki tampilan yang cantik.

Pengalaman memanggang kue lumpur ubi ini agak gampang-gampang susah ya.. Untuk cetakannya saya menggunakan cetakan kue apem yang memiliki lubang 4. Pemanggangan kloter pertama..tampilan cantik warna luarnya pas....tapiii...ternyata bagian dalamnya belum matang :(. Pemanggangan kloter kedua..menggunakan api sedang..dan taraaaa...gosong bagian bawahnya :). Akhirnya saya menggunakan api kecil lagi, hanya waktu pemanggangannya agak sedikit lebih lama..so, pemanggangan kloter ketiga dan selanjutnya sukses, matangnya pas dan tidak gosong bagian bawahnya. Dibutuhkan kesabaran untuk proses memangganya dan sebaiknya memang menggunakana api kecil.

Proses membuat adonannya sangat mudah. Tidak seperti resep kue lumpur lainnya, Untuk membuat kue lumpur ubi ini saya menggunakan metode all in one dengan cara di blender menjadi satu. Hanya saja dalam masukkan bahan ke wadah blendernya dilakukan secara bertahap. Buat anda yang penasaran, simak resep kue lumpur ubi dibawah ini.

Resep Kue Lumpur Ubi Kuning Lembut

Resep Kue Lumpur Ubi Kuning Lembut

  • 200 gr ubi kuning
  • 2 sdm susu bubuk rasa vanila
  • 250 santan
  • 100 gr terigu
  • 50 gr margarin (lelehkan)
  • 75 gr gula pasir
  • 2 butir telur ayam
  • garam sedikit
  • 1/2 sdt vanili
Cara Membuat Kue Lumpur Kuning Lembut
  1. Blender terlebih dahulu ubi kuning dengan santan sampai  lembut dan tercampur rata.
  2. Tambahkan terigu, gula pasir, sejumput garam dan vanili, blender sampai rata.
  3. Tambahkan telur yang sudah dikocok, blender lagi.
  4. Terakhir tambahkan margarin yang sudah dilelehkan, dan blender kembali sampai semua adonan tercampur rata. Adonan siap untuk dicetak dan dipanggang.
  5. Panggang adonan dengan api kecil dan juga ditutup supaya matangnya merata. tambahkan topping mieses atau topping lainnya sesuai selera.Tutup kembali dan panggang sampai matang.
Kue lumpur ubi kuning ini dibuat khusus untuk Kang Narto yang baru ngecat rumah..semoga kang Narto suka dan ngabisin jajan homemade buatan bunda Haniya..hehe..

Resep Kue Lumpur Ubi Kuning Lembut

Bismillahirrahmanirrahim.
Resep Silky Mango Pudding Ala HaniyaKitchen-Puding merupakan menu dessert yang biasa disajikan. Tekstur puding yang lembut dan rasa yang manis membuatnya jadi hidangan penutup yang paling ditunggu.

Resep puding yang diulas berikut menggunakan perpaduan jelly powder mangga dengan buah mangga, tentu saja membuat puding ini terasa lebih segar. Sengaja memang buah mangganya tidak diblender, agar lebih terasa buah mangganya. Untuk cupnya saya pakai cup  yang beda bentuknya dari yang biasa saya pakai, yaitu bentuk kotak, kalau biasanya hanya bentuk yang bulat kecil-kecil..ciee..ceritanya baru beli cup puding nih. Hanya saja cuma jadi  sekitar 10 cup ya..karena ukurannya memang agak lebih besar.

Sebenarnya puding bukan hanya disajikan untuk hidangan dessert saja, tapi juga sebagai menu jajanan yang biasa dikonsumsi anak- anak. Coba buat puding ini, dijamin anak-anak tidak bakalan nolak :D

Resep Silky Mango Pudding Ala HaniyaKitchen

Resep Silky Mango Pudding Ala HaniyaKitchen

Bahan :

  • Nutrijel/ jelly powder ukuran paling kecil 10 gr (rasa mangga)
  • 1 buah mangga matang (potong dadu kecil-kecil)
  • 1 lt susu UHT plain
  • 1 sdm maizena
  • 120 gr Gula pasir

Cara membuat Silky Mango Pudding Ala HaniyaKitchen:

  1. Campur susu, maizena, nutrijel dan gula. Lalu aduk hingga tercampur rata
  2. Masak dengan api sedang sambil terus diaduk.
  3. Memasaknya cukup sampai berasap saja atau cukup hangat, tidak perlu sampai mendidih karena akan menyebabkan kandungan gizi di dalam susu menjadi rusak.
  4. Setelah dirasa cukup hangat, angkat sambil di aduk - aduk agar uapnya agak berkurang.
  5. Siapkan gelas puding, masukkan mangga yang sudah dipotong dadu kecil-kecil secukupnya.
  6. Tuangkan adonan puding ke dalam cup/gelas puding.
  7. Setelah agak dingin,lalu masukkan ke dalam kulkas
  8. Puding enak di nikmati dalam keadaan dingin.
1 resep = 10 cup besar.

Sesuai dengan namanya silky mango puding, puding ini benar-benar lembut dan lumer dimulut. Karena memang terbuat dari susu UHT maka taste susunya terasa banget. Coba deh untuk dihidangkan ke keluarga tercinta..dijamin mereka akan menyukainya..try this..

Resep Silky Mango Pudding Ala HaniyaKitchen

Bismillahirrahmanirrahim.
Resep Ayam Goreng Kremes-Resep berbahan utama daging ayam memang banyak sekali. Apalagi Indonesia memang kaya akan berbagai menu masakan dari bahan daging terutama ayam. Salah satu resep menu olahan ayam yang saya coba ini adalah ayam goreng kremes yang gurih dan renyah kremesnya.

Ayam merupakan menu masakan yang hampir sering ada dirumah kami, secara anak-anak paling suka makan dengan lauk ayam. Inilah yang membuat Bunda nya harus kreatif menyajikan menu olahan ayam. Seperti yang pernah di buat sebelumnya ada sup ayam, ayam yakiniku, ayam goreng bumbu kuning dan banyak lagi.

Cara membuat ayam gorengnya mungkin mudah karena seperti membuat ayam goreng pada umumnya. Terlebih dahulu ayam direbus atau diungkep dengan berbagai bumbu hingga empuk dan kemudian digoreng. Jangan lupa untuk menyisakan air rebusan ayam yang akan digunakan untuk kremesan.

Ini pengalamansaya  pertamakali membuat kremesan, agak bingung waktu membuatnya. Awalnya saya pikir hanya menuangkan air bumbu  setengahnya saja, karena sepertinya sudah cukup encer. Tapi ketika dituang ke wajan penggorengan..hasilnya terlalu tebal.. hmm tidak seperti yang saya harapkan. Saya memasaknya menggunakan api kecil dan hasilnya semakin tidak sesuai harapan.

Setelah berpikir pasti ada yang salah nih..Akhirnya saya tuang air lagi air bumbu dengan ukuran yang sama. Kemudian untuk api kompornya menggunakan api sedang. Daaannn..yeiii berhasil. Ternyata untuk membuat kremes ada hal penting yang harus doperhatikan :
  • Minyak harus benar-benar sudah panas.
  • Gunakan api sedang.
  • Adonan harus encer agar ketika di goreng kremesan langsung menyebar.
  • Jangan menuang adonan kremesan terlalu banyak.
Untuk resep ayam goreng kremes selengkapnya bisa disimak resep berikut :

 Resep Ayam Goreng Kremes Enak

Resep Ayam Goreng Kremes Enak

baca juga :  Resep Ayam Yakiniku khas hoka hoka bento
Bahan :
  • 1 ekor ayam  (dipotong-potong)
  • 2 lembar daun salam
  • 2 batang serai (memarkan)
  • 5 lembar daun jeruk
  • 1000 ml santan encer
  • Garam dan gula pasir secukupnya
  • minyak untuk menggoreng
Bumbu Halus :
  • 10  butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 2 cm kunyit
  • 4 butir kemiri (sangrai)
  • 1 sdt ketumbar
  •  5 cm lengkuas
  • 2 cm jahe
Bahan kremesan :
  • 120 gr tepung beras
  • 25 gr tepung sagu
  • 1/2 sdt garam (tambahkan jika kurang asin saja)
  • 1/2 sdt kaldu ayam bubuk
  • 1 kuning telur
  • 500 ml air kaldu
  • 1/2 sdt baking powder

Cara membuat ayam goreng kremes :

  1. Rebus ayam bersama bumbu halus, daun salam, daun jeruk, serai, santan, garam dan gula sampai ayam empuk dan bumbu meresap. Angkat ayam dan tiriskan. ambil air kaldu bumbu 500 ml.
  2. Panaskan minyak goreng, dan goreng ayam hingga  berwarna coklat keemasan. angkat dan sisihkan
  3. Membuat Kremesan : aduk rata bahan untuk kremesan, kemudian tuang air kaldu bumbu. Tuang adonan kremesan dengan menggunakan sendok sedikit demi sedikit  kedalam minyak yang sudah panas. kumpulkan, lalu goreng sampai matang. Angkat dan tiriskan. Gunakan tisu dapur untuk mengurangi minyak pada kremesan.
  4. Sajikan ayam goreng beserta kremesannya,lengkapi pula dengan sambal dan lalapan.
Rumah makan  ayam goreng kremes yang terkenal seperti Ayam Kremes mbok Berek, Ayam Kremes Suharti. Kalau di Kudus yang mempunyai menu ayam goreng kremes adalah Warung Ayam Goreng Bu Tum yang menurut saya tidak kalah enaknya dari ayam goreng kremes Mbok Berek. Boleh di bilang ayam goreng kremes Bu Tum merupakan ayam goreng KremesPaling Enak di Kudus... Bukan promosi lho ya... ini fakta. Dan sampai saat ini saya belum bisa membuat ayam goreng dengan citarasa yang sama seperti buatan warung ayam goreng kremes Bu Tum..hmm..penasaran...apa bumbu rahasianya....Bagi anda yangingin mencoba membuat ayam goreng kremes versi rumahan, silahkan dicoba resep ini.
UPDATE : Untuk membuat resep kremesannya gunakan  Resep Kremesan Super Kriuk dan Awet Renyah
Hasil kremesannya lebih renyah dam awet kriuknya walau sudah berhari-hari, dan pastinya lebih bersarang. Buktikan!!!

Resep Ayam Goreng Kremes Enak

Resep Killer Soft Bread- Akhirnya menyempatkan waktu juga untuk membuat roti dengan resep killer soft bread ala Victoria Bakes yang pernah sangat populer beberapa waktu yang lalu, padahal sudah lama menyimpan resep ini. Berdasarkan namanya killer soft bread, pastilah yang terbayang adalah roti yang sangat lembut dan ini yang membuat saya penasaran untuk mencoba. Apalagi untuk pembuatannya hanya memerlukan 1 x proofing, membuat saya semakin tertarik untuk segera mengeksekusi.

Sebenarnya saya paling malas membuat roti, karena butuh waktu yang lama untuk membuatnya. Belum lagi untuk adonannya halus diuleni sampai kalis elastis..alamat pegel deh tangan :). Jadi membayangkan andaikan punya bread maker atau mixer canggih yang bisa untuk nguleni adonan roti..wahh pastinya sangat menyenangkan. Intip-intip di Lazada..harganya masih mahal diatas 1 jutaan..aduhh..nggak dulu deh...hehe...mendhing buat kebutuhan yang lain dulu.

Beneran deh..nguleni adonan roti secara manual itu sesuatu bangettt...judulnya olahraga tangan..hehe.saya tidak yakin adonannya benar-benar kalis elastis. Setelah capek nguleni pakai tangan, saya mencoba nguleni pakai mixer biasa yang stand mixer. Agak susah memang, tapi lumayan juga bisa membuat adonan kalis..hmm..saking lama dan beratnya adonan mixernya jadi berasap, semoga saja tidak rusak :).

Adonan yang sudah diuleni agak lembek, tapi tidak begitu lengket di tangan. Sempat bingung juga untuk membagi adonanya menyesuaikan loyang yang ada. Awalnya berniat menggunakan loyang bulat, setelah membagi adonan menjadi 9. Saya jadi berubah pikiran untuk menggunakan loyang persegi yang biasa digunakan untuk membuat brownis. Jadilah adonan saya bagi menjadi 4 bagian, 3 bagian untuk roti yang diisikan ke loyang sedang 1 bagian untuk membuat roti unyil dengan berbagai bentuk :).

Selain nguleni ada hal penting yang perlu diperhatikan yaitu proses pemanggangan. Sepertinya saya memang belum mengenal baik oven kirin KBO-190RAW ini. Idealnya memanggang roti suhu 150 C selama 15 menit dulu dan posisi loyang juga harus di putar-putar. Karena  saya muter timer nya nggak hati-hati, membuat setting waktunya selama 20 menit dengan suhu 170 C..dan hasilnya roti yang paling ujung agak gosong permukaan atasnya..untungnya hanya permukaan atas roti.

resep killer soft bread ala Victoria Bakes

Tekstur roti dengan resep Killer Soft Bread ala Victoria Bakes ini memang lembut dan seratnya juga halus. Tapi kalau memilih, saya lebih suka tekstur roti dengan metode tangzhong water roux menurut saya texturnya lebih awet lembut dan ringan.
Kelebihan dari killer soft bread by victoria bakes ini waktu pembuatannya tidak lama dibanding resep roti pada umumnya yang memerlukan 2x proofing. dan bahan yang dibutuhkan juga sedikit.
Untuk resep selengkapnya bisa di baca pada resep berikut.

 resep killer soft bread ala Victoria Bakes

Resep Killer Soft Bread 

Bahan :
  • 260 gram tepung terigu protein tinggi (cakra kembar)
  • 3 gram ragi instant
  • 1 butir telur + susu cair dengan total berat sekitar 160 -180 gram ( saya pakai 1 butir telur + 20 gr whipping cream + sisanya susu cair)
  • 30 gram gula pasir
  • 30 gram butter (saya menggunakan margarin)
  • 2 gram garam (sekitar ½ sdt)
Olesan : kuning telur + susu

 Cara membuat killer soft bread :

    1. Campur terigu, ragi dan gula, kemudian aduk hingga rata.
    2. Tambahkan cairan susu dan telur sedikit demi sedikit, lalu uleni sampai kalis.
    3. Masukkan butter/margarin dan garam, uleni lagi sampai kalis elastis.
    4. Bagi adonan menjadi 4 bagian, gilas, gulung dan susun dalam loyang yang sudah diolesi margarin (Isi roti sesuai selera). Biarkan fermentasi sampai tinggi adonan mencapai 2 cm dari permukaan loyang (sekitar 30-60 menit).
    5. Olesi bagian atas adonan dengan kuning telur dan susu. taburi dengan biji wijen (optional)
    6. Panggang sampai matang dengan suhu 150 derajat Celsius sekitar 15 – 25 menit  (tergantung karakteristik oven masing - masing)
    7. Keluarkan dari oven, selagi panas olesi atasnya dengan butter.

    Jumlah cairan menyesuaikan  kelembaban tepung. Sebaiknya tidak memasukkan cairan sekaligus, masukkan campuran cairan sedikit demi sedikit. Dalam memanggang harus hati- hati, sebaiknya di tunggu  ya..jangan di tinggal-tinggal atau disambi mengerjakan yang lainnya. Akan lebih baik jika menggunakan api bawah, jika sudah dirasa matang baru menggunakan api atas akarena bagian atasnya gampang gosong, apalagi jika permukaan atasnya tinggi. Anda penasaran juga dengan resep ini? silahkan mencoba...:)

    Resep Killer Soft Bread ala Victoria Bakes

    Bismillahirrahmanirrahim.
    Resep Bolu Kukus Cappuccino Meises Mekar-Bolu kukus merupakan jajanan yang bisa dijakan pilihan karena proses membuatnya super mudah, praktis dan pastinya no mixer. Cara membuatnya hanya dengan mengaduk semua bahan dan mengukusnya.

    Postingan pertama di bulan Oktober ya..hmmm..tepat di hari miladku..sayangnya nggak ada yang inget..hehe..kasian..ouhhhh ada dheng..thanks my friend Imung..You're the best.. :) dan satu lagi temen SMPku..hmm..walaupun dulu aku tak pernah baik padamu, tapi sepertinya u're never forget me..thanks. Sudah semakin tua ternyata..semoga Allah selalu melimpahkan kesehatan untukku, anak-anak serta keluarga..itu sudah anugrah luar biasa dan hadiah terindah :).
    Sebenarnya bolu kukus ini merupakan late post yang sudah di buat Jumat kemarin. Ceritanya bikin jajan buat tukang yang ngerjain furniture di rumah. Kepikiran buat jajanan yang praktis,hingga  pilihan jatuh pada bolu kukus ini.

    Bahan cappuccino yang saya gunakan disini merupakan cappuccino bubuk instan yang di buat minuman yang sudah ada campuran gulanya. So, taste akhir bolu kukus cappuccino ini agak kemanisan. Bagaimana cara membuat bolu kukus cappuccino meises ini? langsung aja yuk baca resepnya.

    Resep Bolu Kukus Cappuccino Meises Mekar

    Resep Bolu Kukus Cappuccino Meises Mekar

    baca juga : resep bolu kukus gula merah mekar anti gagal
    Bahan:
    • 200 gr tepung terigu
    • 200 gr gula pasir
    • 50 gr cappucino bubuk instan
    • 1 sdt baking powder
    • 1 sdt baking soda
    • 100 ml minyak goreng
    • 250 ml susu cair/air
    • 1/4 sdt garam

    cara membuat  bolu kukus cappuccino meises mekar:

    1. Panaskan kukusan terlebih dahulu sebelum membuat adonan.
    2. Campur semua bahan kering seperti tepung terigu, gula pasir, cappuccino bubuk, baking powder, baking soda, dan garam, kemudian aduk rata
    3. Tambahkan susu cair atau bisa juga diganti air matang dan minyak secara bergantian.
    4. Aduk menggunakan baloon whisker hingga tercampur rata ( jangan terlalu lama mengaduknya)
    5. Tambahkan meises coklat dan aduk sebentar.
    6. Tuang kedalam cetkakan bolu kukus yang sudah dilapisi cup kertas sampai hampir penuh.
    7. Kukus dengan api besar dan tutup kukusan dikasih serbet bersih agar air tidak menetes ke bolu. Kukus selama sekitar 15 menit. Jangan lupa untuk tes tusuk (bisa pakai tusuk sate/tusuk gigi) untuk mengetahui kematangan bolu. Jika sudah tidak menempel di tusuk berarti sudah matang sempurna.
    8. Angkat dan bolu kukus cappuccino meises siap disajikan.
    1 resep = 18 buah.
    Benerkan? ini jajanan yang super mudah dan anti gagal kalau dilakukan sesuai resep. Jika anda menggunakan cappuccino yang sudah ada taste manisnya sebaiknya gula pasirnya dikurangi sedikit agar diperoleh bolu kukus dengan rasa manis yang pas.

    Resep Bolu Kukus Cappuccino Meises Mekar