Bismillahirrahmanirrahim.
Resep Bola Bola Ubi Kopong Mudah Enak-Ubi jalar bisa dijadikan alternatif untuk pengganti makanan karbohidrat seperti nasi yang biasa kita konsumsi sehari-hari. Ubi jalar selain mengandung karbohidrat juga memiliki kandungan vitamin beta karoten serat, olin dan kalium. Ubi jalar sendiri ada beberapa macam antara lain ubi jalar ungu, ubi merah, ubi kuning dan ubi putih.Untuk resep ini Haniyakitchen menggunakan ubi madu cilembu.

Ngebet pengen ubi madu cilembu sebenarnya sudah lama sekali. Berkali - kali niat beli tapi tidak pernah jadi. Hingga suatu saat pas ada acara ke Semarang, ada yang jual ubi madu cilembu panggang di daerah Krapyak Demak. Hanya saja waktu itu tidak sempat mampir. Beberapa hari kemudian ada tugas lagi ke Semarang, so niat banget pas pulangnya mampir untuk membeli ubi cilembu. Harga ubi cilembu panggang Rp 18.000,- sedang untuk ubi cilembu mentah Rp.13.000,-.. lumayan mahal juga ternyata.

Resep Bola Bola Ubi Kopong Mudah Enak

Ubi jalar biasa dikonsumsi dengan cara direbus atau di goreng. Selain itu ubi jalar juga banyak diolah menjadi berbagai jenis makanan olahan lainnya seperti keripik ubi, es krim ubi, roti ubi dan banyak lagi. Haniyakitchen sendiri juga sudah beberapa kali memposting resep berbahan ubi ini. Silahkan di cek pada artikel berikut ya..

Resep Ubi jalar (Sweet Potato Bun) yang Super Empuk dan Selembut Kapas
Resep Bola Bola Ubi Ungu Isi Keju


Resep Bola Bola Ubi Kopong Mudah Enak

Ceritanya nih pengin ngikut jajanan dari ubi jalar yang baru kekinian  yaitu bola - bola ubi kopong.
Teksturnya yang renyah, manis dan kenyal pasti membuat anda ketagihan untuk mencoba kudapan ini. Kalau saya tidak terlalu suka yang bener- benar kopong, lebih suka yang masih ada sedikit dagingnya (ngeless..haha..padahal niatnya juga yang bener- bener kopong dan tipis dibagian kulitnya). Resep ini bersumber dari cookpad yang di posting bunda_Ewi dan ternyata resepnya punyanya Yachikuka.

Resep Bola Bola Ubi Kopong Mudah Enak

Kalau melihat bahannya sebenarnya agak kurang praktis, yaitu ada tepung tapioka tapi ada juga tepung maizena. Tapi ya sudahlah..ngikut resep saja. Tepung tapioka membuat tekstur bola ubi menjadi kenyal, kalau maizena membuat teksturnya renyah tapi tetap empuk. Sehingga perpaduan ke dua tepung ini memang diperlukan.
Dibantuin asisten kecilku kami berkarya membuat bola - bola ubi kopong. Lumayan sambil ngajari krucil - krucil ini belajar memasak.. barangkali next bisa nerusin blognya bunda dan menjadi  food blogger profesional..aamiin.

Resep Bola Bola Ubi Kopong Mudah Enak

Resep Bola Bola Ubi Kopong 

Bahan :
  • 150 gr ubi jalar
  • 15 gr tepung maizena
  • 35 gr tepung tapioka
  • 30 gr gula halus
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1/4 sdt garam
  • minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Cara membuat Bola Bola Ubi Kopong :

  1. Kukus ubi jalar hingga matang, kemudian haluskan.
  2. Campur semua bahan, hingga semuanya tercampur rata.
  3. Uleni  adonan ubi hingga bisa dipulung  dan kulit luarnya tidak retak, apabila dipulung atau dibulatkan masih retak, adonan bisa ditambahkan dengan sedikit air hangat.
  4. Ambil sedikit adonan dan bulatkan ditangan hingga berbentuk bola.
  5. Panaskan minyak goreng, goreng bola bola ubi dengan api sedang cenderung kecil.
  6. Bolak balikan bola bola  ubi jalar yang sedang digoreng tersebut,  kalau sudah agak berubah warna  ditekan-tekan agar tengahnya menjadi kopong. Dibalik ditekan, dibalik lagi ditekan lagi. Intinya agar kopong harus ditekan tekan dari segala sisi.
  7. Angkat dan tiriskan.

Resep Bola Bola Ubi Kopong Mudah Enak


Bismillahirrahmanirrahim
Menghias Aneka Jajan  Pasar Dari Bahan Singkong di Tampah - Lomba menghias atau menata aneka jajan pasar dari bahan singkong ini sebenarnya merupakan salah satu rangkaian acara dalam rangka memperingati HUT Dharma Wanita Kabupaten Kudus. Apakah saya anggota Dharma Wanita..hmm tentu saja bukan, kebetulan karena ibu - ibu dharma wanita di kantor sedikit, jadinya pegawai wanita juga ditambahkan untuk mengikuti acara dharma wanita.

Sungguh tidak saya duga sebelumnya saya di tunjuk untuk menjadi salah satu yang mewakili kantor untuk mengikuti lomba tersebut. Ini merupakan pengalaman pertama saya untuk mengikuti acara seperti itu. Ohh..sungguh sebenarnya berat buat saya pribadi, mengingat saya sungguh tidak punya waktu untuk memikirkan hal - hal terkait lomba.Sebagai seorang single parent dengan dua  anak kecil, pikiran saya sudah too much..rasanya tidak sanggup lagi jika harus ditambahi lagi untuk memikirkan hal lainnya. Apalagi acara lomba waktunya juga tidak tepat, Diakhir bulan dimana kerjaan kantor lagi banyak-banyaknya. Sumpehh...stress berat ditambah lagi jadwalnya juga berbarengan dengan anak- anak tes PAS.... sudahlah nothing to lose saja. Untungnya saya memiliki passion pada berbagai makanan, hal inilah yang sedikit menghibur saya untuk tetap mengikuti lomba menghias aneka jajan pasar dari bahan singkong tersebut dalam segala keterbatasan.

Proses untuk mengikuti lomaba menghias aneka jajan dari bahan singkong ini lumayan panjang. Kebetulan bukan saya sendiri yang ditunjuk, tepatnya saya mendampingi bu Harto (istri teman saya sekantor). Setelah waktunya tinggal beberapa minggu, saya baru menyempatkan koordinasi - koordinasi dulu dengan beliau. Memang agak mepet persiapannya, karena saya super sibuk lately.
Selanjutnya browsing - browsing gambar di google, menentukan tempat dan apa saja jajan yang dibutuhkan dan berapa kebutuhannya. Untuk jajannya kami sepakati memesan pada pembuat jajan, mengingat keterbatasan tenaga dan waktu untuk membuatnya sendiri.

Untuk lomba  menghias aneka jajan ini kami memutuskan untuk menghias jajan ala tumpeng. Biasa disebut kue tampah atau kue nampan. Tampah merupakan tempat yang terbuat dari anyaman bambu yang umumnya berbentuk lingkaran. Untuk tema lomba kami memilih tema Tumpeng Ceria. Kalau dicek lagi memang memang konsep tema yang kami sajikan tidak jelas hanya sekedar tumpeng dari aneka jajan pasar.

Untuk lebih memudahkan saat lomba, kami bagi tugas. Bu harto kebagian untuk menyiapkan hiasan jajannya. Sementara saya kebagian tugas untuk menghias tampah. Beberapa minggu sebelumnya saya sudah latihan untuk menghias tampah dari daun pisang. Bagaimana caranya? baca artikel berikut :

Cara Melipat Daun  Pisang Untuk Hiasan Tampah 

Ada sedikit kejadian drama memang seminggu mendekati hari H. Pembuat jajan yang semula sudah sepakat untuk dipesani jajan membatalkan pesanan kami, Akhirnya kami hunting pembuat jajan lainnya dan alhamdulillah akhirnya dapat juga yang sanggup memenuhi pesanan kami.

Menghias Aneka Jajan Pasar Dari Bahan Singkong di Tampah

Tibalah hari H yaitu tanggal 13 Desember 2017 lomba Dharma wanita yang diselenggarakan di Dinas Pertanian dan Pangan. Satu kata...superrrr rempong. Saya Bangun pagi jam 4, habis solat subuh langsung menyiapkan hiasan tampah dengan di bantu mbak Sol, sebenarnya ingin saya siapkan pas malam menjelang tidur, hanya saja saya kuatir kalau daunnya tidak segar lagi pada pagi harinya.

Pekerjaan menghias tampah ini selesai sekitar jam 5 sudah selesai, setelah membangunkan anak-anak dan menyiapkan keperluan anak- anak. Saya mengantarkan mereka ke sekolah, Trus saya balik kekantor terlebih dahulu untuk absen dan mengeprint rincian bahan dan mengambil  taplak untuk lomba. Setengah berlari- lari saya buru- buru pulang untuk berganti seragam Dharma wanita hasil meminjam dari salah satu ibu dikantor. Berdandan ala kadarnya berangkatlah saya menuju ke tempat lomba.
Sampai disana...ouww...ternyata tidak ketemu satupun orang yang kukenal.. ya sudahlah celingak celinguk sendiri sambil menunggu bu Harto datang..beuhhhh..benar - benar pagi yang superrr....

Menghias Aneka Jajan Pasar Dari Bahan Singkong di Tampah

Untuk acara lombanya di beri waktu sekitar 1 jam, jadi dalam waktu 1 jam kami harus sudah menyelesaikan menghias aneka jajan pasar dari bahan singkong. Sepertinya ada banyak  penafsiran antara singkong atau ketela. Kalau penafsiran saya bahannya dari bahan singkong, tapi kalau melihat hasil karya dari peserta lainnya ternyata banyak juga yang membawa kreasi dari bahan ubi..entah singkong atau ketela...ketela singkong..atau ketela rambat..haha...tidak jelas..hanya juri yang tahu.

Menghias Aneka Jajan Pasar Dari Bahan Singkong di Tampah

Melihat kesekeliling  hasil karya peserta lainnya memang bagus - bagus. Ada yang berkreasi dengan es krim ubi, ala tumpeng , ada yang berkreasi dengan menciptakan menu jajan baru dari bahan ketela atau ubi, ada pizza ubi, ada juga yang menata jajan dengan konsep yang unik lainya. Hasil karya peserta lomba bisa dilihat pada postingan gambar - gambar di artikel ini dan gambar di bawah ini lah juaranya dengan konsep Pesona Agrowisata layaklah jadi juara. kalau  hasil karya saya dan bu Harto yang mana ya..haha..coba tebak....tentu gambar yang paling atas.

Menghias Aneka Jajan Pasar Dari Bahan Singkong di Tampah

Hal - hal yang harus disiapkan untuk menghias aneka jajan pasar dengan Tampah atau nampan yaitu :

  1. Siapkan tampah atau nampan nya terlebih dahulu, sehingga bisa memperkirakan banyaknya jajan dan banyak nya daun yang digunkan untuk hiasan tampahnya.
  2. Tentukan konsep atau tema, contoh tema pemandangan alam, gambar wajah, atau sekedar tumpeng biasa.
  3. Tentukan kebutuhan jajannya, pilih jajan apa saja yang akan di tata diatas nampan. Untuk jajannya bisa dibikin sendiri atau dipesan kepembuat jajan.
  4. Siapkan daun, untuk hiasan tampah. Daun yang sudah dibeli di siram dengan air di lap kemudian simpan di kulkas agar awet segar. Untuk hiasan lipatan daun, bisa di cicil dibuat beberapa hari sebelumnya. masukkan hiasan lipatan daun dalam toples kedap udara simpan dalam kulkas. Sebaiknya sebelum di hias daun lapisi permukaan tampah dengan sterofom agar memudahkan untuk menghias daun maupun jajannya.
  5. Terakhir adalah menata jajan ditampah atau nampan sesuai konsep atau tema yang diinginkan.


Menghias Aneka Jajan Pasar Dari Bahan Singkong di Tampah

Bismillahirrahmanirrahim.
Resep Membuat Silky Puding Ala Puding Sedot- Silky puding merupakan puding dengan tekstur yang sangat lembut. Ada banyak istilah untuk puding dengan tekstur super lembut ini antara lain silky puding, puyo puding dan puding sedot. Kalau istilah puding sedot mungkin karena cara mengkonsumsinya saja dengan cara disedot.

Selain lembut  resep silky puding ala puding sedot ini memiliki tekstur sedikit keyal kenyal. Hal ini dikarenakan bahannya menggunakan jelly powder, kalau boleh menyebut merk saya menggunakan merk nutrijel.hehe...

Sebenarnya tidak ada niatan membuat silky puding lately, ini karena kebetulan ada orderan dari teman kantor untuk puding sedot buah. Ceritanya pudig sedot tersebut mau dibuat acara Maulud Nabi disekolah putrinya. Ya sudahlah..karena ordernya hanya 15 buah puding sedot berbagai bentuk buah, jadi sisanya saya taruh di gelas puding mungil ini.

Resep Membuat Silky Puding Ala Puding Sedot

Setelah mencoba berbagai rasa dan warna pusing sedot, favorit saya tetaplah rasa coklat karena tidak memerlukan zat pewarna tambahan dan perasa tambahan lagi. Sebisa mungkin saya memang menghindari zat pewarna tambahan. Pada akhirnya back to selera masing - masing..

Dari pada saya ngemeng ngalor ngidul nggak jelas, langsung saja yuk simak resep silky puding ala puding sedot dibawah ini .

Resep Membuat Silky Puding Ala Puding Sedot

Resep Membuat Silky Puding ala Puding Sedot

Bahan - Bahan :

  • 1 bungkus nutrijel coklat 20gr
  • 1 kaleng susu kental manis coklat
  • 2,5 lt air
  • 200 gr gula
  • 2 sdm maizena
  • 2 sdm bubuk coklat


Cara membuat Silky Puding ala Puding Sedot:

  1. Campurkan semua bahan ke dalam panci kecuali maizena dan aduk rata, hal ini dilakukan supaya tidak ada bahan yang menggumpal
  2. Taruh panci ke atas api ukuran sedang sambil terus di aduk aduk rata
  3. Cairkan 2 sdm tepung maizena dengan sedikit air kemudian masukkan ke dalam campuran puding ketika akan mendidih.
  4. Jika air sudah mendidih matikan kompor dan tunggu hingga uap panas hilang
  5. Tuang dan saring adonan yang sudah jadi ke dalam gelas puding kaca
  6. Tunggu hingga dingin lalu masukkan ke dalam kulkas, sajikan dalam keadaan dingin.

Resep Membuat Silky Puding Ala Puding Sedot

Bismillahirramaniirahim.
Resep Membuat Awug-awug Sagu Mutiara Ala Haniyakitchen- Haloo apa kabar semua? Kangen posting - posting lagi nih. Resep yang akan diposting Haniyakitchen  kali ini adalah resep awug awug sagu mutiara. Sebenarnya sudah pernah posting tentang kue awug - awug sagu mutiara ini. Tapi anggap saja ini postingan update dari resep awug awug sagu terdahulu.

Bagi masyarakat Jawa mungkin sudah tidak asing dengan jajanan tradisional yang satu ini. Jajanan yang biasa disajikan dalam acara - acara keluarga seperti hajatan, arisan, ataupun acara - acara pernikahan di kampung - kampung. Kalau di pasar tradisional  mungkin jarang ditemukan.

Awug - awug sagu mutiara memiliki  rasa yang manis, gurih dengan tekstur yang kenyal. Tekstur kenyalnya itu loh yang bikin saya tidak pernah bosan dengan jajanan yang satu ini. Entahlah kenapa diamakan dengan kue awug - awug, mungkin karena cara pembuatannya yang di aduk dan dicampur jadi satu sehingga dinamakan kue awug - awug.

Cara membuat kue awug - awug sagu mutiara ini sangat mudah sebenarnya, hanya cukup dengan mencampur semua bahan jadi satu dan kemudian dibungkus dengan daun pisang. Tapi prosesnya mungkin agak lama, karena harus menunggu sagu mekar terlebih dahulu, dan juga harus membungkus dengan daun satu per satu. Usahakan merendamnya kalau menggunakan air panas agak lama ya, supaya ketika mengkukus awug - awug sagu tidak butuh waktu lama sampai sagu benar- benar empuk.

Resep Membuat Awug-awug Sagu Mutiara

Beda dari resep yang dulu adalah proses perendaman sagu mutiara dan jumlah kelapa yang digunakan. Ternyata akan lebih enak kalau kelapa nya banyak. Karena awug - awug sagu merupakan jenis jajanan basah sehingga akan mudah basi dalam waktu 2 hari. Jadi bagaimana agar awet dan tidak basi? Saya taruh di magic com yang kebetulan tidak terpakai dan awug - awug sagu ini awet hingga 4 hari lohh..Entah kenapa saya belum bosan juga dengan jajanan yang satu ini. Akhirnya sayalah yang paling banyak menghabiskan kue awug awug sagu mutiara.. yessss..puas dengan hasil percobaan resep ini.. Recomended.  Untuk resep selengkapnya  kue awug awug sagu  mutiara ini, simak resep berikut :

Resep Membuat Awug-awug Sagu Mutiara

Resep Membuat Awug-awug Sagu Mutiara Ala Haniyakitchen

baca resep jajanan tradisional lainnya : resep membuat cenil kenyol Mudah 
Bahan:
  • 300 gr Sagu mutiara 
  • 1/2 butir Kelapa muda (sekitar 250 gr) , diparut kasar
  • 200 gr Gula pasir (sesuaikan dengan selera)
  • 1/2 sdt Garam 
  • Daun pisang secukupnya
  • Air secukupnya untuk mengukus

Cara Membuat Awug-Awug Sagu Mutiara :

  1. Pertama rebus air sampai mendidih lalu masukkan sagu mutiara, matikan kompor dan diamkan hingga sagu mutiara mengembang dan masak lagi sebentar sambil diaduk.
  2. Angkat dan tiriskan dan siram dengan air dingin supaya sagu tidak lengket.
  3. Tambahkan  dengan kelapa muda, gula pasir dan garam  aduk rata.
  4. Kemudian siapkan daun pisang, potog bentuk meruncing disalah satu ujungnya, dan masukkan sedikit adonan sekitar 2 sdm ke dalam daun pisang dan bungkus membentuk kerucut.
  5. Kukus kue awug awug sagu ini selama sekitar 1/2 jam/sampai matang
  6. Awug awug sagu mutiara siap disajikan.

Resep Membuat Awug-awug Sagu Mutiara Ala Haniyakitchen

Bismillahirrahmanirrahim.
Resep Membuat Pizza Mini Empuk -  Pizza makanan khas Itali ini masuk dalam daftar makanan favorit Haniyakitchen. Seringnya melihat pizza mini yang dijual  dikoperasi sekolahnya the crucils membuat saya terinspirasi untuk membuatnya juga. Rencana membuat pizza sebenarnya sudah sejak sebulan yang lalu, hanya saja tertunda karena banyak faktor. Salah satunya tentu saja Laziness.

Bahan - bahan untuk membuat pizza mini sederhana dan mudah didapat. Kebetulan saya selalu nyetock bahan seperti tepung terigu, telur, ragi, margarin dan setelah cek - cek bahan ternyata saya tidak punya saos tomat. Untuk bahan toping lainnya seperti keju chedar, keju mozarella dan sosis sudah ada stocknya juga.

Resep Membuat Pizza Mini Empuk

So, daripada membeli saos tomat kemasan, saya memilih membeli tomat buah yang masih segar untuk dibuat saos pizza. bagaimana cara membuat saos tomat homemade? bisa dilihat pada postingan saya berikut :
Resep Saos Tomat Homemade  Sederhana

Membuat saos tomat sendiri sangat mudah dan tentu saja lebih sehat. Karena tidak menggunakan pengawet saos homemade  hanya bertahan 1 minggu kalau di taruh di lemari es,dan bisa awet hingga satu bulan bila disimpan  di Freezer.  Saos tentu saja akan membeku bila disimpan di freezer, jadi sebelum digunakan biarkan diudara terbuka hingga mencair dan sebaiknya hangatkan atau masak sebentar dengan api kecil.

Resep Membuat Pizza Mini Empuk

Setelah  hunting resep pizza mini di google (maklum saya masih dalam  tahap belajar yang comot resep sana sini..belum sebagai pencipta resep) akhirnya memutuskan untuk mengguakan resep pizza mini ala mbak Tintin Rayner. Sepertinya saya termasuk penggemar resep - resep hasil uji cobanya mbak Tintin Rayner.. hehe.

Karena ini percobaan pertama saya membuat pizza mini, saya merebake dengan setengah resep. Kuatirnya sudah bikin banyak tapi gagal..nyesek nggak sih...Untuk setengah resep pizza mini ini saja sudah menghasilkan sekitar 14 pizza mini. Lumayan banyak untuk dikonsumsi keluarga kecil Haniyakitchen.

Resep Membuat Pizza Mini Empuk

Resep Membuat Roti Pizza Mini Empuk

Bahan -Bahan Pizza mini :
  • 400 gram Tepung Cakra/protein tinggi (saya 200 gr tepung cakra)
  • 200 gram Tepung Segitiga/protein sedang (saya 100 gr tepung segitiga)
  • 70 gram Gula Pasir ( saya 35 gr gula)
  • 2 butir kuning telur ( 1 butir kuning telur)
  • 3/4 sachet Ragi instan (1 sdm fermipan)
  • 1 sendok teh Garam (1/2 sdt garam)
  • 60 gram Butter (30 gr margarin)
  • 300 ml air  (150 ml air)
Bahan Topping :
  • Saus tomat homemade
  • Mayonaise 
  • Keju Parut 
  • Sosis Ayam
  • Oregano untuk taburan
Cara membuat Pizza Mini Empuk :
  1. Campurkan semua bahan kering, aduk rata, lalu tuangkan telur dan air dingin sambil terus dikocok menggunakan mixer spiral/uleni manual sampai kalis.
  2. Tambahkan margarin dan garam sambil terus diuleni sampai rata dan elastis.
  3. Tutup dengan serbet lembab. Diamkan selama 30 menit sampai adonan mengembang.
  4. Ambil adonan dan timbang @35 gram dan bulatkan lalu  Pipihkan dengan bantuan roling pin, dan cetak dengan gelas biar membentuk pinggiran yang cantik
  5. Lalu tusuk- tusuk dengan menggunakan garpu, taruh diloyang letakkan di dalam loyang yang sudah dioles margarin dan atasnya dilapisi kertas baking.
  6. Beri saus tomat, aku ratakan dengan sendok, beri potongan sosis sapi, taburi keju parut. Taburi dengan Oregano+bawang bombay cincang (kalau menggunakan saus homemade tidak perlu ini ya), terakhir keju mozarela dan mayonaise. 
  7. Kemudian diamkan sekitar 10-15 menit sampai mengembang.
  8. Panggang dengan suhu 180 C selama 10-15 menit dengan api atas bawah.
  9. Angkat dan biarkan dingin diudara ruang. Kemas di plastik berperekat agar awet empuk.
Sejauh ini masih cukup puas dengan  resep pizza mini ini. Pizza mini yang dihasilkan benar- benar empuk seperti yang diharapkan. Tips agar awet empuk, ketika sudah dingin kemas di dalam plastik berperekat biar awet empuk dan tidak mengeras. Sengaja saya menyisakan 2 buah pizza mini untuk di makan besok harinya. Dan setelah 2 hari roti masih empuk, walau jujur tidak seempuk hari pertama.

Saya pernah membeli pizza merk terkenal, saya coba menyisakan untuk esok harinya, tapi hmm..rotinya jadi keras. Tapi mungkin karena pizza merk tersebut tekstur pizza nya bukan fokus pada keempukan rotinya, semacam pizza yang crust. Pada dasarnya pizza memang lebih enak dinikmati dalam kondisi masih hangat, apalagi yang menggunakan keju mozarella. Dimana mozarellanya masih mulurrrrrr....beda ya kalau sudah dingin keju mozarella nya sudah mengeras.

Semuanya kembali pada selera masing - masing. Kalau sejeis pizza mini saya lebih menyukai yang roti pizzanya agak tebal dan empuk. Tapi kalau pizza dengan diameter yang lebih besar, saya menyukai pizza dengan roti yang lebih tipis dan crispy crust. Kalau anda bagaimana?

Resep Membuat Pizza Mini Empuk

Bismillahirrahmanirrahim.
Strudel Malang Oleh-Oleh Khas Kota Malang- Oleh-Oleh Khas kota Malang yang baru booking akhir-akhir ini adalah kue strudel malang. Kue Strudel sendiri sebenarnya dan merupakan kue olahan pastry yang cukup populer di beberapa negara di eropa dan australia . Dan menurut penggagas bisnis ini yaitu Aktor Tengku Wisnu, ide untuk membuat bisnis kue strudel ini muncul ketika Tengku Wisnu dan Istrinya Shiren Sungkar jalan -jalan ke eropa.

Kue strudel  malang ini bisa dibeli di outlet -outletnya yang saat ini sudah ada beberapa cabang outletnya yaitu Ruko Istana Ruko Istana Jl.WR Supratman C3/24, depan rumah sakit Lavalatte, dan outlet Bandara Abdurrahman Saleh Malang, Jalan Ardimulyo No.14 Singosari, Jalan Malang-Surabaya Singosari, Bagi anda yang mungkin ke Malang, bisa mampir ke salah satu outlet terdekat untuk membeli oleh-oleh strudel malang ini.

Sebenarnya saya sudah sering melihat penampakan strudel malang ini di shopee (maklum saya shopee mania). Biasanya kalau di shopee dijual bervariasi antara 60 ribuan -80 ribuan per box nya. Kalau beli langsung di outletnya harga per box nya sekitar 45rb an.

 strudel malang

Alhamdulillah tanpa harus jauh -jauh ke Malang, ada juga yang membawakan oleh -oleh strudel malang ini (Thanks Mas Harry oleh - olehnya..next ditunggu oleh-olehnya lagi ya..haha). Varian strudel malang yang ada di gambar di atas adalah strawberry strudel. Warna merah khas straberry yang dipadukan dengan buah kismis dan di balut dengan puff pastry di  bagian luarnya. Kalau saya boleh milih dan tau mau dibawain oleh - oleh strudel ini, pasti saya akan milih keju atau chocolate strudel..yes..saya keju dan chocolate lovers.

 strudel malang


Ada beberapa varian dari strudel malang ini ayng bisa di jadikan pilihan, antara lain :
  1. Taro Strudel, yaitu puff pastry yang dipadukan dengan rasa taro yang dihasilkan potongan ubi ungu asli dari Malang.
  2. Orange Strudel, yaitu puff pastry yang berisikan olahan jeruk lokal yang dilengkapi dengan kismis dan gula palem.
  3. Mango Strudel, yaitu puff pastry  berisikan potongan buah mangga asli dengan tambahan kismis. Cita rasa memiliki rasa manis, asam, segar.
  4. Pineapple Strudel, yaitu puff pastry yang berisikan potongan buah nanas madu yang dipadukan dengan kayu manis dan gula palem. 
  5. Mixfruit Strudel, yaitu puff pastry yang berisikan berbagai kombinasi buah lokal seperti melon, strawberry, jeruk, dan nanas. 
  6. Strawberry Strudel, yaitu puff pastry yang menggunakan potongan buah strawberry asli Malang yang kemudian dikombinasikan dengan gula palem dan juga kismis untuk menghasilkan rasa asam segar yang pas.
  7. Dates Strudel, yaitu puff pastry yang berisikan buah kurma yang dibuat secara khusus hanya untuk disajikan di bulan Ramadhan.
  8. Chocolate Banana Strudel, yaitu puff yang diolah secara khusus bagi pecinta rasa manis karena berisikan perpaduan antara coklat olahan dengan potongan pisang candi asli Malang. 
  9. Cheese Strudel, yaitu puff pastry yang ditujukan bagi para pecinta keju. Varian ini berisikan cream cheese lezat yang dipadukan dengan kismis.
  10. Apple Strudel, yaitu menu original dari Malang Strudel yang berupa puff pastry berisikan potongan buah apel asli Malang yang dikombinasikan dengan gula palem dan kismis. 
 strudel malang

Varian yang konon banyak diminati tentu saja apple strudel yang merupakan buah khas Kota malang selain itu juga chocolate and cheese strudel. Kalau menurut saya, oleh - oleh khas kota malang yang cukup populer belakangan ini belum memiliki citarasa yang istimewa. Intinya sih puff patry yang dipadukan buah, belum bisa yang bikin ketagihan untuk membeli lagi. Kalau sekedar buat oleh-oleh,  memang cocok dan tentu saja praktis ya, ketimbang harus bawa berkilo-kilo buah apel. Apalagi saya juga kurang begitu suka kismis, jadinya makannya harus menyingkirkan kismis nya terlebih dahulu. Semuanya kembali pada selera masing - masing...

Strudel Malang Oleh-Oleh Khas Kota Malang