Resep Omelet Wortel Keju Spesial Untuk Sarapan Sehat
Menu sarapan yang sangat simple dan praktis biasanya terbuat dari telur. Telur yang kaya akan protein sangat cocok dikonsumsi untuk sarapan karena dapat memberikan energi dalam beraktivitas  sepanjang hari. Olahan telur yang paling mudah dibuat adalah telur dadar dan telur ceplok karena selain praktis juga sangat mudah di buat.

Jika anda punya waktu sedikit lebih lama, ada baiknya untuk mencoba menu olahan telur untuk sarapan yang lebih spesial. Contoh resep olahan telur spesial adalah resep omelet wortel keju spesial.
resep ini cocok banget untuk menu sarapan anak, agar mereka mau mengkonsumsi sayur. Selain wortel sebenarnya anda juga bisa menambahkan sayuran lainnya.

Variasi membuat omelet itu banyak sekali, tapi kali ini haniyakitchen.com mencoba menyajikan resep omelet dengan tambahan telur dan keju...coz i love cheese much..Anda ingin mencobanya juga, yuk..simak resep omelet wortel keju berikut :

 Resep Omelet Wortel Keju Spesial Untuk Sarapan Sehat Anak

Resep Omelet Wortel Keju Untuk Sarapan Sehat Anak

Bahan - Bahan :
  • 30 gr keju cheddar, parut
  • 1 buah wortel, parut
  • 1 sdm margarin
  • 1 batang daun bawang dan seledri
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • 1 buah sosis, cincang atau iris tipis
  • 2 butir telur
  • lada putih secukupnya
Cara membuat Omelet Wortel Keju Untuk Sarapan Sehat Anak :
  1. Campur semua bahan jadi satu, aduk hingga rata.
  2. Panaskan panci anti lengket, oles permukaan dengan margarin
  3. Tuang adonan telur 1 sendok sayur  atau secukupnya sesuaikan dengan pancinya
  4. Balik satu kali kalau adonan sudah set.
  5. Angkat dan sajikan.
Saran penyajian :
2 porsi
Baca juga :
Mudahnya membuat Telur Gulung Ala Korea


Resep Omelet Wortel Keju Spesial Untuk Sarapan Sehat Anak

Cireng

Entah kenapa tiba - tiba kangen sama cireng. Yes, aci di goreng ini jajanan yang tidak mudah dilupakan.Weekend dan hujan cocok banget makan cireng apalagi ditemani secangkir teh manis..nikmat mana yang kau dustakan...hehe..

Resep cireng yang aku pakai masih seperti resep cireng yang terakhir kuposting yaitu basenya resepnya pak imam dan Umi Fah yasin. Ada sedikit modif sih sebenarnya yaitu penambahan garam pada adonan kering. Kenapa aku tambahin garam, karena menurut pengalaman dari resep yang sebelumnya agak kurang berasa jika garam hanya ditambahkan di adonan biang.

Resep Cireng Renyah Crispy Empuk

Resep Cireng Renyah Crispy Empuk

Resep : Pak Wisnu dan umi fah yasmin
modif : www.haniyakitchen.com

Bahan Kering :

150 gr  (campuran tepung sagu/tapioka + 2sdm tepung terigu +1/4 sdt garam)

Bahan Biang :
  • 50 gr  tepung sagu/tapioka
  • 150 ml air biasa / suhu ruang
  • 2 siung bawang putih dihaluskan
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 3/4 sdt garam
  • 1 batang daun bawang, iris halus
  • Tepung tapioka untuk taburan, secukupnya, tidak pakai taburan, sebab masih sisa

Cara membuat Resep cireng Crispy Renyah Empuk dan tidak alot:

  1. Dalam wadah ukuran sedang, masukkan bahan kering ( campuran tepung tapioka/sagu dan tepung terigu) yang 150 gr.
  2. Siapkan panci teflon, campur tepung sagu/tapioka 50 gr, bawang putih halus, garam, kaldu bubuk, merica bubuk, daun bawang & air. aduk rata.
  3. Masak bahan biang sampai jadi lem dan berwarna transparant.
  4. Segera tuang biang panas ke dalam wadah berisi tepung kering. Uleni pelan-pelan menggunakan tangan (hati-hati karena panas), gunakan ujung jari saja untuk nguleni. Setelah menghangat, uleni menggunakan telapak tangan dengan cara meremas remas secara perlahan sampai adonan tercampur rata dan jadi menggumpal. Adonan biang agak ditarik tarik, balurin ke bahan kering supaya bisa menyatu dengan biangnya (tidak perlu diuleni sampai kalis)
  5. Ambil sejumput adonan dan bentuk menjadi pipih. Lakukan sampai adonan habis.
  6. Panaskan minyak goreng agak banyak, masukkan cireng dalam minyak dan goreng menggunakan api agak sedang sampai matang kokoh dan sedikit kering. Gorengnya jangan terlalu lama karena akan keras, cukup sampai ketika ditekan tidak kempis lagi itu berarti sudah matang.Angkat dan tiriskan. 
  7. Sajikan hangat dengan bumbu rujak cireng.

 Bahan Bumbu Rujak (haluskan):

  • 75 gram gula merah batok
  • 3 biji cabe rawit merah (sesuai selera)
  • 1 siung bawang putih
  • 1/2 sdt terasi bakar (optional)
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdm air asam jawa
  • Air hangat secukupnya

Cara membuat bumbu rujak cireng:

  1. Uleg semua bahan bumbu rujak sampai halus.
  2. Tambahkan air asam dan air hangat secukupnya, aduk sampai rata. 

Barangkali ada yang bertanya kenapa saya menambahkan tepung terigu? penambahan tepung terigu disini agar kalau cireng sudah dingin tidak akan terlalu alot. Beda jika cireng hanya berbahan tapioka yang mungkin empuk saat hangat dan alot ketika sudah dingin.

Baca juga :
Resep Cireng Crispy Renyah Empuk dan Tidak Alot

Resep Cireng Renyah Crispy Empuk


Musim hujan identik dengan lapar dan hasrat ingin ngemil. Itulah mengapa banyak orang pada  pengin ngemil di hari hujan. Daripada beli jajanan di luar, mendhing buat jajanan sendiri di rumah. Jajanan atau cemilan yang dibuat sendiri tentunya lebih higienis dan lebih sehat untuk di konsumsi keluarga.

Jenis jajanan yang mudah dibuat, salah satunya adalah dari bahan pisang. Jika anda punya stok pisang kepok di rumah, cobalah untuk membuat pisang karamel. Untuk karamelnya bisa menggunakan gula merah atau gula putih. Disini, saya menggunakan gula putih sebagai bahan karamelnya.

Bahan utama yang disiapkan untuk membuat pisang karamel hanya 2 macam yaitu pisang dan gula pasir. Sedang bahan lainnya hanya margarin dan air hangat. Sangat simple dan sederhana bukan?
Berikut adalah resep Pisang Karamel yang telah di coba di dapur Haniyakitchen :

cara membuat Pisang Karamel

Cara Membuat pisang karamel

bahan :
5 buah pisang
1 sdm margarin

bahan karamel :
2 sdm gula pasir
1/2 gelas air hangat.

Cara membuat pisang karamel :
  1. Kupas pisang dan belah menjadi 2 bagian
  2. Panaskan pan pemanggang, oleh dengan margarin
  3. Panggang pisang hingga matang kecoklatan
  4. Buat saus karamelnya ; panaskan gula pasir di pan teflon, gunakan api kecil dan masak hingga gula mencair. Setelah mencair, masukkan setengah gelas air hangat sambil panci di goyang goyangkan agar dapat bercampur dan gula tidak menggumpal.
  5. Penyajian : susun pisang di piring saji, siramkan dengan saus karamel diatasnya.
Baca juga :

Cara Membuat Pisang Karamel

Resep Mochi Lembut Kenyal - Siapa sih yang tidak tahu Mochi, kue yang bentuknya kecil munggil dengan tekstur yang lembut dan kenyal. Mochi sendiri sebenarnya merupakan jajanan atau kue tradisional Jepang yang sering dibuat serta di makan ketika perayaan tahun baru Jepang (mochitsuki). Meski begitu bukan berarti mochi hanya ada saat perayaan tersebut, di toko - toko kue mochi tetap dijual dan bisa diperoleh sepanjang tahun.

Di Indonesia, Kue Mochi juga sudah lumayan populer. Kota yang mungkin terkenal dengan mochinya salah satunya adalah Sukabumi. Sebenarnya bukan hanya Sukabumi, mochi buatan semarang, Jogja dan Cianjur pun sudah mulai dikenal.

Bahan utama mochi adalah tepung ketan, that's why teksturnya kenyal - kenyal. Sedangkan untuk isinannya umumnya menggunakan adonan kacang dengan rasa yang  manis dan renyah. Dan untuk mempercantik tampilannya biasanya menggunakan taburan tepung sagu atau tepung maizena yang sudah disangrai.

Pada perkembangannya mochi, tidak hanya menggunakan isian kacang, ada juga yang menggunakan isian coklat, keju dan eskrim. dan untuk taburannya juga ada yng memvariasikannya dengan taburan wijen yang banyak ditemui pada mochi produksi Kota Semarang. Tapi saya juga pernah mendapatkan mochi dengan taburan kelapa kering, ketika traveling di Vietnam..Yup banyak variasinya

Saya sendiri termasuk penggemar mochi dari sejak pertama kami mengenal jajanan ini. Teksturnya yang lembut saat baru pertama kali masuk ke mulut dan terasa kenyal saat di kunyah membuat jajanan ini terasa begitu unik. Itulah mengapa saya tidak pernah melewatkan untuk membeli oleh - oleh mochi ketika bepergian terutama di kota yang terkenal dengan mochinya.

Sebenarnya membuat mochi tidaklah sulit alias mudah. Bahan - bahan untuk membuat mochi juga sangat mudah di peroleh dan tentunya bahannya juga simple. Bahan - bahan yang digunakan adalah tepung ketan, tepung maizena/sagu, tepung terigu sedikit, gula, garam dan juga kacang tanah sebagai isian.
Resep Mochi Lembut Kenyal

Mochi biasanya dibuat tanpa menggunakan pengawet, itulah kenapa mochi tidak dapat bertahan lama, biasanya sih cuma 2-3 hari. dan jika kelamaan pun biasanya mengeras. Tapi mochi yang pernah saya beli di Vietnam (sepertinya produk Jepang)  kok bisa tahan lebih dari seminggu dan tetap lembut, ini yang membuat saya heran karena kalau bikin sendiri 2-3 hari saja sudah alot dan tidak lembut lagi. Mungkin ada bahan tambahan maupun bahan pengawetnya...mungkin ya..nggak tahu juga sih..

Bagi yang ingin mencoba membuat mochi sendiri dirumah, berikut adalah resep mochi yang pernah saya coba. Dalam resep ini saya melakukan pengadukan hingga tiga kali..menurut yang pernah saya baca, pengadukan inilah yang membuat mochi menjadi lebih lembut.
Dalam resep ini saya juga menambahkan sedikit tepung terigu agar teksturnya kenyal tapi tidak alot.

Resep Mochi Lembut Kenyal

Resep Membuat Mochi Lembut Kenyal

Bahan kulit mochi:
  • 200 gr tepung ketan
  • 10 gr tepung terigu
  • 50 gr gula pasir
  • 1/4 sdt garam
  • 300 ml santan
Bahan isi mochi :
  • 100 gr kacang tanah (disangrai)
  • 3 sdm gula halus/pasir
  • 3 sdm air panas
Taburan :
Tepung maizena (sangrai)

Cara Membuat Mochi Lembut Kenyal :
  1. Siapkan panci pengukus (steamer pan), masak hingga mendidih
  2. Campur semua bahan kulit mochi, untuk santannya dituang sedikit demi sedikit.
  3. Tuang dalam loyang tahan panas dan kukus selama 20 menit (hingga adonan mochi transparan).
  4. Sambil menunggu mochi matang, sangri tepung maizena/sagu
  5. Buat isian : sangrai kacang tanah, haluskan dengan cooper (penghalus bumbu)/atau bisa juga di tumbuk. Kalau sudah halus tambahkan gula halus/pasir dan tambahkan 3 sdm air panas. aduk hingga rata.
  6. Kalau sudah 20 menit, angkat loyang. Aduk aduk adonan dengan menggunakan garpu dan kukus lagi selama 15 menit.
  7. Setelah 15 menit, angkat lagi dan aduk - aduk menggunakan garpu dan kukus lagi selama  15 menit.
  8. Setelah 15 menit, angkat dan aduk - aduk menggunakan garpu. kemudian ambil adonan dan taruh di talent atau meja yang sudah ditaburi maizena yang sudah disangrai sebelumnya. 
  9. Gilas adonan dengan menggunakan roller penggiling hingga tipis sekitar 0,5  cm.
  10. Potong potong dan isi dengan bahan isian dan bulatkan.
  11. Taburi atau gulingkan di maizena yang sudah di sangrai.
  12. Mochi lembut kenyal siap dinikmati.
  13. Kalau mau disimpan bisa disimpan di toples kedap udara.
baca juga resep :

Jika anda penggemar mochi dan ingin membuatnya sendiri dirumah, cobalah resep diatas. Kalau menurut saya sih lumayan recomended untuk dicoba. Silahkan dicoba....

Resep Mochi Lembut Kenyal

Bismillahirrahmanirrahim.
Cara Membuat Keripik  Kulit Lumpia Renyah - Kulit lumpia selain digunakan untuk membuat lumpia bisa juga dimanfaatkan menjadi keripik. Keripik dari kulit lumpia ini merupakan salah satu cemilan yang sangat mudah dibuat. Bisa dibuat sendiri ataupun menggunakan kulit lumpia yang sudah jadi, biasanya banyak di jual di pasar. Keripik kulit lumpia ini bisa juga dijadikan peluang bisnis.

Membuat keripik kulit lumpia ini merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi keluarga Haniyakitchen, seperti acara bemain bersama di waktu santai. Dibantu oleh mbak Sol dan anak-anak menjadikan kerjaan ini jadi cepat selesai. Mbak Sol bagian mengerjakan mengoles terigu dan menggulung, dan urusan menggunting menjadi bagian anak-anak. Trus...saya ngapain dunk? hehe...saya mandornya. 

Berhubung acara membuat keripik kulit lumpia ini berbarengan dengan praktek resep brudel tape, jadinya saya fokus membuat brudel tape. Resep brudel tape akan saya posting berikutnya..ditunggu ya..

Resep Cara Membuat Keripik  Kulit Lumpia Renyah
Bagaimana cara membuat keripik kulit lumpia renyah? Cara membuat keripik kulit lumpia ini sangat mudah, simple, dan tidak ribet.Yukk..mari simak cara membuat keripik kulit lumpia.

Bahan utamanya tentu saja kulit lumpia, lebih praktis membeli kulit lumpia yang sudah jadi. Di pasaran biasa di jual dengan harga sekitar Rp.1500 per 10 kulit lumpia...sangat murah bukan?? lebih praktis dan lebih hemat waktu.

Kulit lumpia yang di jual dipasaran, biasanya rekat satu sama lain..jadi harus dipisahkan dulu satu per satu. Hati-hati, karena biasanya kulitnya tipis sehingga mudah robek. 

 Resep Cara Membuat Keripik  Kulit Lumpia Renyah
Selanjutnya siapkan perekatnya yang terbuat dari tepung terigu yang sudah diencerkan. Tingkat keencerannya dikira-kira saja, kalau bisa jangan terlalu encer. 

Diresep menggunakan 3 sendok tepung terigu, tapi sebenarnya tergantung pada banyaknya lumpia yang digunakan.. intinya sih fleksibel ya...

 Resep Cara Membuat Keripik  Kulit Lumpia Renyah
Oles tipis perekatnya di kulit bagian pinggir. untuk lebih jelasnya bisa dilihat di gambar bagian atas ini. mengolesnya bisa menggunakan bantuan punggung sendok. atau bisa juga menggunakan spatula.

 Resep Cara Membuat Keripik  Kulit Lumpia Renyah
 Resep Cara Membuat Keripik  Kulit Lumpia Renyah
Setelah dioles perekat, kemudian digulung dengan bantuan sumpit sampai semuanya tergulung. Lalu tarik sumpitnya. Lakukan sampai semua kulit lumpia habis. kemudian diamkan selama 10 menit.

 Resep Cara Membuat Keripik  Kulit Lumpia Renyah
Langkah selanjutnya adalah memotong atau menggunting sesuai selera. Kalau saya lebih suka menggunting dengan bentuk agak miring. Setelah semuanya terpotong simpan di kulkas selama kurang lebih 15 menit, agar rekatannya kokoh dan tidak mudah lepas saat di goreng.

 Resep Cara Membuat Keripik  Kulit Lumpia Renyah
Goreng kulit lumpia dengan minyak yang banyak dan api kecil agar tidak mudah gosong. Setelah berwarna kuning keemasan, angkat dan tiriskan. Kemudian taruh di kertas minyak untuk mengurangi kadar minyaknya. Untuk resep selengkapnya bisa dibaca pada resep berikut :

Resep Cara Membuat Keripik  Kulit Lumpia Renyah

Resep Cara Membuat Keripik  Kulit Lumpia Renyah


Bahan:
  • Kulit lumpia secukupnya
  • 3 sendok makan tepung kanji/terigu
  • Setengah gelas air putih
  • Bumbu tabur keju manis(selera)
  • Cabe giling(selera kalau mau rasa pedas)
  • Minyak goreng untuk menggoreng.

Cara membuat keripik kulit lumpia renyah :

  1. Siapkan bahan perekat, dengan melarutkan tepung terigu dan air secukupnya. Dikira-kira saja tingkat keencerannya.
  2. Olesi tipis -tipis bagian pinggir kulit lumpia dengan bahan perekat.
  3. Gulung kulit lumpia dengan menggunakan bantuan sumpit. Setelah tergulung tarik sumpitnya. (tutorial lihat gambar). Lakukan sampai semua kulit lumpia habis.
  4. Diamkan sekitar 10 menit, kemudian baru dipotong- potong dalam bentuk miring atau sesuai selera. Simpan di kulkas selama kurang lebih 15 menit (hal ini dimaksudkan agar kulit lumpia tidak mudah terbuka saat digoreng.
  5. Goreng kulit lumpia dengan minyak yang cukup banyak dan api sedang sampai berwarna coklat keemasan. Angkat dan tiriskan lalu taruh di atas tisu dapur untuk mengurangi minyaknya.
  6. Taburi dengan bumbu tabur. (disini saya menggunakan bumbu keju manis). Agar bumbu merata,bisa dengan cara menaruh bumbu dan kulit lumpia di plastik kemudian dikocok.
Keripik lumpia ini bisa dijadikan ide bisnis yang murah meriah..karena selain enak, cara membuatnya serta bahannya pun mudah didapat. Andapun bisa mengkreasikan dengan berbagai bumbu tabur sesuai selera. 

Saya banyak membaca di Fb yang bisnis menjual keripik kulit lumpia. Biasanya kulit lumpia ini dikemas dalam plastik kecil dan dijual dengan dititipkan di warung-warung..so, yang lagi bingung mau jualan apa..bagaimana kalau mencoba membuat keripik kulit lumpia...good luck..

Resep Cara Membuat Keripik Kulit Lumpia Renyah


Bismillahirahmanirrahim.
Resep Klepon Ubi Jalar Enak Lembut-Klepon ubi jalar merupakan jajanan pasar yang pada umumnya terbuat dari tepung ketan. Bentuk klepon ini berupa bulatan- bulatan kecil yang diisi dengan gula merah dan dibalut dengan parutan kelapa. Jadi bisa dibayangkan, bagaimana rasanya? Pastilah manis gurih. Manis yag berasal dari gula merah dan gurih yang berasal dari parutan kelapa.

Klepon yang biasa kita temui berwarna hijau. Untuk pewarnanya bisa menggunakan bahan pewarna makanan yang banyak dijual di toko - toko bahan roti atau bisa juga dengan menggunakan pewarna alami dari daun suji. Tapi karena bahan klepon yang akan saya posting ini adalah ubi jalar kuning, jadi tidak perlu lagi bahan pewarna tambahan.

Sebenarnya tidak ada rencana untuk membuat klepon ubi jalar ini. Kebetulan ada stok ubi jalar kuning di dapur yang nunggu giliran untuk diekskusi. Bingung deh mau di bikin apa..mau direbus begitu aja sudah bosen. Akhirnya gugling - gugling dan ketemulah sama resep klepon ubi jalar ini.Ternyata oh ternyata..klepon ubi jalar itu sangat enak.
Jadi,kalau Bunda - bunda cantik kebetulan punya ubi dirumah, cobain deh resep ubi jalar berikut:

Resep Klepon Ubi Jalar Enak Lembut

Resep Klepon Ubi Jalar Enak Lembut

Bahan :
  • 250 gr Ubi jalar (sudah direbus dan dihaluskan)
  • 50 gr tepung tapioka
  • 40gr gula merah (serut)
  • Garam secukupnya
  • 100 gr kelapa parut
Cara membuat klepon ubi jalar enak lembut:
  1. Rebus ubi jalar, lalu haluskan.
  2. Tambahkan tepung tapioka, aduk hingga rata (tepung tapioka bisa ditambah atau dikurangi menyesuaikan kadar air ubinya).
  3. Ambil sedikit adonan, lalu isi dengan gula merah dan bulatkan. 
  4. Rebus dalam air yang mendidih hingga matang dan mengambang di permukaan air. Angkat dan tiriskan.
  5. Kukus parutan kelapa yang sudah ditambahi sedikit garam. Angkat dan sisihkan.
  6. Gulingkan klepon dalam parutan kelapa.
  7. Klepon ubi Siap disajikan.

Resep Klepon Ubi Jalar Enak Lembut


Bismillahirrahmanirrahim.
Resep Bistik Jawa-Bistik Jawa merupakan perpaduan masakan ala barat dan ala jawa. Bistik umumnya menggunakan daging sapi tapi ada pula yang menggunakan daging ayam. Untuk Resep Bistik Jawa ini saya menggunakan daging sapi. Kebetulan masih momen lebaran, jadi temanya masih serba daging.

Bistik jawa ini, mengingatkan saya pada menu beef stick di salah satu rumah makan dikudus. Pada resep ini sengaja menggunakan lada hitam..luv black pepper much..Dalam penyajiannya bistik jawa ini dilengkapi dengan kentang, buncis dan wortel, tapi berhubung kehabisan wortel, jadinya untuk pelegkap bistik jawa ini, saya hanya menggunakan buncis. Berikut adalah resep bistik jawa selengkapnya :

Resep Bistik Jawa 

Bahan : 
  • 350 gr daging has dalam, potong melebar 1 tebal 1 cm
  • 1/2 buah bawang bombay, potong-potong
  • 3 siung bawang putih, cincang
  • 2 sdm saus tomat
  • 3 sdm kecap manis
  • 1 sdt pala bubuk
  • 1/4 sdt lada hitam bubuk
  • 300 ml air
  • garam secukupnya
  • 2 sdm margarin untuk menumis 
pelengkap :
  • buncis, potong-potong dan rebus
  • wortel, potong-potong dan rebus (saya tidak pake)

Cara membuat bistik jawa :
  1. Daging yang sudah dipotong, pukul-pukul agar empuk, lalu rebus daging hingga empuk
  2. Panaskan margarin, lalu tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum.
  3. Tambahkan daging dan semua bumbu, aduk hingga tercampur rata.
  4. Tambahkan air, dan masak hingga bumbu meresap dan air menyusut, angkat
  5. Bistik jawa siap disajikan dengan wortel dan buncis yang sudah direbus.
Mudah sekali untuk membuat bistik jawa. Apabila tidak suka daging sapi (karena harganya juga mahal), anda bisa menggantikannya dengan daging ayam  yang lebih ekonomis. Rasa bistik jawa ini dominan manis gurih karena menggunakan kecap dengan aroma khas black pepper. Enak dan layak dicoba.
Selamat berkarya di dapur kesayangan..happy cooking



Resep Bistik Jawa

Bismillahirrahmanirrahim.
Resep Muffin Labu Kuning Lembut Tidak Seret- Saya paling suka membuat kue dengan menambahkan buah - buahan. Karena penambahan buah - buahan akan memperkaya citarasa dari kue tersebut. Labu merupakan salah satu buah favorit yang biasa saya gunakan untuk membuat berbagai macam kue atau jajanan, entah itu sebagai bahan utama mapun bahan tambahan.

Sebenarnya tanpa dibikin apapun dan cuma dikukus saja, labu sudh cukup enak untuk di nikmati. Hanya saja terkadang kita ingin makan labu dengan cara yang tidak biasa, salah satunya dengan dibuat kue atau cake.

Untuk resep kali ini, saya ingin membuat muffin dengan bahan tambahan labu. Kenapa muffn, karena cara bikinnya yang super simple dan tidak butuh banyak peralatan. Dan pastinya untuk kalian yang males cuci- cuci piring dan peralatan setelah memasak, resep muffin labu kuning ini cocok untuk dicoba.

Baca Juga :
Resep Muffin Tape Keju Lezat
 
Trick sukses untuk membuat muffin adalah jangan terlalu lama mengaduknya karena hal tersebut akan membuat muffin menjadi bantat. Karena nggak pake mixer dan menggunakan bahan tambahan didalamnya, jangan mengaharap tekstur muffin ini akan seringandan selebut sponge cake. Tapi jangan kuatir, tekstur  muffin labu kuning ini empuk lembut dan pastinya tidak seret ditenggorokan serta tidak beremah..

Untuk proses memasaknya selain di oven, sebenarnya muffin labu kuning ini juga bisa di kukus. tapi hasilnya bagaimana belum dicoba untuk muffin yang di kukus. Atau barangkali ada yang mau mencobanya, bisa di share di sini ya...


Resep Muffin Labu Kuning Lembut Tidak Seret


Oh ya, kalian pasti bingung kenapa pakai dua jenis tepung terigu yaitu terigu protein tinggi dan rendah. Saya juga tidak tahu kenapa, mungkin ini dimaksudkan untuk membuat tekstur cake tidak terlalu banyak gluten sehingga membuat tekstur kue menjadi lebih ringan, overall saya ngikut resep aslinya saja dulu..karena penasaran pada hasilnya.
Untuk toppingnya bebas ya..boleh pakai chocochips atau almond atau nggak pakai topping juga tidak masalah.

Resep Muffin Labu kuning lembut dan tidak seret ini merupakan resep dari cookpad by yNy Kitchen.
Penasaran dengan resepnya, bisa dibaca resep muffin labu kuning di bawah ini :

Resep Muffin Labu Kuning Lembut Tidak Seret

Resep Muffin Labu Kuning Lembut Tidak Seret

Bahan-bahan
  • 200 gr labu kuning kukus tanpa kulit dan tanpa biji (hancurkan)
  • 2 bh telur
  • 100 gr tepung terigu protein rendah
  • 50 gr tepung terigu protein tinggi
  • 5 gr baking powder
  • 100 gr gula (ku 90gr)
  • 40 gr butter/margarine
  • 40 gr minyak
  • sedikit vanilla bubuk/oil
  • secukupnya almond untuk topping

Cara membuat muffin labu kuning lembut tidak seret :

  1. Aduk margarine/butter pake whisk sampai creamy, lalu tuangkan minyak dan tambahkan gula dan vanilla oil
  2. Masukkan telur satu persatu aduk rata pake whisker
  3. Tambahkan masukkan labu kuning lalu aduk rata.
  4. Tambahkan tepung terigu +baking powder dengan diayak 
  5. Aduk pake spatula dengan teknik aduk balik, hingga tercampur rata tapi jangan over mix
  6. Tuangkan ke muffin cup dan  taburi almond sebagai toppingnya 
  7. Panggang di oven dengan suhu 180C sekitar 20 menit.
  8. Tes tusuk dengan tusuk gigi atau lidi, jika masih ada remah kue yang menempel itu tandanya belum matang sempurna, bisa dilanjutkan dengan menambah waktu panggangnya.
  9. Muffin labu kuning siap dihidangkan.
So, bagi kalian penggemar mufin dan buah buahan, dicoba deh resep muffin labu kuning ini. Enak lembut dan tidak seret ditenggorokan.

Resep Muffin Labu Kuning Lembut Tidak Seret