Resep cireng Crispy Renyah diluar empuk dan tidak alot
Bismillahirahmanirrahim.
Resep Cireng Crispy Renyah Empuk dan Tidak Alot -Cireng alias aci digoreng, pasti sudah banyak yang tahu tentang jajanan ini. Jajanan yang terbuat dari tepung tapioka  dan cara memasaknya dengan di goreng.

Cireng merupakan salah satu jajanan favorit di keluarga Haniyakitchen. Selain Enak, juga sangat mudah sekali cara membuatnya dan rasanya juga enak. Cireng saat ini sudah banyak dijual diberbagai wilayah Indonesia,  walaupun aslinya cireng ini terkenal di daerah Bandung.

Untuk resep cireng yang akan diulas kali ini masih terinspirasi dari resep yang di share mbak Fah Umi Yasmin. Resep aslinya punyanya pak Wisnu, hanya saja saya belum pernah lihat resep aslinya.  Kalau menurut mbak Fah umi, perbedaan dengan resep aslinya adalah saat memasukkan bumbunya. Kalau resepnya pak Wisnu bumbunya ditambahkan pada bahan kering dan diaduk rata. Kalau versi resepnya mbak Fah Umi, bumbunya di tambahkan pada adonan biang. Dan untuk percobaan kali ini saya mengikuti resep modifnya mbah Fah Umi.

Sebenarnya saya sudah mencoba resep ini dua kali. yang pertama saya menggunakan tepung tapioka. dan pada percobaan kedua saya menggunakan tepung sagu dengan ditambah 2 sendok makan tepung terigu. Alasan penambahan tepung terigu ini agar saat dingin cireng tidak menjadi alot. Hasilnya memang lebih empuk jika menggunakan tepung sagu dan penambahan terigu.

Dari semua resep cireng yang pernah saya coba, menurut saya inilah resep yang paling sesuai dengan harapan. Teksturnya renyah diluar tapi tetep empuk dan lembut di dalam, dan ketika dingin tidak terlalu alot. Penampakan luarnya pun sesuai banget seperti yang diharapkan, kruwil-kruwil bergelombang. Dijamin ketagihan deh untuk mencoba resep cireng ini.

 Resep cireng Crispy Renyah diluar empuk dan tidak alot

Cara membuat cireng ini masih sama dengan resep sebelumnya, dimana adonan biangnya di masak terlebih dahulu hingga mengental seperti lem dan berwarna transparan.

 Resep cireng Crispy Renyah diluar empuk dan tidak alot
Kemudian tuang adonan biang yang masih panas dan masukkan ke adonan kering. Aduk hingga rata dengan cara meremas - remas secara perlahan hingga semua adonan tercampur rata. kemudian bentuk cireng dengan cara mengambil secukupnya atau sejumput dan pipihkan.

Resep cireng Crispy Renyah diluar empuk dan tidak alot

Resep Cireng Crispy Renyah Empuk dan Tidak Alot

Resep : Pak Wisnu dan umi fah yasmin
modif : www.haniyakitchen.com

Bahan Kering :
  • 150 gr  (campuran tepung sagu/tapioka + 2sdm tepung terigu)
Bahan Biang :
  • 50 gr  tepung sagu/tapioka
  • 150 ml air biasa / suhu ruang
  • 2 siung bawang putih dihaluskan
  • 3/4 sdt garam
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1 batang daun bawang, iris halus
Tepung tapioka untuk taburan, secukupnya, tidak pakai taburan, sebab masih sisa

Cara membuat Resep cireng Crispy Renyah Empuk dan tidak alot:

  1. Dalam wadah ukuran sedang, masukkan bahan kering ( campuran tepung tapioka/sagu dan tepung terigu) yang 150 gr.
  2. Siapkan panci teflon, campur tepung sagu/tapioka 50 gr, bawang putih halus, garam, kaldu bubuk, merica bubuk, daun bawang & air. aduk rata.
  3. Masak bahan biang sampai jadi lem dan berwarna transparant.
  4. Segera tuang biang panas ke dalam wadah berisi tepung kering. Uleni pelan-pelan menggunakan tangan (hati-hati karena panas), gunakan ujung jari saja untuk nguleni. Setelah menghangat, uleni menggunakan telapak tangan dengan cara meremas remas secara perlahan sampai adonan tercampur rata dan jadi menggumpal. Adonan biang agak ditarik tarik, balurin ke bahan kering supaya bisa menyatu dengan biangnya (tidak perlu diuleni sampai kalis)
  5. Ambil sejumput adonan dan bentuk menjadi pipih. Lakukan sampai adonan habis.
  6. Panaskan minyak goreng agak banyak, masukkan cireng dalam minyak dan goreng menggunakan api agak sedang sampai matang kokoh dan sedikit kering. Gorengnya jangan terlalu lama karena akan keras, cukup sampai ketika ditekan tidak kempis lagi itu berarti sudah matang.Angkat dan tiriskan. 
  7. Sajikan hangat dengan bumbu rujak cireng
note: boleh pakai tapioka atau tepung sagu.
Untuk bumbu rujak cirengnya kali ini tidak menggunakan kacang tanah, resep hampir mirip dengan resep cireng yang sudah pernah saya posting sebelumnya
Cara membuat cireng yang enak  dan awet empuk

 Bahan Bumbu Rujak (haluskan):

  • 75 gram gula merah batok
  • 3 biji cabe rawit merah (sesuai selera)
  • 1 siung bawang putih
  • 1/2 sdt terasi bakar (optional)
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdm air asam jawa
  • Air hangat secukupnya

Cara membuat bumbu rujak cireng:

  1. Uleg semua bahan bumbu rujak sampai halus.
  2. Tambahkan air asam dan air hangat secukupnya, aduk sampai rata. 
 Resep cireng Crispy Renyah diluar empuk dan tidak alot

Resep cireng ini sepertinya akan menjadi resep cireng andalan, secara penampakan, tekstur dan rasa sudah sangat sesuai dengan expectasi. Senangnya akhirnya menemukan resep yang pas dilidah dan dimata..hehe... Silahkan mencoba dan dijamin tidak kecewa.

Resep Cireng Crispy Renyah Empuk dan Tidak Alot

Resep cireng Crispy Renyah diluar empuk dan tidak alot
Bismillahirahmanirrahim.
Resep Cireng Crispy Renyah Empuk dan Tidak Alot -Cireng alias aci digoreng, pasti sudah banyak yang tahu tentang jajanan ini. Jajanan yang terbuat dari tepung tapioka  dan cara memasaknya dengan di goreng.

Cireng merupakan salah satu jajanan favorit di keluarga Haniyakitchen. Selain Enak, juga sangat mudah sekali cara membuatnya dan rasanya juga enak. Cireng saat ini sudah banyak dijual diberbagai wilayah Indonesia,  walaupun aslinya cireng ini terkenal di daerah Bandung.

Untuk resep cireng yang akan diulas kali ini masih terinspirasi dari resep yang di share mbak Fah Umi Yasmin. Resep aslinya punyanya pak Wisnu, hanya saja saya belum pernah lihat resep aslinya.  Kalau menurut mbak Fah umi, perbedaan dengan resep aslinya adalah saat memasukkan bumbunya. Kalau resepnya pak Wisnu bumbunya ditambahkan pada bahan kering dan diaduk rata. Kalau versi resepnya mbak Fah Umi, bumbunya di tambahkan pada adonan biang. Dan untuk percobaan kali ini saya mengikuti resep modifnya mbah Fah Umi.

Sebenarnya saya sudah mencoba resep ini dua kali. yang pertama saya menggunakan tepung tapioka. dan pada percobaan kedua saya menggunakan tepung sagu dengan ditambah 2 sendok makan tepung terigu. Alasan penambahan tepung terigu ini agar saat dingin cireng tidak menjadi alot. Hasilnya memang lebih empuk jika menggunakan tepung sagu dan penambahan terigu.

Dari semua resep cireng yang pernah saya coba, menurut saya inilah resep yang paling sesuai dengan harapan. Teksturnya renyah diluar tapi tetep empuk dan lembut di dalam, dan ketika dingin tidak terlalu alot. Penampakan luarnya pun sesuai banget seperti yang diharapkan, kruwil-kruwil bergelombang. Dijamin ketagihan deh untuk mencoba resep cireng ini.

 Resep cireng Crispy Renyah diluar empuk dan tidak alot

Cara membuat cireng ini masih sama dengan resep sebelumnya, dimana adonan biangnya di masak terlebih dahulu hingga mengental seperti lem dan berwarna transparan.

 Resep cireng Crispy Renyah diluar empuk dan tidak alot
Kemudian tuang adonan biang yang masih panas dan masukkan ke adonan kering. Aduk hingga rata dengan cara meremas - remas secara perlahan hingga semua adonan tercampur rata. kemudian bentuk cireng dengan cara mengambil secukupnya atau sejumput dan pipihkan.

Resep cireng Crispy Renyah diluar empuk dan tidak alot

Resep Cireng Crispy Renyah Empuk dan Tidak Alot

Resep : Pak Wisnu dan umi fah yasmin
modif : www.haniyakitchen.com

Bahan Kering :
  • 150 gr  (campuran tepung sagu/tapioka + 2sdm tepung terigu)
Bahan Biang :
  • 50 gr  tepung sagu/tapioka
  • 150 ml air biasa / suhu ruang
  • 2 siung bawang putih dihaluskan
  • 3/4 sdt garam
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1 batang daun bawang, iris halus
Tepung tapioka untuk taburan, secukupnya, tidak pakai taburan, sebab masih sisa

Cara membuat Resep cireng Crispy Renyah Empuk dan tidak alot:

  1. Dalam wadah ukuran sedang, masukkan bahan kering ( campuran tepung tapioka/sagu dan tepung terigu) yang 150 gr.
  2. Siapkan panci teflon, campur tepung sagu/tapioka 50 gr, bawang putih halus, garam, kaldu bubuk, merica bubuk, daun bawang & air. aduk rata.
  3. Masak bahan biang sampai jadi lem dan berwarna transparant.
  4. Segera tuang biang panas ke dalam wadah berisi tepung kering. Uleni pelan-pelan menggunakan tangan (hati-hati karena panas), gunakan ujung jari saja untuk nguleni. Setelah menghangat, uleni menggunakan telapak tangan dengan cara meremas remas secara perlahan sampai adonan tercampur rata dan jadi menggumpal. Adonan biang agak ditarik tarik, balurin ke bahan kering supaya bisa menyatu dengan biangnya (tidak perlu diuleni sampai kalis)
  5. Ambil sejumput adonan dan bentuk menjadi pipih. Lakukan sampai adonan habis.
  6. Panaskan minyak goreng agak banyak, masukkan cireng dalam minyak dan goreng menggunakan api agak sedang sampai matang kokoh dan sedikit kering. Gorengnya jangan terlalu lama karena akan keras, cukup sampai ketika ditekan tidak kempis lagi itu berarti sudah matang.Angkat dan tiriskan. 
  7. Sajikan hangat dengan bumbu rujak cireng
note: boleh pakai tapioka atau tepung sagu.
Untuk bumbu rujak cirengnya kali ini tidak menggunakan kacang tanah, resep hampir mirip dengan resep cireng yang sudah pernah saya posting sebelumnya
Cara membuat cireng yang enak  dan awet empuk

 Bahan Bumbu Rujak (haluskan):

  • 75 gram gula merah batok
  • 3 biji cabe rawit merah (sesuai selera)
  • 1 siung bawang putih
  • 1/2 sdt terasi bakar (optional)
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdm air asam jawa
  • Air hangat secukupnya

Cara membuat bumbu rujak cireng:

  1. Uleg semua bahan bumbu rujak sampai halus.
  2. Tambahkan air asam dan air hangat secukupnya, aduk sampai rata. 
 Resep cireng Crispy Renyah diluar empuk dan tidak alot

Resep cireng ini sepertinya akan menjadi resep cireng andalan, secara penampakan, tekstur dan rasa sudah sangat sesuai dengan expectasi. Senangnya akhirnya menemukan resep yang pas dilidah dan dimata..hehe... Silahkan mencoba dan dijamin tidak kecewa.

Related Posts

8 komentar:

  1. Makasih bun. Saya uda coba dan berhasil. Akhirnyaaa ����

    BalasHapus
  2. ehhmm...ehmm.. nyamy.. enak kaya nya, jadi ingin segera bikin...
    makasih min, info nya

    BalasHapus
  3. Knpa ya pas aku bikin ... cirengnya malah ngembang bgt trus isinya malah kosong. Jdi texturenya crunchy bangeett... kaya kerupuk gtu...

    BalasHapus
  4. halo mbak, texture dari cireng ini, sesuai judulnya memang crispy tapi nggak seperti krupuk..disarankan untuk menggorengnya tidak kelamaan, secukupnya sekiranya sudah matang diangkat dan kecilkan apinya ketika minyak dirasa sudah panas.

    BalasHapus
  5. Mbak saya kalau adonan dicampur tapioka sama sagu bagus gak

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi mbak, kalau untuk cireng menurut saya kurang lebih sama sih hasilnya. tepung sagu menghasilnya cireng yang sedikit lebih empuk. kalau menggunakan tepung tapioka pilih tepung tapioka yang berkualitas ya..hasilnya juga bagus dan tentunya tepung tapioka juga lebih murah harganya.

      Hapus