Resep Membuat Permen Agar Jelly Kenyal Enak
Resep Membuat Permen Agar Jelly Kenyal Enak- Siapa sih yang tidak suka permen? Hampir semua anak-anak pasti suka permen, bahkan orang dewasapun pasti juga suka. Rasa manisnya dengan aroma yang berbeda membuat permen banyak disukai.

Permen bisa dibuat sendiri di rumah, jadi tidak harus beli. Oleh karena itu pada kesempatan ini Haniyakitchen akan mengulas tentang bagaimana membuat permen agar jelly. Resep ini sebenarnya sudah saya simpan sejak bulan Ramadhan tahun lalu, hanya saja saat itu belum tertarik untuk membuatnya. Tidak tahu kenapa tiba-tiba pada Ramadhan tahun ini pengin mencoba untuk membuat permen agar jelly.

 Resep Membuat Permen Agar Jelly Kenyal Enak
Bahan untuk membuat permen agar jelly ini sangat simple hanya butuh agar-agar powder, nutrijel (jelly powder) dan gula. Jika ingin hasilnya lebih menarik bisa juga dengan menambahkan pewarna makanan cair, tapi berhubung perut saya agak sensitif dengan pewarna tambahan jadi saya tidak menggunakannya.

 

Untuk agar powder dan nutrijel nya akan lebih baik jika menggunakan yang satu warna ya..misalnya hijau ya hijau semua.. Jadi walau tidak menggunakan pewarna tambahan warnanya akan lebih keluar. Kalau untuk percobaan ini saya pakai warna seadanya sesuai stock..agar agar powder dengan warna merah dan nutrijel plain tanpa warna.

Cara memasaknya sama seperti ketika membuat agar-agar biasa. Hanya dengan mencampur semua bahan kemudian aduk rata dan masak hingga matang. Setelah matang tuang dalam wadah/loyang yang yang agak lebar, di kira-kira ukuran wadahnya jangan sampai menghasilkan lapisan yang terlalu tipis ataupun terlalu tebal. Setelah dingin dan mngeras, potong- potong sesuai selera dan susun dalam nampan/baki. Lalu kemudian di jemur.

Resep Membuat Permen Agar Jelly Kenyal Enak

Pada hari pertama dan kedua masa penjemuran agak kurang beruntung karena cuaca tidak mendukung yaitu mendung dan hujan. Walau disisi lain saya happy juga sih..maklum sudah beberapa minggu tidak turun hujan sehingga hujan di awal puasa ini terasa mengobati kerinduanku akan hadirnya hujan..hehe..

Karena kuatir akan  berjamur, jadi permen agar jelly yang belum kering tadi saya oven dengan suhu yang paling kecil selama 10 menit. dan alhamdulillah pada hari ketiga cuaca cerah sehingga bisa menjemur permen agar jelly. Jangan lupa saat menjemur ditutup tisue atau kain tipis agar tidak terkena debu.
Mungkin bunda semua akan bertanya kenapa tidak dioven sekalian saja sampai kering. Ternyata oh ternyata..hasil pengeringan di bawah sinar matahari dan oven akan menghasilkan penampakan yang berbeda. Kalau di keringkan di bawah sinar matahari akan keluar kristalnya.
Untuk resep selengkapnya bisa dibaca pada resep dibawah ini

Resep Membuat Permen Agar Jelly Kenyal Enak

Resep Membuat Permen Agar Jelly Kenyal Enak


Bahan Permen Agar Jelly :
  • 1 bungkus agar - agar powder
  • 1 bungkus jelly powder
  • 1 gelas belimbing gula pasir  (atau 250gr)
  • 1 gelas belimbing air (atau 250ml)
  • Pewarna makanan cair (optional, jika ingin menghasilkan warna yang lebih bagus)

Cara Membuat Permen Agar Jelly :

  1. Tuang semua bahan dalam panci, kemudian aduk hingga rata.Masak hingga mendidih.
  2. Matikan api kompor, aduk agar uapnya berkurang. Lalu tuang dalam loyang ( saya menggunakan loyang ukuran 18 x 12)
  3. Biarkan hingga dingin dan beku, lalu potog- potong sesuai selera Tata dalam nampan/ loyang besar dan jemur hingga kering.
  4. Saat menjemur pemen agar jelly ini jangan lupa ditutup tisue atau kain tipis agar tidak terkena debu.

Tips Membuat Permen Agar Jelly

  1. Untuk menghasilkan warna yang bagus sebaiknya gunakan pewarna makanan yang terang, karena saat dijemur warna akan memudar. Terlihat pada gambar diatas, awalnya berwarna merah tapi setelah dijemur berwarna putih semburat kemerahan. Hal tersebut dikarenakan saya tidak menggunakan pewarna tambahan. Sesuai selera saja sih..kalau untuk di jual/bisnis akan bagus jika berwarna warni. Tapi kalau di konsumsi sendiri sepertinya lebih aman tanpa pewarna tambahan.
  2. Kalau membuat permen agar jelly ini sebaiknya sekalian banyak atau 2 atau 3 kali resep..jadi tidak rugi waktu saat menjemurnya. karena satu resep hanya menghasilkan satu toples kecil..berasa kurang deh... tidak setimpal dengan waktu menjemurnya yang membutuhkan 3-4 hari.
Permen agar jelly ini memiliki tektur yang agak kenyal saat di gigit, tapi bukan kenyal seperti permen yuppy ya...Rasa manisnya sangat pas alias tidak terlalu manis. Recomended deh resep ini..tidak terasa satu toples habis dalam sekejap..enak..enak...

Resep Membuat Permen Agar Jelly Kenyal Enak


Resep Membuat Permen Agar Jelly Kenyal Enak
Resep Membuat Permen Agar Jelly Kenyal Enak- Siapa sih yang tidak suka permen? Hampir semua anak-anak pasti suka permen, bahkan orang dewasapun pasti juga suka. Rasa manisnya dengan aroma yang berbeda membuat permen banyak disukai.

Permen bisa dibuat sendiri di rumah, jadi tidak harus beli. Oleh karena itu pada kesempatan ini Haniyakitchen akan mengulas tentang bagaimana membuat permen agar jelly. Resep ini sebenarnya sudah saya simpan sejak bulan Ramadhan tahun lalu, hanya saja saat itu belum tertarik untuk membuatnya. Tidak tahu kenapa tiba-tiba pada Ramadhan tahun ini pengin mencoba untuk membuat permen agar jelly.

 Resep Membuat Permen Agar Jelly Kenyal Enak
Bahan untuk membuat permen agar jelly ini sangat simple hanya butuh agar-agar powder, nutrijel (jelly powder) dan gula. Jika ingin hasilnya lebih menarik bisa juga dengan menambahkan pewarna makanan cair, tapi berhubung perut saya agak sensitif dengan pewarna tambahan jadi saya tidak menggunakannya.

 

Untuk agar powder dan nutrijel nya akan lebih baik jika menggunakan yang satu warna ya..misalnya hijau ya hijau semua.. Jadi walau tidak menggunakan pewarna tambahan warnanya akan lebih keluar. Kalau untuk percobaan ini saya pakai warna seadanya sesuai stock..agar agar powder dengan warna merah dan nutrijel plain tanpa warna.

Cara memasaknya sama seperti ketika membuat agar-agar biasa. Hanya dengan mencampur semua bahan kemudian aduk rata dan masak hingga matang. Setelah matang tuang dalam wadah/loyang yang yang agak lebar, di kira-kira ukuran wadahnya jangan sampai menghasilkan lapisan yang terlalu tipis ataupun terlalu tebal. Setelah dingin dan mngeras, potong- potong sesuai selera dan susun dalam nampan/baki. Lalu kemudian di jemur.

Resep Membuat Permen Agar Jelly Kenyal Enak

Pada hari pertama dan kedua masa penjemuran agak kurang beruntung karena cuaca tidak mendukung yaitu mendung dan hujan. Walau disisi lain saya happy juga sih..maklum sudah beberapa minggu tidak turun hujan sehingga hujan di awal puasa ini terasa mengobati kerinduanku akan hadirnya hujan..hehe..

Karena kuatir akan  berjamur, jadi permen agar jelly yang belum kering tadi saya oven dengan suhu yang paling kecil selama 10 menit. dan alhamdulillah pada hari ketiga cuaca cerah sehingga bisa menjemur permen agar jelly. Jangan lupa saat menjemur ditutup tisue atau kain tipis agar tidak terkena debu.
Mungkin bunda semua akan bertanya kenapa tidak dioven sekalian saja sampai kering. Ternyata oh ternyata..hasil pengeringan di bawah sinar matahari dan oven akan menghasilkan penampakan yang berbeda. Kalau di keringkan di bawah sinar matahari akan keluar kristalnya.
Untuk resep selengkapnya bisa dibaca pada resep dibawah ini

Resep Membuat Permen Agar Jelly Kenyal Enak

Resep Membuat Permen Agar Jelly Kenyal Enak


Bahan Permen Agar Jelly :
  • 1 bungkus agar - agar powder
  • 1 bungkus jelly powder
  • 1 gelas belimbing gula pasir  (atau 250gr)
  • 1 gelas belimbing air (atau 250ml)
  • Pewarna makanan cair (optional, jika ingin menghasilkan warna yang lebih bagus)

Cara Membuat Permen Agar Jelly :

  1. Tuang semua bahan dalam panci, kemudian aduk hingga rata.Masak hingga mendidih.
  2. Matikan api kompor, aduk agar uapnya berkurang. Lalu tuang dalam loyang ( saya menggunakan loyang ukuran 18 x 12)
  3. Biarkan hingga dingin dan beku, lalu potog- potong sesuai selera Tata dalam nampan/ loyang besar dan jemur hingga kering.
  4. Saat menjemur pemen agar jelly ini jangan lupa ditutup tisue atau kain tipis agar tidak terkena debu.

Tips Membuat Permen Agar Jelly

  1. Untuk menghasilkan warna yang bagus sebaiknya gunakan pewarna makanan yang terang, karena saat dijemur warna akan memudar. Terlihat pada gambar diatas, awalnya berwarna merah tapi setelah dijemur berwarna putih semburat kemerahan. Hal tersebut dikarenakan saya tidak menggunakan pewarna tambahan. Sesuai selera saja sih..kalau untuk di jual/bisnis akan bagus jika berwarna warni. Tapi kalau di konsumsi sendiri sepertinya lebih aman tanpa pewarna tambahan.
  2. Kalau membuat permen agar jelly ini sebaiknya sekalian banyak atau 2 atau 3 kali resep..jadi tidak rugi waktu saat menjemurnya. karena satu resep hanya menghasilkan satu toples kecil..berasa kurang deh... tidak setimpal dengan waktu menjemurnya yang membutuhkan 3-4 hari.
Permen agar jelly ini memiliki tektur yang agak kenyal saat di gigit, tapi bukan kenyal seperti permen yuppy ya...Rasa manisnya sangat pas alias tidak terlalu manis. Recomended deh resep ini..tidak terasa satu toples habis dalam sekejap..enak..enak...

Related Posts

3 komentar:

  1. Inget jaman dulu, sukaak banget jajan permen agar kayak gini
    Kalo sekarang mungkin susah ya cari di warung, tapi pas banget nemu resep ini. jadi bisa bikin sendiri deh :D

    Thanks yaa

    BalasHapus
  2. Terimakasih buuuuanyak, jadi semakin tertarik resep cantik dan enak

    BalasHapus