bolen pisang
Bismillahirrahmanirrahim.
Resep Bolen Pisang Isi Coklat Keju- Sudah hampir satu bulan yang lalu mau membuat bolen pisang yang terinpirasi ketika mendapat jajan snack rapat. Setelah dicoba..wahh kok enak. Karena penasaran bagaimana cara membuatnya,jadilah saya browsing mencari resep bolen pisang. Dan akhirnya ketemu resep bolen pisang ini. Entah siapa pencetus resep ini pertamakalinya..kalau baca - baca sih dari NCC (maklum masih newbie di dunia kuliner). Bolen pisang populer di Bandung yaitu Bolen pisang Kartika Sari. Pastrynya empuk dipadu dengan lembutnya pisang dan gurihnya keju serta manisnya coklat..siapa yang tidak ingin mencobanya :)

Boleh di bilang resep ini pembuatannya manual, jadi untuk membuat kulit pastry bolen pisang ini agak lumayan lama karena harus di giling/digilas dua kali. Kalau mau praktis sebenarnya bisa dengan menggunakan kulit pastry yang sudah jadi, biasanya banyak dijual di hypermart. Karena saya belum menemukan kulit pastry yang siap pakai..jadi pakai resep ini dulu deh..



resep bolen pisang coklat keju lezat


Cuma bolen saya agak beda nih, harusnya diatasnya biasanya diberi taburan mises atau keju parut ya..kalau saya berhubungan niatnya mau ngabisin biji wijen. Jadilah di tarus wijen diatas bolen pisang yang saya buat :D.  Dalam memanggang bolen dioven juga berulang kali, karena pada pengovenan pertama warna kulit masih kurang coklat, akhirnya saya tambah waktu mengovennya. jadi lamanya mengoven bolen pisang ini sekitar hampir 40 menit. Dalam mengoles kuning telurnya juga tampak kurang rata..hehe...memang butuh ketelatenan dalam membuat bolen pisang manual ini.Tips : dalam menggiling/menggilas jangan terlalu kuat ya..biar nantinya tidak bocor sehingga bisa menghasilkan lapisan - lapisan yang cantik.


resep bolen pisang coklat keju lezat


Resep Bolen Pisang Coklat Keju

Bahan A:
  • 100 gram tepung terigu protein tinggi
  • 1 sendok makan minyak goreng
  • 75 gram margarin
Bahan B:
  • 200 gram tepung terigu protein tinggi
  • 30 gram gula tepung
  • 80 ml air
  • 75 gram margarin
Bahan Dasar Olesan (aduk Rata):
  • 1 kuning telur
  • 2 sendok makan susu cair
Bahan Isi:
  1. 8 buah pisang , potong , bisa direbus/dikukus bisa juga tidak tergantung pisangnya. ( kalau saya menggunakan pisang kepok, jadinya harus direbus dulu)
  2. Keju dan DCC di potong kotak memanjang..agak tipis saja.. (tapi jangan terlalu tipis)
  3. Ambil 1potong pisang. Isi dengan keju/coklat.Tutup lagi dengan pisang. 

Cara membuat Bolen Pisang Coklat Keju :

  1. Aduk rata bahan A. Bentuk bulat. Diamkan 10 menit.
  2. Aduk bahan B sampai setengah elastis. Diamkan 15 menit.
  3. Bagi adonan A menjadi 15 bagian, bulatkan. Bagi adonan B 15 bagian, bulatkan.
  4. Giling adonan B memanjang. Letakkan adonan A di atas adonan B. Lipat seperti amplop.
  5. Giling tipis adonan memanjang, gulung kemudian tipiskan lagi. Ulangi sebanyak 2 kali. Lakukan hingga adonan habis. Diamkan 15 menit.
  6. Giling adonan molen melebar. Letakkan pisang di tengah, kemudian bungkus dengan kulit. Rapikan. Oles dengan bahan olesan.
  7. Letakkan di loyang yang sudah dioles margarin. Oven 30 menit dengan suhu 180 derajat Celsius. Keluarkan dari oven. jangan lupa untuk memanaskan oven terlebih dahulu. (lamanya mengoven tergantung karakter oven masing-masing)
  8. Oles lagi dengan bahan olesan dan oven lagi 5 menit.
  9. Setelah matang keluarkan dari oven, oles dengan margarin ini akan membuat bolen berbau lebih harum. 

Untuk percobaan resep bolen pisang pertama ini menurut saya sudah lumayan. Ada lapisan - lapisannya, walaupun tidak banyak. next  akan saya coba lagi. Kalau dari rasa, tidak diragukan lagi enak dan gurih. Let's baking...


benarnya kalau mau bikin pisang molen ala Mbandung gini ini...sekarang sangat dimudahkan lho, karena kita gak susah-susah membuat kulit pastry sendiri. Sudah ada yang siap pakai...dan tinggal beli aja di supermarket dibagian bahan makanan froozen. Jadi lebih praktis kan... Sayapun sangat seneng...gak ribed bikin puff pastry-nya,masalahnya bikin kulit pastry ini butuh ketelatenan dan kesabaran yang tinggi. Naah...untuk kali ini saya akan mencoba ketelatenan dan uji kesabaran, membuat kulit pastry pisang molen ala Kartika Sari...meski mungkin kalau dibanding kulit pastry beli jauh sekali hasilnya. Tapi menurut saya...kulit pastry bikinan saya ini hasilnya lebih garing dan renyah, tidak terlalu berminyak. Kenapa coba...koq gak berminyak? Karena...disini kan saya gak pakai korsvet, jadi untuk adonan kulit pastry hanya memakai margarin dan mentega. Alhamdulillah...hasilnya memang lumayan enak. Resepnya saya ambil dari koleksi buku masakan saya "Primarasa".

Make Money Online : http://ow.ly/KNICZ
benarnya kalau mau bikin pisang molen ala Mbandung gini ini...sekarang sangat dimudahkan lho, karena kita gak susah-susah membuat kulit pastry sendiri. Sudah ada yang siap pakai...dan tinggal beli aja di supermarket dibagian bahan makanan froozen. Jadi lebih praktis kan... Sayapun sangat seneng...gak ribed bikin puff pastry-nya,masalahnya bikin kulit pastry ini butuh ketelatenan dan kesabaran yang tinggi. Naah...untuk kali ini saya akan mencoba ketelatenan dan uji kesabaran, membuat kulit pastry pisang molen ala Kartika Sari...meski mungkin kalau dibanding kulit pastry beli jauh sekali hasilnya. Tapi menurut saya...kulit pastry bikinan saya ini hasilnya lebih garing dan renyah, tidak terlalu berminyak. Kenapa coba...koq gak berminyak? Karena...disini kan saya gak pakai korsvet, jadi untuk adonan kulit pastry hanya memakai margarin dan mentega. Alhamdulillah...hasilnya memang lumayan enak. Resepnya saya ambil dari koleksi buku masakan saya "Primarasa".

Make Money Online : http://ow.ly/KNICZ
olen ala Kartika Sari...meski mungkin kalau dibanding kulit pastry beli jauh sekali hasilnya. Tap

Make Money Online : http://ow.ly/KNICZ
Sebenarnya kalau mau bikin pisang molen ala Mbandung gini ini...sekarang sangat dimudahkan lho, karena kita gak susah-susah membuat kulit pastry sendiri. Sudah ada yang siap pakai...dan tinggal beli aja di supermarket dibagian bahan makanan froozen. Jadi lebih praktis kan... Sayapun sangat seneng...gak ribed bikin puff pastry-nya,masalahnya bikin kulit pastry ini butuh ketelatenan dan kesabaran yang tinggi. Naah...untuk kali ini saya akan mencoba ketelatenan dan uji kesabaran, membuat kulit pastry pisang molen ala Kartika Sari...meski mungkin kalau dibanding kulit pastry beli jauh sekali hasilnya. Tapi menurut saya...kulit pastry bikinan saya ini hasilnya lebih garing dan renyah, tidak terlalu berminyak. Kenapa coba...koq gak berminyak? Karena...disini kan saya gak pakai korsvet, jadi untuk adonan kulit pastry hanya memakai margarin dan mentega. Alhamdulillah...hasilnya memang lumayan enak. Resepnya saya ambil dari koleksi buku masakan saya "Primarasa".

Make Money Online : http://ow.ly/KNICZ
Sebenarnya kalau mau bikin pisang molen ala Mbandung gini ini...sekarang sangat dimudahkan lho, karena kita gak susah-susah membuat kulit pastry sendiri. Sudah ada yang siap pakai...dan tinggal beli aja di supermarket dibagian bahan makanan froozen. Jadi lebih praktis kan... Sayapun sangat seneng...gak ribed bikin puff pastry-nya,masalahnya bikin kulit pastry ini butuh ketelatenan dan kesabaran yang tinggi. Naah...untuk kali ini saya akan mencoba ketelatenan dan uji kesabaran, membuat kulit pastry pisang molen ala Kartika Sari...meski mungkin kalau dibanding kulit pastry beli jauh sekali hasilnya. Tapi menurut saya...kulit pastry bikinan saya ini hasilnya lebih garing dan renyah, tidak terlalu berminyak. Kenapa coba...koq gak berminyak? Karena...disini kan saya gak pakai korsvet, jadi untuk adonan kulit pastry hanya memakai margarin dan mentega. Alhamdulillah...hasilnya memang lumayan enak. Resepnya saya ambil dari koleksi buku masakan saya "Primarasa".

Make Money Online : http://ow.ly/KNICZ
Sebelumnya saya mohon maaf ya para pemirsa...kalau fotonya diatas sangat2 seadanya. Saya sedang belum sempat memotret tampilan pisang molen yang apik pasca proses pemasakan. Keburu udah capek...saya biarkan pisang molen nginep dulu semalaman didalam oven. InsaAllah nanti kalau sudah selesai beberes dapur dan hilang rasa pegel badan akan saya tampilkan hasil akhir sajian pisang molen ini. Mudah2an juga pisang molennya tidak keburu habis di cemil sama di bapak dan anak...he he hee... Oh iya, sebenarnya resep aslinya sudah pernah saya posting di blog, tapi sudah agak lama...di bulan Februari 2012. Resep lama bisa dilihat **disini*, sedangkan yang saya bikin saat ini adalah sudah modifikasi lagi dari resep yang lama. Tidak banyak perubahan berarti sebenarnya, hanya lebih kepada penyingsetan atau peringkasan dari bahan2 yang saya gunakan. Agar lebih simpel (sederhana) dan mudah dalam pembuatannya, karena kadang saya tidak punya stok bahan2 didapur. Jadi resep pisang molen yang sekarang ceritanya lebih sederhana dan mudah untuk segera di eksekusi. Untuk rasa, menurut saya enak sekaliii...empuk dan lembut, walaupun tanpa menggunakan korsvet (pastry margarin) hasil kulitnya terlihat berlapis. Yang penting dalam proses pelapisan atau menggiling adonan harus telaten dan sabar, tidak terlalu ditekan dengan rolling pin (alat penggiling) saat menggilas adonan pastrynya. Sehingga nantinya kulit pisang setelah matang bisa keluar lapisan2nya. Karena berdasar pengalaman saat awal2 membuat kulit pisang molen ini karena terlalu semangat nggilas adonan kulit maksud hati biar tipis...walhasil akhirnya lapis2nya hilang karena terlalu banyak di pres/ditekan. Dan satu lagi harus rela bersabar diri untuk mengistirahatkan adonan yang sudah di gilas dan digulung per tiap tahapan. Kira2 cukup 10 menitan begitu deh...agar kulit pastrynya rileks dan tidak kaku, sehingga nantinya saat digilas lagi bisa lemas dan nurut, kulit pastry juga tidak pecah lapisannya. Nah....sesuai janji saya kemaren, ini dia penampilan pisang molen/pisang bolen setelah saya jepret. Syukur alhamdulillah masih tersisa dua gelintir dan sengaja saya umpetin...biar bisa diabadikan, dan dapat terlihat bentuk rupa bagian dalam pastry pisang molennya. Kalau gak saya simpan...sudah pasti langsung tandas, karena si ayah dan anak semua lahap kalau sama pisang molen.

Make Money Online : http://ow.ly/KNICZ

Resep Bolen Pisang Coklat Keju Lezat


bolen pisang
Bismillahirrahmanirrahim.
Resep Bolen Pisang Isi Coklat Keju- Sudah hampir satu bulan yang lalu mau membuat bolen pisang yang terinpirasi ketika mendapat jajan snack rapat. Setelah dicoba..wahh kok enak. Karena penasaran bagaimana cara membuatnya,jadilah saya browsing mencari resep bolen pisang. Dan akhirnya ketemu resep bolen pisang ini. Entah siapa pencetus resep ini pertamakalinya..kalau baca - baca sih dari NCC (maklum masih newbie di dunia kuliner). Bolen pisang populer di Bandung yaitu Bolen pisang Kartika Sari. Pastrynya empuk dipadu dengan lembutnya pisang dan gurihnya keju serta manisnya coklat..siapa yang tidak ingin mencobanya :)

Boleh di bilang resep ini pembuatannya manual, jadi untuk membuat kulit pastry bolen pisang ini agak lumayan lama karena harus di giling/digilas dua kali. Kalau mau praktis sebenarnya bisa dengan menggunakan kulit pastry yang sudah jadi, biasanya banyak dijual di hypermart. Karena saya belum menemukan kulit pastry yang siap pakai..jadi pakai resep ini dulu deh..



resep bolen pisang coklat keju lezat


Cuma bolen saya agak beda nih, harusnya diatasnya biasanya diberi taburan mises atau keju parut ya..kalau saya berhubungan niatnya mau ngabisin biji wijen. Jadilah di tarus wijen diatas bolen pisang yang saya buat :D.  Dalam memanggang bolen dioven juga berulang kali, karena pada pengovenan pertama warna kulit masih kurang coklat, akhirnya saya tambah waktu mengovennya. jadi lamanya mengoven bolen pisang ini sekitar hampir 40 menit. Dalam mengoles kuning telurnya juga tampak kurang rata..hehe...memang butuh ketelatenan dalam membuat bolen pisang manual ini.Tips : dalam menggiling/menggilas jangan terlalu kuat ya..biar nantinya tidak bocor sehingga bisa menghasilkan lapisan - lapisan yang cantik.


resep bolen pisang coklat keju lezat


Resep Bolen Pisang Coklat Keju

Bahan A:
  • 100 gram tepung terigu protein tinggi
  • 1 sendok makan minyak goreng
  • 75 gram margarin
Bahan B:
  • 200 gram tepung terigu protein tinggi
  • 30 gram gula tepung
  • 80 ml air
  • 75 gram margarin
Bahan Dasar Olesan (aduk Rata):
  • 1 kuning telur
  • 2 sendok makan susu cair
Bahan Isi:
  1. 8 buah pisang , potong , bisa direbus/dikukus bisa juga tidak tergantung pisangnya. ( kalau saya menggunakan pisang kepok, jadinya harus direbus dulu)
  2. Keju dan DCC di potong kotak memanjang..agak tipis saja.. (tapi jangan terlalu tipis)
  3. Ambil 1potong pisang. Isi dengan keju/coklat.Tutup lagi dengan pisang. 

Cara membuat Bolen Pisang Coklat Keju :

  1. Aduk rata bahan A. Bentuk bulat. Diamkan 10 menit.
  2. Aduk bahan B sampai setengah elastis. Diamkan 15 menit.
  3. Bagi adonan A menjadi 15 bagian, bulatkan. Bagi adonan B 15 bagian, bulatkan.
  4. Giling adonan B memanjang. Letakkan adonan A di atas adonan B. Lipat seperti amplop.
  5. Giling tipis adonan memanjang, gulung kemudian tipiskan lagi. Ulangi sebanyak 2 kali. Lakukan hingga adonan habis. Diamkan 15 menit.
  6. Giling adonan molen melebar. Letakkan pisang di tengah, kemudian bungkus dengan kulit. Rapikan. Oles dengan bahan olesan.
  7. Letakkan di loyang yang sudah dioles margarin. Oven 30 menit dengan suhu 180 derajat Celsius. Keluarkan dari oven. jangan lupa untuk memanaskan oven terlebih dahulu. (lamanya mengoven tergantung karakter oven masing-masing)
  8. Oles lagi dengan bahan olesan dan oven lagi 5 menit.
  9. Setelah matang keluarkan dari oven, oles dengan margarin ini akan membuat bolen berbau lebih harum. 

Untuk percobaan resep bolen pisang pertama ini menurut saya sudah lumayan. Ada lapisan - lapisannya, walaupun tidak banyak. next  akan saya coba lagi. Kalau dari rasa, tidak diragukan lagi enak dan gurih. Let's baking...


benarnya kalau mau bikin pisang molen ala Mbandung gini ini...sekarang sangat dimudahkan lho, karena kita gak susah-susah membuat kulit pastry sendiri. Sudah ada yang siap pakai...dan tinggal beli aja di supermarket dibagian bahan makanan froozen. Jadi lebih praktis kan... Sayapun sangat seneng...gak ribed bikin puff pastry-nya,masalahnya bikin kulit pastry ini butuh ketelatenan dan kesabaran yang tinggi. Naah...untuk kali ini saya akan mencoba ketelatenan dan uji kesabaran, membuat kulit pastry pisang molen ala Kartika Sari...meski mungkin kalau dibanding kulit pastry beli jauh sekali hasilnya. Tapi menurut saya...kulit pastry bikinan saya ini hasilnya lebih garing dan renyah, tidak terlalu berminyak. Kenapa coba...koq gak berminyak? Karena...disini kan saya gak pakai korsvet, jadi untuk adonan kulit pastry hanya memakai margarin dan mentega. Alhamdulillah...hasilnya memang lumayan enak. Resepnya saya ambil dari koleksi buku masakan saya "Primarasa".

Make Money Online : http://ow.ly/KNICZ
benarnya kalau mau bikin pisang molen ala Mbandung gini ini...sekarang sangat dimudahkan lho, karena kita gak susah-susah membuat kulit pastry sendiri. Sudah ada yang siap pakai...dan tinggal beli aja di supermarket dibagian bahan makanan froozen. Jadi lebih praktis kan... Sayapun sangat seneng...gak ribed bikin puff pastry-nya,masalahnya bikin kulit pastry ini butuh ketelatenan dan kesabaran yang tinggi. Naah...untuk kali ini saya akan mencoba ketelatenan dan uji kesabaran, membuat kulit pastry pisang molen ala Kartika Sari...meski mungkin kalau dibanding kulit pastry beli jauh sekali hasilnya. Tapi menurut saya...kulit pastry bikinan saya ini hasilnya lebih garing dan renyah, tidak terlalu berminyak. Kenapa coba...koq gak berminyak? Karena...disini kan saya gak pakai korsvet, jadi untuk adonan kulit pastry hanya memakai margarin dan mentega. Alhamdulillah...hasilnya memang lumayan enak. Resepnya saya ambil dari koleksi buku masakan saya "Primarasa".

Make Money Online : http://ow.ly/KNICZ
olen ala Kartika Sari...meski mungkin kalau dibanding kulit pastry beli jauh sekali hasilnya. Tap

Make Money Online : http://ow.ly/KNICZ
Sebenarnya kalau mau bikin pisang molen ala Mbandung gini ini...sekarang sangat dimudahkan lho, karena kita gak susah-susah membuat kulit pastry sendiri. Sudah ada yang siap pakai...dan tinggal beli aja di supermarket dibagian bahan makanan froozen. Jadi lebih praktis kan... Sayapun sangat seneng...gak ribed bikin puff pastry-nya,masalahnya bikin kulit pastry ini butuh ketelatenan dan kesabaran yang tinggi. Naah...untuk kali ini saya akan mencoba ketelatenan dan uji kesabaran, membuat kulit pastry pisang molen ala Kartika Sari...meski mungkin kalau dibanding kulit pastry beli jauh sekali hasilnya. Tapi menurut saya...kulit pastry bikinan saya ini hasilnya lebih garing dan renyah, tidak terlalu berminyak. Kenapa coba...koq gak berminyak? Karena...disini kan saya gak pakai korsvet, jadi untuk adonan kulit pastry hanya memakai margarin dan mentega. Alhamdulillah...hasilnya memang lumayan enak. Resepnya saya ambil dari koleksi buku masakan saya "Primarasa".

Make Money Online : http://ow.ly/KNICZ
Sebenarnya kalau mau bikin pisang molen ala Mbandung gini ini...sekarang sangat dimudahkan lho, karena kita gak susah-susah membuat kulit pastry sendiri. Sudah ada yang siap pakai...dan tinggal beli aja di supermarket dibagian bahan makanan froozen. Jadi lebih praktis kan... Sayapun sangat seneng...gak ribed bikin puff pastry-nya,masalahnya bikin kulit pastry ini butuh ketelatenan dan kesabaran yang tinggi. Naah...untuk kali ini saya akan mencoba ketelatenan dan uji kesabaran, membuat kulit pastry pisang molen ala Kartika Sari...meski mungkin kalau dibanding kulit pastry beli jauh sekali hasilnya. Tapi menurut saya...kulit pastry bikinan saya ini hasilnya lebih garing dan renyah, tidak terlalu berminyak. Kenapa coba...koq gak berminyak? Karena...disini kan saya gak pakai korsvet, jadi untuk adonan kulit pastry hanya memakai margarin dan mentega. Alhamdulillah...hasilnya memang lumayan enak. Resepnya saya ambil dari koleksi buku masakan saya "Primarasa".

Make Money Online : http://ow.ly/KNICZ
Sebelumnya saya mohon maaf ya para pemirsa...kalau fotonya diatas sangat2 seadanya. Saya sedang belum sempat memotret tampilan pisang molen yang apik pasca proses pemasakan. Keburu udah capek...saya biarkan pisang molen nginep dulu semalaman didalam oven. InsaAllah nanti kalau sudah selesai beberes dapur dan hilang rasa pegel badan akan saya tampilkan hasil akhir sajian pisang molen ini. Mudah2an juga pisang molennya tidak keburu habis di cemil sama di bapak dan anak...he he hee... Oh iya, sebenarnya resep aslinya sudah pernah saya posting di blog, tapi sudah agak lama...di bulan Februari 2012. Resep lama bisa dilihat **disini*, sedangkan yang saya bikin saat ini adalah sudah modifikasi lagi dari resep yang lama. Tidak banyak perubahan berarti sebenarnya, hanya lebih kepada penyingsetan atau peringkasan dari bahan2 yang saya gunakan. Agar lebih simpel (sederhana) dan mudah dalam pembuatannya, karena kadang saya tidak punya stok bahan2 didapur. Jadi resep pisang molen yang sekarang ceritanya lebih sederhana dan mudah untuk segera di eksekusi. Untuk rasa, menurut saya enak sekaliii...empuk dan lembut, walaupun tanpa menggunakan korsvet (pastry margarin) hasil kulitnya terlihat berlapis. Yang penting dalam proses pelapisan atau menggiling adonan harus telaten dan sabar, tidak terlalu ditekan dengan rolling pin (alat penggiling) saat menggilas adonan pastrynya. Sehingga nantinya kulit pisang setelah matang bisa keluar lapisan2nya. Karena berdasar pengalaman saat awal2 membuat kulit pisang molen ini karena terlalu semangat nggilas adonan kulit maksud hati biar tipis...walhasil akhirnya lapis2nya hilang karena terlalu banyak di pres/ditekan. Dan satu lagi harus rela bersabar diri untuk mengistirahatkan adonan yang sudah di gilas dan digulung per tiap tahapan. Kira2 cukup 10 menitan begitu deh...agar kulit pastrynya rileks dan tidak kaku, sehingga nantinya saat digilas lagi bisa lemas dan nurut, kulit pastry juga tidak pecah lapisannya. Nah....sesuai janji saya kemaren, ini dia penampilan pisang molen/pisang bolen setelah saya jepret. Syukur alhamdulillah masih tersisa dua gelintir dan sengaja saya umpetin...biar bisa diabadikan, dan dapat terlihat bentuk rupa bagian dalam pastry pisang molennya. Kalau gak saya simpan...sudah pasti langsung tandas, karena si ayah dan anak semua lahap kalau sama pisang molen.

Make Money Online : http://ow.ly/KNICZ

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar