Resep Puding Mangga Vla Vanila-Puding again...Menu dessert yang paling dinanti. Teksturnya yang lembut dengan rasa yang manis, of course tidak ada yang akan menolaknya.Untuk resep kali ini menggunakan bahan tambahan mangga karena kebetulan mangga lagi murah.

Sudah hampir seminggu ternyata saya tidak posting, bingung mau posting apa. Maklum akhir tahun agak lumayan sibuk. Jadi posting yang simpel tapi pastinya enak ya.. Untuk vla nya, disinin saya menggunakan vla instan merk my vla. Cara penggunaannya sangat praktis, hanya dengan mencampur vla instan dengan air hangat/panas dan vla siap digunakan untuk topping puding.
Jangan lupa untuk memilih mangga yang benar-benar matang agar diperoleh taste rasa yang manis dan warna kuning yang menarik.

Untuk membuat puding mangga vla vanila ini sangat mudah, blender mangga dengan air. Masak dengan mencampur agar-agar plain. Untuk rasa yang lebih enak bisa juga menggantikan air dengan susu UHT. Tapi karena vla vanila ini sudah berasa susu, maka saya tidak menggunakan susu UHT lagi. Bagaimana? Sangat mudah bukan untuk membuat puding mangga vla vanila..

Resep Puding mangga vla vanila

Resep Puding mangga vla vanila

Bahan :
  • 250 gr mangga matang
  • 1 bungkus agar - agar plain.
  • 120 gr gula pasir
  • 1000 ml air ( bisa di mix dengan susu UHT)
  • Vla instan ( saya pakai my vla) tambahkan air panas dan masak sesuai petunjuk.

Cara membuat  Puding mangga vla vanila :

  1. Blender mangga dengan air hingga halus.
  2. Masukkan mangga yang sudah diblender tadi dan tambahkan agar-agar dan gula pasir.
  3. Masak hingga meletup.
  4. Taruh di cup..setelah agak mengeras, tambahkan vla diatasnya.
  5. Simpan puding di kulkas dan puding siap dihidangkan.




Resep Puding Mangga Vla Vanila

Bismillahirrahmanirrahiim.
Resep Tumis Ayam Bumbu Kari- Resep dengan bahan ayam memang tidak pernah membosankan. Banyak sekali menu makanan yang bisa disajikan dengan bahan ayam.Cara memasak ayampun beragam, bisa di tumis, goreng, kukus, dan panggang. Untuk cara memasak ayam favorit Haniyakitchen adalah dengan cara menumis. Cara membuat tumis ayam ini sangat mudah dan praktis. Potongan ayam yang kecil membuat ayam cepat matang dan empuk.

Anak -anak tidak menyukai masakan ayam dengan potongan yang besar, begitu juga dengan Hani dan Haya. Hal tersebut mungkin disebabkan cara makannya yang ribet (maklum anak-anak). Untuk itulah saya lebih memilih untuk memasak ayam dengan cara memotongnya dalam ukuran yang kecil-kecil untuk memudahkan anak-anak memakannya. Sepertinya sudah banyak resep tumis ayam yang pernah saya posting ada ayam kuluyuk asam manis, ayam yakiniku dan banyak lagi. Pada kesempatan ini saya ingin memasak ayam dengan taste yang berbeda yaitu dengan menggunakan bumbu kari.

Ide ini sebenarnya berasal dari mbak yang bantuin dirumah, dan setelah dicoba..wowww..enak juga ternyata. Aroma rempah - rempahnya dan rasanya..ohh..Indonesia banget,... Beda dari resep tumis ayam sebelumnya yang banyak menggunakan berbagai bumbu kecap ala masakan Cina. Langsung saja ke resep yuk...

Resep Tumis Ayam Bumbu Kari

Resep Tumis Ayam Bumbu Kari

baca juga : resep ayam kuluyuk asam manis

Bahan :
  • 1/2  kg ayam (potong kecil-kecil)
  • 1 lembar daun salam
  • 1 batang serai (memarkan)
  • 5 cm laos
  • Garam, gula, dan lada secukupnya
  • 2 sdm kecap manis
  • 1 sdt bumbu kari bubuk 
  • 1 barang daun bawang( potong-potong  per 1 cm) 
  • 200 ml air
  • 2 sdm minyak untuk menumis
Bumbu yang dihaluskan :
  • 3 butir kemiri
  • 3 siung bawang putih
  • 2 butir bawang merah
  • 1 ruas kunyit 
Cara membuat tumis ayam bumbu kari :
  1. Cuci bersih ayam, lalu potong kecil - kecil.
  2. Tumis bumbu halus hingga berbau harum.
  3. Tambahkan ayam, aduk aduk hingga bumbu tercampur rata dan masak hingga berubah warna.
  4. Tambahkan daun salam, batang serai, laos, garam, gula, lada, kecap manis dan bubuk kari. Icip rasanya.
  5. Tambahkan air, masak ayam hingga matang.
  6. Tambahkan daun bawang, aduk rata dan angkat.
Anda pengemar masakan berbahan ayam? just try this..enak, praktis dan masaknya ga ribet..apalagi makannya ya..hehe..Oh ya, ini postingan terakhir menjelang liburan natal..untuk yang berlibur..met liburan saja..hmm..saya juga mau liburan di kampung, so sebelum pulang kampung posting resep tumis ayam bumbu kari ini dulu...happy holiday dan happy long weekend semuanya...:D

Resep Tumis Ayam Bumbu Kari


Bismillahirrahmanirrahiim.
Resep Roti Sosis Mayonaise-Roti tawar bisa dimanfaatkan untuk membuat banyak menu kudapan. Kalau hanya dipanggang dengan menggunakan keju oles atau coklat oles mungkin sudah biasa.Tergantung seberapa kreatif kita untuk menyajikan menu atau kudapan untuk keluarga.
Bahan utama roti tawar bisa juga digunakan untuk membuat puding roti, selain itu roti tawar juga di gunakan untuk membuat roti sosis mayonaise.

Cerita dulu tentang roti tawar yang saya pakai untuk membuat roti tawar. Roti tawar ini sudah dibeli sejak beberapa hari yang lalu, sengaja disimpan dalam kulkas supaya tidak berjamur. Kebetulan semenjak jalan gang menuju rumah di beton, sekrang jadi banyak banyak penjual keliling lewat depan rumah, termasuk pak penjual roti..hehe..(biasanya dulu tidak ada yang lewat, maklum rumah diujung dekat sawah).

 Resep Roti Sosis Mayonaise
Bahan yang digunakan untuk membuat Roti sosis mayonaise adalah roti tawar, sosis, mayonaise, putih telur dan tepung panir. Cara membuat roti sosis mayonaise ini juga sangat mudah. Pertama siapkan roti tawarnya terlebih dahulu, lalu gilas tipis. Taruh sosis dan mayonaise di tengah roti dan gulung. Selanjutnya celupkan ke putih telur dan gulingkan ke tepung panir. Roti sosis mayonaise ini bisa di goreng ataupun dipanggang.  Baca resep selengkapnya yuk..

Resep Roti Sosis Mayonaise

baca juga : coklat biskuit egg drops stick :jajanan anak enak dan super simple
Bahan :
  • 6 lembar roti tawar
  • 6 sosis
  • mayonaise secukupnya
  • 1 butir putih telur
  • tepung panir secukupnya
Cara membuat roti sosis mayonaise :
  1. Gilas roti tawar hingga tipis
  2. Taruh sosis dan mayonaise ditengah roti.
  3. Lalu gulung sambil ditekan bagian ujungnya.
  4. Balurkan ke putih telur.
  5. Gulingkan ke tepung panir hingga semua bagian roti terbalut rata.
  6. Kemudian Goreng atau panggang hingga matang.
  7. Sajikan dengan saus tomat.
Resep roti sosis mayonaise ini sangat mudah dipraktekkan. Kudapan atau jajanan ini cocok juga untuk bekal anak sekolah. Dengan bahan yang mudah didapat dan cara membuatnya juga simple, resep ini sangat recomended ..

Jajanan Anak Praktis:Resep Roti Sosis Mayonaise


Bismillahirrahmanirrahim.
Resep Kue Sagu Keju Renyah dan Lumer di Mulut -Salah satu kue kering yang populer Saat Lebaran tiba selain nastar dan kastengel adalah Kue Sagu Keju. Dari namanya tentu kita bisa mengetahui kalao kue kering ini terbuat dari bahan utama tepung sagu. Jadi usahakan untuk menggunakan tepung sagu agar diperoleh hasil yang maksimal.

Baru lebaran kemarin, saya tertarik dengan berbagai jenis kue kering. Sebelum -sebelumnya sama sekali tidak pernah tertarik untuk membeli atau mengicipi kue kering. Dan Kue kering sagu keju ini adalah cinta pertama saya pada kue kering..(lebay..hehe..). Kebetulan pas lebaran kemarin tante olive membeli sagu keju..saat mencicipi..wowww..kok enak..lembut, ngeprul dan ngeju banget. Akhirnya setelah pulang dari Demak, saya membawa beberapa biji sagu keju dengan maksud mau mencoba membuat dengan taste rasa yang sama.

Seperti biasa, setelah 5 bulan baru sempat nyoba bikin sagu keju ini. Resep sagu keju yang saya coba pertama kali ini jatuh pada resep sagu keju punyanya ibu Fatmah Bahalwan dari NCC. Membuat sagu keju ini menurut saya agak susah - susah gampang, butuh kesabaran saat mencetak ataupun mengovennya. Saat menyemprotkan adonan ke loyang ini yang menurut saya paling sulit, karena mungkin belum terbiasa menggunakan spuit. Ditambah lagi mungkin ada gumpalan keju yang membuat adonan sulit keluar dari spuit. Karena kesulitan menggunakan plastik segitiga dan spuit, akhirnya saya mencoba menggunakan alat pencetak kuker, hasilnya sama sulitnya.. bentuknya jadi semakin tidak karuan.
Setelah berpikir dan menimbang..hehe..akhirnya saya memutuskan  mencetaknya langsung dengan masukkan adonan ke spuit lalu ditekan dengan jempol..(hehe..manual ceritanya)..dan hasilnya lumayan..

Untuk satu resep ini, saya harus memanggang sebanyak lima kali ..(maklum oven kecil..). Untuk hasilnya  berapa gram,lupa nggak nimbang..hmm..hampir 3 toples ukuran sedang. Saat memanggang sebaiknya gunakan api kecil karena kue kering sagu ini gampang kosong dan saat memanggang harus ditunggu. Pengalaman pertama memanggang sagu keju yang loyang pertama, agak gosong..padahal saya hanya menggunakan suhu 150 C selama 15 menit. Dan untuk loyang berikutnya saya hanya menggunakan suhu 130 C, kalau dirasa kurang matang tinggal ditambah waktu nya.

Resep Kue Sagu Keju Renyah dan Lumer di Mulut

Resep Kue Sagu Keju Renyah dan Lumer di Mulut

baca juga : Resep semprit susu renyah hanya dengan 3 bahan
Bahan sagu keju:
  • 300 gr tepung sagu
  • 2 lbr daun pandan
  • 100 gr margarin
  • 50 gr mentega
  • 150 gr gula halus
  • 1 kuning telur
  • 100 gr keju edam (saya keju chedar parut)
  • 50 ml santan kental ( saya pakai santan kara)
Cara membuat Sagu keju ala NCC :
  1. Sangrai tepung sagu dan daun pandan dengan api kecil hingga daun pandan kering. Angkat,dinginkan.
  2. Kocok margarine dan mentega hingga lembut (tapi jangan terlalu lama mengaduknya), masukkan gula halus, kocok rata. 
  3. Tambahkan kuning telur, kocok hingga rata. 
  4. Masukkan keju parut, kocok sebentar saja, matikan mikser.
  5. Masukkan tepung sagu secara bertahap kedalam adonan mentega, aduk rata. Tambahkan santan, aduk lagi hingga rata.
  6. Masukkan adonan kedalam plastik  segitiga, pasang spuit bintang, semprotkan kedalam loyang yang sudah dilapis kertas baking. (tidak perlu diolesi mentega ya )
  7. Oven dengan menggunakan api suhu kecil sampai matang.
 Resep Kue Sagu Keju Renyah dan Lumer di Mulut

Tips untuk membuat Kue Kering Sagu Renyah :

  1. Pastikan tepung sagu yang sudah disangrai dalam  keadaan benar-benar dingin sebelum digunakan.
  2. Kocok margarin dan mentega jangan terlalu lama agar tidak meleber saat di panggang.
  3. Panggang dengan menggunakan suhu kecil sekitar 100-130 C. Gunakan panas atas bawah.
  4. Jika kesulitan mencetak atau menyemprotkan adonan dengan spuit, bisa dilakukan manual dengan cara memasukkan adonan seperlunya ke spuit lalu ditekan dengan jempol.
  5. Sebaiknya gunakan bahan yang berkualitas untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Pastikan menggunakan tepung sagu.
  6. Apabila tidak ada keju edam bisa diganti menggunakan keju cheddar.
  7. Kalau ditanya, apakah tepung sagu bisa diganti tepung tapioka....hmm...saya pernah mencoba menggunakan tepung tapioka merk sagu tani dan hasilnya tetep enak, renyah dan ngeprul, walaupun agak meleber saat dipanggang dan juga tidak selumer dan serenyah saat menggunakan tepung sagu.
Kue kering sagu keju ini salah satu kue kering favorit keluarga haniyakitchen. Makan satu pasti tidak akan cukup..nambah lagi..nambah lagi..eitss..tau tau habis satu toples..hehe...Teksturnya yang lembut dan renyah, ditambah keju didalamnya..membuat kue kering sagu keju ini begitu istimewa. Hani dan Haya tentu saja suka bingit. Kalau saya buat kue sagu keju ini, pasti akan dibawa ke sekolah dan dibagikan ke temen-teman mereka..wahh.....senangnya berbagi hasil karya bunda..:)

Resep Kue Sagu Keju Renyah dan Lumer di Mulut


Bismillahirrahmaanirrahiim.
Resep Tempe Mendoan Enak dan Renyah-Pasti sudah banyak yang tahu apa itu mendoan. mendoan merupakan jenis makanan yang terbuat dari tempe dan kemudian dicelupkan ke adonan tepung, dan cara memasaknya dengan di goreng. Tempe mendoan kalau di tempat saya biasanya disajikan untuk lauk atau bisa juga untuk menu cemilan.

Makanan khas dari Purwokerto ini sangat enak apalagi dinikmati dalam kondisi masih hangat. Kalau didaerah Wonosobo, tempe mendoan ini biasa disebut dengan tempe kemul. Bagi saya, mendoan juga bukan makanan yang asing, ibu dikampung juga sering membuat mendoan..hmm..tapi penampakan mendoan buatan ibu belum seperti yang saya bayangkan :).
Tempe mendoan yang resepnya saya posting kali ini, menurut saya sudah hampir mirip seperti ala - ala warung. Tekstur dari tempe mendoan ini renyah dan rasanya sudah 11-12 seperti yang pernah saya beli.. (sok pede..hehe). Dan ini pertama kalinya saya membuat tempe mendoan..dan cukup puas dengan hasilnya :D.

Oh ya..sebenarnya saya belum pernah nyobain tempe mendoan yang terkenal di Purwokerto ataupun di Wonosobo itu. Ingat Wonosobo jadi ingat temen kuliah saya...Imung...haiiii..Next klo kesana harus ntraktir mie ongklok dan tempe kemulnya ye..hehe...hadehh..ngiler aku mbayanginnya..apalagi barusan diiming-imingi gambar mie ongklok plus tempe kemul ala Longkrang...(hukhukk...gambarnya doang ya...).

Ternyata yang membuat renyah tempe mendoan ini adalah adanya campuran tepung beras dalam adonannya. Sebenarnya saya ingin menggunakan daun kucai biar mirip tempe kemul ala wonosobo, tapi berhubung adanya hanya daun bawang jadi hanya pakai daun bawang saja. Saya menggunakan 1 papan tempe, kalau dipasar jepang dijual seharga Rp.2000,-. Kebetulan sudah langganan ama bapak penjual tempe itu, setiap kali beli tempe disitu pasti dikasih banyak..bapaknya baik banget :D.
Cara membuat tempe mendoan sangat mudah. Bahan yang dibutuhkan tempe, tepung terigu, tepung beras dan bumbu- lainnya. untuk perbandingan tepungnya saya lebih menyukai perbandingan 2:3. Tapi klo menyukai tekstur yang gak lembek bisaa menggunakan perbandingan 1:2. Berikut resep tempe mendoan selengkapnya :

Resep Tempe Mendoan enak dan renyah

Resep Tempe Mendoan Enak dan Renyah

Bahan:

  • 1 papan Tempe (sekitar 15 buah kalau diiris tipis)
  • Tepung terigu 200 gram
  • Tepung beras 150 gram
  • Daun bawang 2 batang (iris tipis)/(bisa di mix dengan kucai)
  • 1 batang sledri (iris tipis)
  • Air secukupnya
  • Minyak secukupnya (digunakan untuk menggoreng)

Bumbu yang dihaluskan :

  • Bawang putih 3 siung
  • Ketumbar 3/4 sendok teh
  • Kencur 1 cm
  • kunyit 1 ruas sekitar 2 cm
  • Garam dan lada secukupnya

Cara Membuat Tempe Mendoan Enak dan Renyah:

  1. Tempe diiris tipis, sisihkan
  2. Campur jadi satu dalam sebuah wadah: tepung terigu, tepung beras, bumbu yang dihaluskan,irisan daun bawang dan sledri  ,garam dan  lada. Aduk rata
  3. Tuang air kedalam campuran tepung tadi sedikit demi sedikit  diaduk-aduk sampai adonan pas. Dikira-kira saja sampai tingkat kekentalannya pas, jangan terlalu kental ataupun keenceran. Jangan lupa icipi rasanya.
  4. Masukkan tempe kedalam adonan, (1 iris tempe 1 sendok sayur adonan)
  5. Goreng tempe dengan minyak yang sudah panas hingga berwarna kuning keemasan. Angkat dan tiriskan kalau dirasa sudah matang.
  6. Tempe mendoan yang enak dan renyah siap untuk dihidangkan.
Tempe mendoan, cemilan yang enak disajikan terutama dalam kondisi musim hujan seperti saat ini, dimakan dengan cabai rawit..wahh..pedas-pedas enak atau bisa juga disajikan dengan sambal manis pedas. Tempe mendoan dijadikan laukpun juga sangat enak. Bunda-bunda yang belum pernah bikin mendoan atau baru mau mencoba membuat mendoan seperti saya yang baru pertamakalinya bikin..cobain deh resep ini...yummi....

Resep Tempe Mendoan Enak dan Renyah

Bismillahirrahmanirrahiim.
Resep Membuat Milo Balls No Baked Mudah dan Praktis-Ada banyak cara untuk membuat jajanan anak yang sehat cepat dan praktis. Pemilihan bahannya pun sangat simple dan tentunya tidak butuh banyak bahan. Salah satu resep jajanan anak yang super praktis adalah resep milo balls ini.

Dari namanya yaitu milo balls, pasti sudah diketahui kalau jajanan ini menggunakan bahan milo bubuk. Bahan lainnya yaitu biscuits marie dan susu kental manis coklat. Biscuits marie ini merupakan biskuit yang sangat populer di masa kecilku..hehe..dulu belum banyak beranekaragam biskuit dan roti, atau mungkin karena aku tinggal di kampung jadi tahunya ya biskuit marie ini.
Oh ya, Resep ini terinspirasi dari postingan di Instagram punyanya  mbak ayu diah respati. Hanya dengan 3 bahan, kita bisa membuat jajanan anak yang enak dan pastinya sangat disukai anak-anak.

 Resep membuat milo balls no baked
 Resep membuat milo balls no baked

Cara membuat millo balls ini sangat mudah. Pertama biscuit marie di haluskan bisa dengan menggunakan blender atau bisa juga dengan chopper. Kalau terpaksanya tidak ada, bisa juga dengan di tumbuk atau digiling biasa. Selanjutnya tambahkan susu kental manis dan milo bubuk..aduk dan bentuk menjadi bola - bola kecil. Lebih lengkapnya baca resep milo balls berikut :

Resep membuat milo balls no baked

Resep Membuat Milo Balls No Baked Mudah dan Praktis

Bahan :
  • 10 keping biscuit marie
  • 50 ml susu kental manis
  • 20 gr milo + ektra untuk taburan
Cara membuat milo balls:
  1. Haluskan keping biscuit marie dengan menggunakan blender
  2. Masukkan milo, aduk rata.
  3. Tambahkan susu kental manis aduk rata, dan hingga bisa dibentuk.
  4. Bentuk menjadi bulat-bulat kecil.
  5. Taburi dengan milo, sajikan.
Bagaimana? sangat mudah bukan untuk membuat milo balls. Jajanan yang pastinya no ribet dan super praktis. Anda juga bisa melibatkan anak-anak dalam membuat milo balls ini..cooking with kids..salah satu aktivitas yang menyenangkan...try this...

Resep Membuat Milo Balls No Baked Mudah dan Praktis

Bismillahirrahmanirrahim.
Resep Puding Labu-Labu kuning atau biasa dikenal dengan nama "waluh" merupakan salah satu tumbuhan rambat yang banyak dimanfaatkan sebagai bahan makanan, bisa diolah sebagai sayur maupun berbagai jenis makanan lainnya. Labu kuning ini memiliki rasa yang manis, dan sebenarnya bisa juga dikonsumsi hanya dengan merebusnya.

Mungkin belum banyak yang tahu kalau labu ini mengandung banyak gizi, antara lain Beta karoten, protein, vitamin A, vitamin C, zinc, selenium,   magnesium, kalium dan seng. Tentu saja si labu kuning ini memiliki banyak manfaat terutama bagi yang berdiet sehat.

Resep yang mau saya posting kali ini adalah puding labu kuning. Pasti sudah pada kangen ama postingan saya..(hehe..sok pede). Maklum lately baru sibuk menemeni belajar mbak Hani dan mbak Haya yang lagi UAS. Dan alhamdulillah sudah kelar UAS nya, jadi mbok nya juga bisa ikut santai kayak dipantai..asyeeek...

 Resep Puding Labu Enak ala Haniyakitchen

Sekitar dua minggu yang lalu secara tidak terencana, tiba- tiba ingin membeli labu. Jadilah saya beli labu 1 buah ukuran sedang seharag Rp. 5000,- ..hmm...murah kan ya..Labu kemudian saya kukus semua, dan saya simpan di kulkas supaya awet. Rencananya mau saya buat aneka menu makanan dari bahan labu. Percobaan pertama saya buat cake labu, dan hasilnya..belum seperti yang saya harapkan. Karena masih penasaran akhirnya saya buat lagi cake labu dengan resep yang berbeda..dan hasilnya masih belum sesuai dengan harapan saya. Next harus nyoba lagi..sampai menemukan resep yang pas...(edisi masih penasaran). Sisa labu yang ada, akhirnya saya putuskan untuk dibuat puding labu.
Ternyata puding labu enak juga. Untuk resep puding labu kuning ini, dibuat secara 2 tahap. Tahap pertama puding dengan campuran labu kuning yang setelah dimasak kemudian dituang dicetakan (posisi cetakan di taruh miring), kemudian biarkan mengeras. Baru selanjutnya memasak untuk lapisan puding putih...yang mau resepnya cek resep berikut ya..

Resep Puding Labu Enak ala Haniyakitchen

Resep Puding Labu Kuning Enak Ala Haniyakitchen

Baca juga : resep puding ubi merah mudah dan praktis

Bahan :
Puding yang kuning :
  • Labu kuning 200 gr (kukus dan haluskan)
  •  1/2 bungkus agar-agar plain
  • 60 gr gula
  • 500 ml susu UHT
Puding yang Putih :
  • 1/2 bungkus agar -agar plain
  • 60 gr gula
  • 500 ml susu UHT

Cara membuat puding labu kuning ala Haniyakitchen :

  1. Campur semua bahan puding kuning yaitu labu kuning halus, agar-agar, gula dan susu UHT, kemudian masak hingga meletup.
  2. Tuang kedalam cetakan puding setengah, lalu letakkan dengan posisi miring. Biarkan sampai agak mengeras.
  3. Siapkan panci, campur semua bahan untuk membuat lapisan puding putih yaitu 1/2 bungkus agar-agar plain, gula dan susu UHT. Masak hingga agak mendidih. (jangan terlalu lama memasaknya, nanti kandungan gizi dalam susu bisa rusak).
  4. Tuang kedalam cup puding yang sudah diisi puding labu kuning tadi. (pastikan lapisan puding labu kuningnya sudah mengeras).
  5. Biarkan beberapa saat hingga agak dingin, kemudia masukkan kedalam kulkas.
  6. Sajikan puding labu kuning dalam kondisi dingin.
Puding labu kuning ini selain cocok untuk dessert, juga cocok untuk dikonsumsi anak-anak.  Tentunya puding labu kuning ini merupakan menu yang sehat. Cara membuatnya pun sangat mudah. Ingin membuat puding dengan rasa yang berbeda dengan bahan yang mudah didapat..resep puding labu kuning ala Haniyakitchen ini bisa dijadikan pilihan untuk dicoba.

Resep Puding Labu Enak ala Haniyakitchen

Bismillahirrahmanirrahim.
Resep Membuat Dimsum Siomay Ikan Ayam Enak-Dimsum kalau di Indonesia merupakan salah satu bagian dari menu siomay. Dimsum sendiri sebenarnya berasal dari daratan Cina. Kalau di Indonesia yang terkenal siomay Bandung. Dimsum siomay ini memiliki banyak variasi seperti dimsum siomay ayam, dimsum siomay ayam udang, dimsum siomay ikan dan banyak variasi lainnya.

Mengawali bulan Desember ini posting tentang dimsum siomay dahulu, sebenarnya ini sudah di buat seminggu yang lalu tapi baru sempat di posting hari ini. Kalau Kulit siomay nya sudah beli dari sekitar 2 atau 3 minggu yang lalu, di simpan di freezer tidak akan membuat jamuran. Hanya saja agak susah menemukan kulit siomay ini. Setahu saya kalau di Kudus hanya bisa ditemukan di Ada Swalayan.

 Resep Membuat Dimsum Siomay
Bahan dimsum siomay..hmm..sebenarnya bingung mau menyebut siomay atau dimsum atau dimsum siomay..anggap saja ini dimsum somay :D. Back to bahan dimsum, disini saya menggunakan filet ikan kakap ( karena adanya itu ya) dan juga mencampur dengan daging ayam giling. Pada umunya siomay dibuat dari campuran ikan tenggiri dan daging ayam giling, ada juga yang dibuat dari campuran daging giling dan udang cincang. Cara membuat dimsum somay ini tidak sulit hanya sedikit agak lama karena harus menggiling daging atau ikan.

Dalam resep ini saya juga menggunakan labu siam, konon menurut yang saya baca, labu siam yang memiliki rasa tawar ini bisa membuat dimsum atau siomay ini tetap lembut ketika dimsum siomay ini sudah dalam keadaan dingin. Sebelum digunakan labu siam ini dikukus terlebih dahulu baru dihaluskan dan dicampur dengan adonan ikan. Untuk selengkapnya bisa dibaca resep Resep Membuat Dimsum Siomay Ikan Ayam  Enak berikut

Resep Membuat Dimsum Siomay


Resep Membuat Dimsum Siomay Ikan Ayam Enak

  • Kulit siomay siap pakai
  • 500 gr ikan cincang
  • 150 gr daging ikan giling.
  • 100 gr labu siam (kukus dan haluskan)
  • 1/2 sdt bawang putih bubuk
  • 1 batang daun bawang iris halus
  • 1 sdt kaldu bubuk rasa ayam
  • 1 sdm kecap ikan
  • 1 sdt minyak wijen
  • lada bubuk secukupnya
  •  garam dan gula secukupnya
  • 12 sdm  tepung sagu/tapioka
  • wortel parut (untuk topping)

    Cara Membuat DimsumSiomay Ikan Ayam
    1. Siapkan mangkuk agak besar, campur jadi satu, ikan cincang/giling, daging ayam, labu siam, merica/lada bubuk, garam, gula pasir, bawang putih bubuk, daun bawang dan tepung tapioka. Aduk hingga tercampur rata.
    2. Tambahkan juga kecap ikan dan minyak wijen. Kemudian aduk rata.
    3. Kemudian Taruh sekitar 1 sdm adonan ikan diatas kulit siomay dan tarik bagian ujung kulit siomay  ke bagian tengah.(lihat gambar diatas)
    4. Tambahkan  parutan wortel pada bagian atas dimsum siomay. Lakukan sampai semua adonan habis terbungkus
    5. Masukkan dimsum siomay dalam panci yang sudah dialasi daun pisang dan diolesi dengan minyak. Kemudian kukus sampai matang.
    1 resep=20 dimsum

     Resep Membuat Dimsum Siomay

    Dimsum merupakan jenis makanan yang agak mahal. Kalau saya biasa beli warung gado-gado Menur, untuk 1 porsi seharga 12 ribu. Pernah juga nyoba di rumah makan Bandung dekat Toko Roti Kartini, 1 porsi dimsum isi 3 seharga sekitar 10-12 ribu. Bisa dimaklumi kalau dimsum agak mahal karena memang terbuat dari bahan daging atau ikan atau udang giling. Jadi, kenapa tidak mencoba membuat sendiri untuk keluarga tercinta anda..

    Resep Membuat Dimsum Siomay Ikan Ayam Enak