Bismillahirrahmanirrahim.
Resep Membuat Pizza Roti Tawar  Enak dan Super Mudah - Pizza Lagi ... yeiii, saya suka pizza. Tapi ini beda sama pizza yang biasa saya buat sebelumnya karena bahan utama pizza kali ini adalah roti tawar. Cemilan ini merupakan cemilan yang sering saya buat di bulan ramadhan ini. Proses membuat  pizza ini sangat mudah dan praktis, nggak pakai lama alias super cepat, 10 menit pun sudah jadi.
Cemilan atau jajanan ini juga cocok buat kalian yang tidak mempunyai oven dirumah, karena bikin pizza roti tawar ini tidak butuh oven untuk memanggangnya, Cukup hanya dengan menggunakan teflon yang dipanggang diatas kompor.

Pizza roti tawar ini sangat enak lohh ternyata, sungguh benar - benar diluar expectasi.  Hampir kayak pizza beneran (yang ala - ala pizza hut ituuh). Yang paling saya suka, tekstur  pizzanya renyah tapi juga empuk..bingung kan..pokoknya githu dehh..dijamin enak.
Kalau mau pizzanya benar - benar beraroma pizza, jangan lupa untuk menambahkan oregano.  Dan kalau pengin pizza roti tawar nya ada sensasi mulur mulurnya, bisa juga dengan menambahkan keju mozarella.

Apa saja sih yang harus disiapkan untuk membuat pizza roti tawar ini? yang pasti bahan utamanya tentu saja roti tawar. Untuk bahan toppingnya antara lain bawang bombay, sosis, keju cheddar, mozarella, saus tomat dan oregano. Di daerah - daerah tertentu mungkin agak susah menemukan mozarella dan oregano ini. Tapi jangan kuatir, dengan maraknya online shop sekarang ini, apapun bisa diperoleh sekarang. Bahan - bahan makanan yang aneh - aneh githu biasanya  memang susah didapat terutama apabila kita tinggal di kota kecil. Sehinga solusinya ya itu tadi..belanja online..yeii.

Resep Membuat Pizza Roti Tawar  Enak dan Super Mudah

Saya sendiri termasuk orang yang hoby belanja online, termasuk bumbu - bumbu dapur. Contohnya nih Kaldu bubuk non MSG, satu- satunya yang menjual bumbu tersebut adalah Ada Swalayan dan  itupun sering kosong. Bisa dibayangkan, sudah jauh - jauh ke sono..eh barangnya nggak ada dan itu sering kali terjadi. Sekarang mah nggak mau ribet lagi kalau mau beli kaldu bubuk non MSG, beli lewat online saja..super simple, tinggal pijit -pijit hape dan beberapa hari kemudian barang dah datang.

Resep Membuat Pizza Roti Tawar  Enak dan Super Mudah

Malah nglantur ceritanya...haha..kembali lagi ke pizza roti tawar. Bagaimana sih cara membuat pizza roti tawar ini? mudah banget..pertama tumis bawang bombay dan sosis yang sudah di iris iris tipis hingga bawang bombay layu. Tumis menggunakan margarin ya..cukup 1 sendok margarin. Selanjutnya tinggal teplok teplok ke roti tawarnya. Urutannya adalah roti di olesi saos tomat, trus dikasih tumisan sosis, taburi dengan keju dan oregano. Setelah itu bisa juga dihias dengan saos tomat ataupun mayonnaise. Selanjutnya tinggal dipanggang menggunakan teflon, kalau Moms punya panci serba guna seperti Hakasima, tentu akan bagus lagi untuk acara panggang memanggang tanpa boros listrik.

Resep Membuat Pizza Roti Tawar  Enak dan Super Mudah

Resep Membuat Pizza Roti Tawar  Enak dan Super Mudah

Baca juga : Resep Pizza Tanpa Ulen Tanpa Capek dan Anti Gagal
Bahan :
  • 6 lembar roti tawar
  • 4 buah sosis (iris tipis)
  • 1/2 butir bawang bombay ukuran sedang (iris)
  • 1 sdm margarin (untuk menumis)
  • keju cheddar secukupnya
  • keju mozarella secukupnya
  • saos tomat secukupnya
  • mayonnaise (optional)
Cara membuat Pizza Roti Tawar  Enak dan Super Mudah :
  1. Panaskan wajan teflon, masukkan margarin.
  2. Tumis bawang bombay dan sosis hingga bawang bombay layu dan beraroma harum. Angkat dan sisihkan
  3. Olesi roti tawar dengan saos tomat.
  4. Tambahkan tumisan sosis tadi.
  5. Taburi dengan keju cheddar, mozarella da oregano
  6. Hiasi dengan saos tomat dan mayonnaise, anda bisa menaruhnya di plastik dan gunting bagian ujungnya.
  7. Panggang diatas kompor dengan menggunakan panci anti lengket, hingga kulit bawah roti tawarnya agak kecoklatan. Gunakan api kecil saja biar tidak cepat gosong.
Pizza roti tawar yang praktis ini bisa juga untuk inspirasi jualan jajanan. Selain itu pizza roti tawar adalah solusi praktis bagi anda yang ingin menyajikan cemilan untuk anak-anak maupun keluarga. Dijamin anak - anak pasti suka, so silahkan dicoba..

Resep Membuat Pizza Roti Tawar Enak dan Super Mudah

Bismillahirrahmanirrahim.
Cara Membuat Pisang Molen Mini Renyah- Pisang molen atau molen pisang? bisa keduanya...Pisang molen merupakan salah satu cemilan gorengan yang lumayan populer. Pisang molen sangat mudah ditemukan  terutama dalam acara pesta rakyat seperti Grebeg besar di Demak ataupun Dandangan di Kudus. Terinspirasi banyaknya yang menjual molen pisang di acara dandangan yang diselenggarakan setiap menjelang bulan Ramadhan di kotaku, maka Haniyakitchen kembali membuat pisang molen.

Sebenarnya resep pisang molen mini yang dibuat kali ini basic resepnya sama seperti resep pisang molen yang sudah saya buat sebelumnya. Hanya saja ada tambahan kuning telur untuk membuat adonan kulit pisang molen menjadi lebih empuk. Kalau ditanya lebih enakan mana? menurut saya enak semua..haha...hasilnya tidak jauh beda sih sebenarnya. Tapi kalau mau lebih tahan renyahnya, sebaiknya gunakan resep tanpa telur.

Cara Membuat Pisang Molen Mini Renyah

Bahan - bahan untuk membuat pisang molen ini anatar lain pisang, tepung terigu protein tinggi, gula halus, kuning telur, margarin, garam, air es dan vanili. Untuk pisangnya saya menggunakan pisang kepok, sayangnya agak kurang manis, sebaiknya gunakan pisang raja karena hasilnya akan lebih manis. Air es yang digunakan kurang lebih ya..setelah saya coba dengan ukuran sesuai resep, meurut saya kurang, jadi saya tambahi lagi. Usahakan penambahannya sedikit demi sedikit agak tekstur adonan tidak lembek. Karena kalau adonannya lembek akan sulit digiling.

Untuk anda yang memiliki penggiling mie atau pasta, mungkin bisa digunakan sehingga akan didapat adonan yang lebih tipis. Jika tidak punya, bisa digilas manual dengan menggunakan rolling pin. Agar adonan kulit renyah, usahakan giling adonan setipis mungkin.

Untuk lebih jelasnya bagaimana proses membuat pisang molen mini renyah ini, silahkan di klik gambar dibawah, di video ini Bunda Haniya masak di bantuin sama mbak Haya lho..Jangan lupa subscribe ya..


Mungkin anda akan berpikir ribet membuat pisang molen mini ini. Justru saya suka untuk membuat pisang molen mini ini, lebih mudah untuk dikonsumsi karena ukurannya yang kecil dan sekali makan. Untuk pisangnya 1buah pisang dipotong menjadi 8 bagian.

Cara Membuat Pisang Molen Mini Renyah

Resep Pisang Molen  Mini Renyah dan Mudah

Baca juga : Resep Pisang Molen Renyah dan Super Mudah

Bahan :
  • 150 gr Tepung terigu protein tinggi
  • 30 gr gula halus
  • 30 gr margarin
  • 1 kuning telur
  • 1/4 sdt vanili
  • 30 ml air es (lebih lebih ya..)
  • garam sedikit
  • Pisang secukupnya (1 pisang dipotong menjadi 4 bagian)

Cara membuat pisang molen mini renyah :

  1. Campur tepung terigu, gula halus, margarin, kuning telurvanili dan garam kemudian aduk sampai menggumpal. Tambahkan air es sedikit demi sedikit (kalau kurang bisa juga ditambah air es nya). Uleni adonan sampai semuanya tercampur rata.
  2. Bagi adonan menjadi 2 bagian. lalu bentuk adonan menjadi bulat lonjong. 
  3. Gilas adonan menanjang dan setipis mungkin dengan penggilas kayu (bisa juga menggunakan botol sirup). Bagi adonan yang sudah ditipiskan tadi dengan lebar sekitar 2 cm.
  4. Lilitkan adonan ke pisang secara melingkar sampai seluruh pisang tertutup adonan. Lakukan sampai adonan dan pisang habis.
  5. Goreng molen dengan api sedang, angkat dan tiriskan.


Cara Membuat Pisang Molen Mini Renyah

Bismillahirrahmanirrahim.
Resep Jagung Susu Keju Jasuke Mozarella-Jagung susu keju atau jasuke adalah jajanan yang sudah tidak asing lagi dan cukup populer akhir-akhir ini. Jasuke disajikan dengan berbagai varian rasa dan topping seperti jasuke mozarella, jasuke rasa balado, jasuke dengan rasa BBQ, Jasuke dengan topping coklat meises. Selain itu jasuke bisa juga disajikan dengan berbagai pilihan bubuk oreo, choco chips, ataupun dicampurkan dengan lumatan pisang.

Jasuke banyak dijual  di pinggir - pinggir jalan, kebanyakan dijual dalam wadah cup yang cukup praktis untuk bisa segera dikonsumsi. Tapi sebenarnya membuat jagung susu keju jasuke sendiri dirumah juga sangat mudah. Dan apabila sudah expert dalam  memvariasikan tampilan maupun rasa dari jasuke, tidak menutup kemungkinan untuk menjadikan jasuke sebagai peluang usaha ala rumahan.

Jadi kita bisa berjualan jasuke dengan tampilan yang lebih modern dan ngetren. Salah satunya dengan menggunakan topping mozarella ini...bisa dibayangkan kan...lelehan mozarella yang mulur mulur menggoda itu....

Selain untuk kosumsi pribadi, jasuke juga bisa disajkan untuk kudapan dalam acara- cara seperti pertemuan keluarga atau acara pesta anak-anak. Tidak usah terlalu banyak kudapan lain untuk disajikan, cukup jasuke dan menu minuman. Tentunya akan lebih praktis pula dalam penyajiannya.

Bahan baku untuk membuat jagung susu keju mozarella ini tentu adalah jagung. Pilih jagung yang masih segar agar tidak keriput setelah dikukus dan rasanya juga lebih segar dan manis. Untuk bahan lainnya adalah susu kental manis, margarin dan juga keju mozarella.

Resep Jagung Susu Keju Jasuke Mozarella

Bagaimana cara membuat jagung susu keju jasuke mozarella ini? sangat  mudah dan tidak pakai ribet. Hal pertama yang dilakukan tentu saja memipil jagung dan kemudian mengukusnya. Dalam kondisi masih panas tambahkan margarin dan susu kental manis dan taburi dengan keju mozarella. untuk mendapatkan sensasi lebih mulur bisa juga dengan dioven sebentar sebelum disajikan. Bagaimana? cukup mudah kan...

Resep Jagung Susu Keju Jasuke Mozarella

Resep Jagung Susu Keju Jasuke Mozarella

Bahan :
  • 3 buah jagung manis, pipil
  • 100 ml susu kental manis
  • 2 sdm margarin
  • 50 gram keju mozarella
  • 50 ml mayonnaise
Cara membuat jagung susu keju jasuke Mozarella:
  1. Kukus jagung selama kurang lebih 15 menit sampai empuk, lalu angkat dan sisihkan.
  2. Tuang jagung ke dalam gelas atau cup kertas, masukkan margarin, aduk rata
  3. Tuang susu kental manis.
  4. Kemudian taburi keju mozarella yang sudah diparut dan mayonnaise
  5. Panaskan sebentar dioven
  6. Sajikan.

Resep Jagung Susu Keju Jasuke Mozarella


Bismillahirrahmanirrahim.
Resep Membuat Roti Abon Gulung (Floss Roll Bread) Tanpa Ulen- Bulan Ramadhan sudah tiba, dan pada kesempatan ini Haniyakitchen kembali posting resep roti tanpa ulen. Untuk resepnya masih pake resep roti no ulennya mb Lily Chan karena memang nggak ada mixer  dirumah selain itu juga males ribet nguleni. Dengan menggunakan resep roti no ulen ini setidaknya bisa menghemat tenaga .

Pertamakali melihat dan tahu roti abon gulung ini di salah satu toko roti di Kotaku. Begitu melihat langsung suka karena kebetulan saya penyuka abon. Nggak tau deh..everything yang ada abon itu menarik.

Berbicara tentang cara membuat roti gulung abon yang paling sulit menurut saya adalah ketika bagian menggulung rotinya. Mungkin karena agak over bake, jadinya agak susah dan patah. Jadi, sebaiknya kalau memanggang roti untuk dibuat roti abon gulu jangan sampai overbake atau memanggangnya kelamaan.
Jika masih bingung bagaimana proses membuat roti abon gulung abon ini, bisa di cek di channel saya ya...klik saja gambar dibawah ini.



Sebagai bahan polesannya adalah mayonnaise yang sudah dicampur dengan susu kental manis. Untuk perbandingannya bebas ya..sesuai selera. Kalau saya lebih menyukai banyak mayonnaisenya. Sedangkan untuk bahan taburannya ada beberapa macam antara lain wijen, irisan seledri dan cabai   dan abon. Kalau tidak menyukai pedas sebaiknya perhatikan jumlah cabainya ya..apalagi jika niatnya untuk dikonsumsi anak-anak. Di resep ini saya menggunakan 2 buah cabai merah, dan ternyata taste rotinya jadi agak pedas.

Resep Membuat Roti Abon Gulung (Floss Roll Bread) Tanpa Ulen

Cara Membuat Roti Abon Gulung (Floss Roll Bread) Tanpa Ulen

Baca juga : Cara Membuat Roti Sosis Caterpillar Tanpa Ulen
Bahan :
  • 250 gr tepung terigu protein tinggi (cakra)
  • 100 gr tepung terigu protein sedang (segitiga biru)
  • 60gr Gula pasir 
  • 1 telur ukuran sedang (suhu ruang/tidak dingin)
  • 25 gr susu bubuk
  • 175 ml air hangat (jangan panas)
  • 7 gr ragi instan
  • 45 gr margarin
Filling :
- 100 gr Mayonnaise
- 1 sachet Susu Kental Manis (SKM)
- Abon sapi secukupnya

Toping :
- Wijen secukupnya
- Daun bawang iris halus
- Irisan Cabe merah
- 1 butir kuning telur

Cara Membuat Roti Abon Gulung (Floss Roll Bread) Tanpa Ulen empuk:
  1. Tambahkan ragi dan 1 sdm gula (ambil dari 60gr gula) ke dalam gelas berisi air hangat. Tutup gelas dan diamkan 10-15  menit.
  2. Campur tepung, susu, sisa gula jadi satu, Tuang campuran ragi ke dalam campuran bahan kering.
  3. Tambahkan telur, lalu aduk menggunakan spatula hingga tercampur rata.
  4. Tambahkan margarin, gunakan tangan untuk mencampur margarin dengan adonan, remas2 saja asal tercampur rata. Bulatkan adonan ke tengah wadah.(Jangan khawatir, ditahap ini adonan memang akan terlihat lengket dan tidak kalis)
  5. Tutup dengan plastic wrap / serbet lembab. Diamkan 30 menit hingga mengembang 2 kali.
  6. Setelah 30 menit kempiskan adonan lalu di rolling dan taruh di loyang ukuran 20 x 20 cm, tusuk-tusuk dengan garpu agar tidak bergelombang, lalu dioles dengan kuning telur lalu beri toping (cabai, seledri dan wijen) lalu tutup dengan plastik dan diamkan selama 30 menit
  7. Setelah 30 menit, oven dengan suhu 180°C selama 15  menit
  8. Setelah matang biarkan dingin, setelah dingin siapkan kertas roti yang agak lebar lalu balikkan loyang yang berisi roti lalu gulung sebentar untuk meninggalkan jejak, buka lagi lalu beri bahan filling yaitu mayonaise yang di campur dengan Susu kental manis, aduk rata lalu dioleskan ke permukaan roti lalu ditaburi dengan abon sapi dan gulung, diamkan selama 30 menit agar gulungan tidak lepas, lalu potong-potong, beri bahan filling lagi kanan kiri roti gulung.
1 resep 2 yang ukuran 20*20cm

Resep Membuat Roti Abon Gulung (Floss Roll Bread) Tanpa Ulen

Bismillahirrahmanirrahim.
Pempek Kapal Selam Empuk Tidak Alot-Pempek asli Palembang karena pempek adalah makanan populer dari kota Palembang. Sudah lama kami sekeluarga memfavoritkan makanan yang satu ini, hingga makan pempek serasa tak pernah bosan. Jadi, walaupun sudah beberapa kali membuat pempek dengan berbagai macam resep  yang berbeda, tetap saja masih ingin mencoba resep pempek lainnya.

Seperti yang sudah kita ketahui berdasarkan bentuknya pempek palembang memiliki berbagai macam jenis seperti pempek kapal selam, lenjer, adaan, kulit, keriting,lenggang dan panggang. Kalau ditanya favorit saya apa? of course pempek kapal selam, karena bentuknya unik dan ada isiannya telur.

Resep pempek kapal selam yang saya gunakan kali ini adalah resep basic pempek dosnya Ny. Liem. Kalau aslinya resep pempek desep dos tidak menggunakan ikan tengiri. Tapi disini saya akan mix resep pempek dos dengan tetap menggunaka ikan tengiri. Kebetulan nemu banyak ikan tengiri di pasar, dan bingung mau dibikin apa. Jadilah dibikin pempek karena memang sudah lama tidak membuat pempek di rumah. Resep pempek ini juga sudah  pernah diposting oleh mbah Diah Didi.

Ada beberapa resep pempek yang sudah pernah di coba Haniyakitchen.com
Resep Ikan Tengiri Enak dan Mudah
Resep  Pempek Dos Tanpa Ikan Enak
Resep Cara membuat Pempek Sutra Lembut Enak.
Untuk Video tutorialnya bisa di lihat di channel haniyakitchen. Nama channelnya outsweety ya..hehe..sekalian promo. Jangan lupa untuk like, share dan subscribe.


Membuat pempek kapal selam ini memang sedikit lebih sulit terutama saat membentuk dan mengisinya. Jadi diperlukan kehati hatian dalam mengisikan telur ke dalam adonan. Kuncinya jangan sampai telurnya mengenai kulit adonan bagian atas, karena itu akan menyebabkan pempek sulit ditutup. Bagaimana cara membuat pempek kapal selam yang empuk dan tidak alot, baca resepnya berikut :

Resep Pempek Kapal Selam Empuk Tidak Alot

Pempek Kapal Selam Empuk Tidak Alot

Bahan Biang :
  • 125 gram tepung terigu protein sedang
  • 250 ml air
  • 1 siung bawang putih yang besar, haluskan/ 1 sdt bawang putih bubuk
  • 2 sendok teh garam ( sesuai selera )
  • 1 / 4 sendok teh penyedap rasa (saya 1 sdt kaldu bubuk)
  • 1 sendok teh gula pasir
Bahan Utama :
  • 300 gram ikan tenggiri (haluskan)
  • 200 gram tepung sagu / tapioka
  • 2 butir telur (untuk adonan)
  • Telur untuk isian

Cara Membuat Pempek Kapal Selam Empuk Tidak Alot :

  1. Didihkan air dan semua bumbu untuk bahan biang. Masukkan terigu sambil di aduk hingga rata. Gunakan api sedang, dan aduk terus agar adonan biang tidak gosong. Masak hingga adonan mengental.
  2. Uleni adonan biang dengan ikan tenggiri, dan telur hingga halus dan lembut.
  3. Setelah itu, masukkan tepung sagu, aduk rata, tidak perlu di uleni kuat - kuat  supaya pempeknya tidak keras .  
  4. Adonan yang di hasilkan jadinya kalis dan bisa dibentuk. Jika masih sedikit lengket, bisa di tambahkan lagi sedikit tepung sagu.
  5. Adonan siap di bentuk.
  6. Didihkan air di panci yang besar. Ambil adonan Pempek,bentuk bulatkan, Isi dengan telur secukupnya,tutup. lalu masukkan ke air mendidih. Rebus sampai mengapung dan  sampai benar benar matang semua.
  7. Goreng pempek hingga kecoklatan 
  8.  Lengkapi dengan mentimun dan mie dan kuah cukonya, pempek kapal selam siap disajikan.

Resep Pempek Kapal Selam Empuk Tidak Alot


Bismillhirrahmanirrahim.
Cara Membuat Roti Sosis Caterpillar Tanpa Ulen Empuk- Setelah vakum berbulan- bulan tidak membuat roti, akhirnya saya membuat roti lagi. Karena mixer rusak, dalam artian saya tidak memiliki mixer lagi utuk membantu nguleni roti, jadi saya memilih untuk menggunakan resep No Knead Dough atau adonan tapa ulen.

Ada beberapa resep roti tanpa ulen yang sudah pernah saya coba seperti resep roti tanpa ulennya mbak Indry Hapsari di Cookpad, resepnya mbak Debby di Youtube terakhir resepnya mbak Lily Chan di you tube juga. Sepertinya untuk saat ini lebih cocok dengan resepnya mbak Lily chan.

Adonan roti tanpa ulen ini selain untuk dibuat sebagai roti bisa juga digunakan untuk donat dan pizza. Khusus untuk gula bisa dikurangi takaran gulanya. Kalau resep aslinya takaran gula pasir yang digunakan sebanyak 60 ml. Tapi karena saya pikir anak - anak menyukai taste manis maka saya tambahkan gula pasirnya menjadi 75 gr. Tapi untuk komsumsi umum sebaiknya pakai takaran gula 60 gr.

Kenapa dijadikan roti sosis caterpillar? Tidak ada alasan khusus sih, selain karena bentuknya unik juga dalam rangka menghabiskan stock sosis yang mendekati masa kadaluarsa (entahlah..saya punya hoby menimbun bahan makanan. Karena jarang mengecek masa kadaluarsa akhinya tahu tahu sudah lewat masa expirednya...mubazir deh.. :())

Cara Membuat Roti Sosis Caterpillar Tanpa Ulen Empuk

Roti Sosis Caterpillar bentuknya menyerupai ulat. Sekilas mungkin tampak rumit untuk membentuknya. Tapi ternyata mudah untuk membentuk roti sosis caterpillar ini. Penampakan dari roti sosis caterpilar tanpa ulen ini sangat cantik karena diberi topping yang menarik. Bahan topping yang biasa digunakan adalah saos, mayonaise,wijen dan abon sapi. Prakteknya topping yang saya gunakan hanya saos tomat dan mayonaise, pahadal ada stok abon dan juga wijen di kulkas..hiks..nyesel lupa menambahkannya.

Tekstur dari roti sosis caterpillar ini cukup empuk dan lembut, teksturnya tidak kalah dengan roti yang pernah saya buat dengan bantuan mixer. Puas dengan hasilnya karena resep roti tanpa ulen ini tidak membutuhkan tenaga extra untuk membuatnya. Tidak perlu menguleni roti hingga kalis, cukup di aduk aduk saja. Bagaimana?? sangat mudah kan.
Jika anda tertarik untuk membuat roti sosis caterpillar tanpa ulen empuk ini, silahkan baca resep selengkapnya dibawah ini.

Cara Membuat Roti Sosis Caterpillar Tanpa Ulen Empuk

Cara Membuat Roti Sosis Caterpillar Tanpa Ulen Empuk

Bahan :

  • 250 gr tepung terigu protein tinggi (cakra)
  • 100 gr tepung terigu protein sedang (segitiga biru)
  • 60gr Gula pasir (saya pakai 75 gr..better 60 gr kalau tidak suka manis)
  • 1 telur ukuran sedang (suhu ruang/tidak dingin)
  • 25 gr susu bubuk
  • 175 ml air hangat (jangan panas)
  • 7 gr ragi instan
  • 45 gr margarin

topping :

  • saos tomat
  • mayonaise
  • abon dan wijen (optional)

Cara membuat  roti sosis caterpillar tanpa ulen empuk:
  1. Tambahkan ragi dan 1 sdm gula (ambil dari 60gr gula) ke dalam gelas berisi air hangat. Tutup gelas dan diamkan 10-15  menit.
  2. Campur tepung, susu, sisa gula jadi satu, Tuang campuran ragi ke dalam campuran bahan kering.
  3. Tambahkan telur, lalu aduk menggunakan spatula hingga tercampur rata.
  4. Tambahkan margarin, gunakan tangan untuk mencampur margarin dengan adonan, remas2 saja asal tercampur rata. Bulatkan adonan ke tengah wadah.(Jangan khawatir, ditahap ini adonan memang akan terlihat lengket dan tidak kalis)
  5. Tutup dengan plastic wrap / serbet lembab. Diamkan 20 menit hingga mengembang 2 kali.
  6. Jika adonan sudah mengembang 2 kali, tekan adonan hingga gas dalam adonan keluar.
  7. Pindahkan adonan ke meja yang sdah ditaburi terigu. Gilas adonan dengan rolling pin. (Jika ada bagian yg lengket , taburi terigu tipis2 sambil dipipihkan)
  8. Bentuk roti dan diamkan dengan tutup plastik sampai mengembang selama 15 menit , sesudah itu oles susu cair dan oven dengan suhu 180 C sekitar 15 menit (lamanya sesuai oven masing)

Membentuk adonan:

Bagi adonan  sekitar seberat 50 gr.  Ambil  1 adonan, tempatkan di permukaan meja bertabur tepung. Gilas sampai adonan memanjang dengan panjang yang sama juga dengan panjang sosis yang anda juga akan pakai. Jadi ukur panjang adonan dengan sosis. Lebar adonan lebih kurang sekitaran 12 cm.
Tempatkan sosis agak tepi di satu bagian adonan, tekuk adonan sampingnya sampai menutupi sosis. Tekan-tekan sambungan adonan supaya rapi.

Potong-potong adonan diisi sosis namun jangan sampai adonan dibagian sambungan jadi putus. Lebar potongan sekitaran 1/2 s/d 1 cm. Bila anda menginginkan si caterpillar mempunyai jumlah kaki yang sedikit jadi potong adonan lebih tidak tipis sekitaran 1 - 1 1/2 cm.

Puntir potongan pertama hingga sosis menghadap keatas, puntir potongan selanjutnya lewat cara yang sama ke arah demikian sebaliknya. Kerjakan dengan berselang-seling sampai potongan adonan habis.

Rapatkan semasing potongan adonan hingga melekat keduanya. Tempatkan adonan yang sudah dibuat diatas permukaan loyang beralas kertas baking yang sudah disiapkan. Oleskan permukaannya dengan susu cair atau kocokan telur.

Semprotkan saus tomat atau saus sambal (untuk versus pedasnya) di permukaan adonan roti. Semprotkan juga mayonaise. Paling akhir taburi dengan abon sapi, tata abon sampai tampak seperti bulu-bulu menebar di permukaan roti. Taburi dengan wijen.

Panggang roti sepanjang 15 menit sampai permukaan roti coklat keemasan. Mengeluarkan dari oven serta pindahkan ke rack kawat agar sisi basic roti tidak lembab. Roti siap dinikmati Bila tidak habis waktu itu juga, masukan roti kedalam kantung plastik, ikat rapat untuk mempertahankan kelembabannya.

Cara Membuat Roti Sosis Caterpillar Tanpa Ulen Empuk

Berbisnis Frozen Food- Di Jaman Kekinian banyak orang berusaha menyediakan bahan makanan yang praktis di rumah. Dimana makanan tinggal di panaskan dan bisa langsung di sajikan.

Menyajikan makanan yang praktis dan tidak perlu repot memang sangat di butuhkan terutama di keluarga keluarga yang semuanya serba sibuk. Intinya frozen food sekarang sudah menjadi kebutuhan masyarakat di era modern dimana kepraktisan sangat diutamakan.

Banyak sekali jenis produk frozen food yang populer dikalangan masyarakat seperti aneka olahan ayam, aneka kue, aneka seafood, berbagai produk setengah jadi maupun produk siap saji lainnya.
Produk frozen food ini memiliki  daya tahan lebih lama, sehingga bisnis ini termasuk bisnis makanan yang tidak teresiko. Berbeda dengan bisnis makanan pada umumnya yaang tidak tahan lama dan mudah basi atau berjamur.

Bagaimana Kiat Berbisnis Frozen Food

1. Mengontrol Stok

  • Lakukan pencatatan stock bahan dan produck jual tiap hari, sehingga bisa di kontrol pengurangan dan penambahan stok bahan baku maupun produk frozen food.
  • Lakukan pencatatan stok bahan baku dan produk jual setiap hari, serta lakukan perhitungan stok yang ada.
  • Jika ada barang yang rusak atau harus di return, sebaiknya harus dicatat dalam kolom khusus dalama pencatatan stock.
  • Pastikan pengeluaran stok bahan sesuai dengan perhitungan jumlah produksi.

2. Mengontrol Proses Produksi

  • Membuat SOP ( standar Operation Procedure, yaitu aturan mengenai produksi dari tahap awal hingga akhir proses.
  • SOP tahab awal dimulai dari penyiangan dan penimbangan bahan baku.
  • SOP selanjutnya mengenai panduan proses pengolahannya, tahapan masuknya bahan baku serta lama waktu pengolahan.
  • Jika proses produksi dilakukan karyawan sebaiknya dipastikan mereka juga memahami SOP dan lakukan kontrol apakah mereka sudah melaksakan proses produksi sesuai SOP atau belum.

3. Mengontrol Catatan Keuangan.

  • Disiplin melakukan catatan keuangan usaha, seperti arus khas, stok dan laporan rugi laba.
  • Lakukan pencatatan keluar masuk keuangan setiap hari, simpan semua nota atau kuitansi pengeluaran.
  • Pastikan membuat laporan rugi laba setiap bulan agar mengetahui jumlah keuntungan atau kerugian setiap bulannya.
  • Pastikan kontrol arus kas, apakah saldo hasil perhitungan sesuai jumlah uang cash yang ada atau saldo yang ada di bank.

4. Mengontrol Hasil Produk

  • Buatlah catatan standar jumlah penggunaan bahan baku untuk produksi. Tujuannnya agar hasil produk rasanya konsisten.
  • Perlu memiliki standar penggunaan merk bahan baku agar kualitas produk tetap sama.
  • Pastikan standar pengolahan produk dari awal sampai akhir selalu sama dan menghasilkan produk yang terjaga bentuk dan ukurannya.
  • Selalu cek hasil akhir terutama bentuk dan rasa sebelum produk dikemas.
sumber : majalah Saji
sumber image : tabloidpeluangusaha.com

Tips Berbisnis Frozen Food


Bismillahirrahmanirrahim.
Resep Brownies Kukus Irit Telur Super Simple- Brownies atau Cake Coklat? Agak membingungkan memang, tapi menurut saya mungkin akan lebih tepat jika disebut cake coklat karena menggunakan bahan pengembang. Menurut yang pernah saya baca, kalau brownies asal muasalnya memang cake bantat karena dala pembuatannya tanpa menggunakan bahan pengembang.

Tema postingan kali ini adalah "dibuang sayang" , resep brownies kukus irit telur super simple ini sudah pernah diposting sebelumnya dengan judul
Resep Cake Coklat Kukus Lembut (Steam moist Chocolate Cake)

Entah kenapa, tiba -tiba kangen untuk membuat cake coklat ini lagi. Dengan bahan dan cara membuatnya yang super simple tanpa mixer , resep brownies ini bisa dijadikan alternatif untuk membuat cake dengan cepat dan tidak perlu ribet mengeluarkan mixer dari lemari penyimpanan. Akhir maret kemarin sempat juga membuat brownies untuk di bawa sebagai bekal liburan. Cuma saat ini belum sempat mendokumentasikan. Dan kebetulan minggu kemarin pulkam, jadi disempatin lagi untuk membuat brownies  karena reques si tante juga.

Proses membuat brownies atau cake coklat ini sebenarnya juga tidak butuh waktu lama, tapiiii...karena ada kepentingan untuk di videokan yang membuat memasaknya jadi lama banget sampai 3-4 jam.  So, untuk kalian yang penasaran dengan hasil rekamannya, bisa di buka di channel youtube di bawah ini. Jangan lupa SUBCRIBE ya..:D



Dengan bahan dan cara membuatnya yang simpel no mixer, menurut saya hasilnya 11-12 sama resep brownies kukus resep Ny. liem yang ala-ala amanda. Tekstur browniesnya juga lembut, apalagi dengan tambahan cappucino membuat cake coklat sederhana ini menjadi lebih istemewa dan kaya rasa. Barangkali masih ada yang penasaran dengan resep selengkanya, simak resep brownies kukus irit telur tanpa mixer berkut :

Resep Brownies Kukus Irit Telur Tanpa Mixer

Resep Brownies Kukus Irit Telur Tanpa Mixer

Bahan cake :
  • 110 gr Tepung terigu (protein sedang)
  • 180 gr Mentega/margarin
  • 150 gr gula pasir
  • 2 butir telur (kocok lepas)
  • 50 gr DCC
  • 200 ml susu cair
  • 50 gr coklat bubuk
  • 2 sdm maizena
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1/2 sdt baking soda
  • 1 - 2 sdm cappucino (sesuai selera)

Cara membuat Resep Brownies Kukus Irit Telur Tanpa Mixer:

  1. Dalam wadah kecil, campurkan susu, gula pasir, mentega/margarin dan dark cooking chocolate yang sudah dipotong kecil - kecil. Aduk dan masak hingga semuanya larut ( tidak perlu sampai mendidih), Angkat dan sisihkan.
  2. Dalam wadah lainnya yang lebih besar, Campur tepung terigu, maizena, coklat bubuk, cappucino, baking powder dan baking soda, kemudian ayak dan sisihkan.
  3. Tambahkan telur ke dalam campuran susu yang sudah agak dingin, aduk hingga tercampur rata.
  4. Masukkan campuran telur sedikit demi sedikit kedalam campuran tepung, sambil terus diaduk. mengaduknya pelan saja hingga semua bahan tercampur rata. Tekstur adonan akan agak encer.
  5. Panaskan kukusan. kemudian Siapkan loyang, alasi loyang (saya pakai loyang 20 x 20) dengan kertas baking dan olesi permukaannya dengan margarin.
  6. Masukkan adonan cake kedalam loyang, kukus hingga matang sekitar 45 menit dengan api sedang. Alasi tutup kukusan dengan serbet bersih, sehingga tidak ada air yang menetes ke cake.

Resep Brownies Kukus Irit Telur Tanpa Mixer