Nikmatnya Pho Ga (Vietnamese  Chicken Noodle Rice Soup) Mie Kuah Ayam Vietnam

Bismillahirrahmanirrahim.
Nikmatnya Pho Ga (Vietnamese  Chicken Noodle Soup) Mie Kuah Ayam Vietnam- Tidak afdol rasanya jika sudah jauh - jauh sampai vietnam tapi tidak mencicipi makanan khas dari negeri tersebut. Sebenarnya saya sendiri juga bukan termasuk penggemar kuliner, hanya saja ketika berada ditempat yang asing ada perasaan penasaran ingin mencicipi makanan lokal. Salah satu makanan khas Vietnam yang saya coba adalah Pho Ga alias mie kuah ayam.

Saya memang tidak banyak mencoba makanan khas Vietnam lainnya karena  ragu akan kehalalannya. Untuk kalian yang muslim jika ingin mencoba makanan khas vietnam cari aman saja makan di resto moslem yang banyak terdapat di Kawasan Ben Than Market Yaitu di Jalan Nguyen An Ninh yang familiar disebuat malaysian street karena saking banyaknya resto halal milik orang malaysia. Sebut saja  Halal Resto Hj. Man Sour, Resto Halal Amin, Osman  Basiroh, Ay sah dan lainnya. Selain menjual menu - menu makanan asia, mereka juga menjual makanan khas Vietnam.

Karena perjalanan  ke Vietnam adalah Flashtrip dimana tiap hari berpindah kota membuat saya tidak bisa banyak mengexplore baik kuliner maupun tempat wisatanya. Kebetulan dihari terakhir sebelum meninggalkan Vietnam, saya berada di Ho chi min. Inilah kesempatan terakhir saya untuk bisa berkeliling Ho chi min dan menikmati Pho.

Nikmatnya Pho Ga (Vietnamese  Chicken Noodle Rice Soup) Mie Kuah Ayam Vietnam

Ingat Pho jadi ingat Serena, seorang mahasiswa dari Vietnam yang malam itu menjadi guide sekaligus teman jalan - jalan keliling kota. Baiklah saya mau menceritakan kisah pertemuan dengan Serena ini..jiaaa..

Sekitar jam 18.00, saya sampai di hotel Suite Backpacker Inn ( ini hotel yang paling saya favoritkan sepanjang perjalanan ke Vietnam, lokasinya strategis dekat biro perjalanan yang terkenal The Shin Tourist). Kamarnya bersih dan luas banget..kebetulan saya pilih kamar tripple room, dengan 3 bed.. bisa dibayangkan kan luasnya seberapa..sayang sebenarnya karena hanya ditempati seorang diri..haha..untuk harga lumayan murah  sekitar 300ribuan/malam.

Lanjut ceritanya ya..setelah chek in, mandi dan beres- beres. Saya di kasih tahu pihak hotel ada seseorang dari Saigon Free walking Tour, kebetulan saya sudah kirim purpose untuk join dengan dengan tour mereka. Saya pilih yang "light up the night", karena menurut saya jalan - jalan di malam hari lebih menyenangkan. Menikmati indahnya kerlap kerlip lampu kota dan tentunya trafict lalu lintas yang tidak sesemprawut disiang hari.

Oh ya.. perlu kalian ketahui, tournya ini menggunakan scooter semacam motor jadul. Woww.. seru banget..naik motor malam - malam ditengah semrawutnya lalu lintas Vietnam dan Serena  cukup lincah dalam mengendarai scooter nya, ngeri ngeri sedaplah naik scooter di Ho chi min..terjang sana ..terjang sini..haha...

Serena ini ternyata pernah  tinggal di Indonesia dalam rangka mengikuti semacam pertukaran pelajar di Bandung. Jadi kita ngobrolnya agak nyambung walaupun kemampuan bahasa inggrisku acakadul nggak karuan. Pertama kali liat Serena ini, saya pikir dia keturunan campuran karena facenya lebih mirip orang Indonesia, apalagi dengan rambutnya yang kruwil itu membuat Serena kelihatan beda dari orang Vietnam kebanyakan. Yes, She's a nice girl...

Sebelum mengexplore kota Ho chi min, saya dan Serena mencari makan malam terlebih dahulu. Saya bilang ke Serena kalau saya pengin makan Pho halal. Akhirnya kami muter - muter mencari resto moslem yang memiliki menu Pho. Ketemu juga sama restoran di dekat Ben Tahn market yaitu Halal Amin. Saya memesan  Pho Chicken Noodle Soup dan Ice Coffee. Setelah sekian lama akhirnya saya memberanikan diri minum kopi lagi. Dan harus saya akui, kopi vietnam itu uenakkkk....apalagi kalo ditambah krimer atau milk..buehhh  wuenakk..baru kali ini saya menghabiskan kopi sampai tetesan terakhir..hahaa..lebay ya...

Menu Pho Ga di Halal Amin Resto, ternyata porsinya ini sangat besar dan disajikan lengkap dengan garnishnya seperti daun kemangi thailand,daun ketumbar, taoge dan saosnya.Cocok deh buat makan berdua. Untuk rasa dari Pho Ga ini lumayan enak dan cocok di lidah ala Indonesia saya..

Nikmatnya Pho Ga (Vietnamese  Chicken Noodle Rice Soup) Mie Kuah Ayam Vietnam

Berbicara tentang Pho (pengucapannya fou), merupakan sup vietnam yang didalamnya terdiri dari kuah kaldu, mie beras (banh pho), daging (bisa sapi atau ayam) dan bumbu - bumbu herbal khas Vietnam. Pho disajikan dalam mangkuk dengan berisi mie beras yang kalau di vietnam biasa disebut bánh phở dalam kaldu sapi yang jernih, dengan potongan daging sapi tipis (steak, sisi lemak, sisi ramping, Sandung lamur ). Variasi fitur tendon yang dimasak ala slow cooker, babat , atau bakso di Vietnam selatan. untuk Pho Ga atau Ayam pho dibuat menggunakan bumbu yang sama dengan daging sapi, tetapi kaldu dibuat hanya menggunakan tulang ayam dan daging, serta jeroan.

Aroma rempah -rempah dalam pho sangat dominan. Bumbu dan rempah yang digunakan seperti kayu manis Saigon atau jenis kayu manis lainnya sebagai alternatif (mungkin biasanya digunakan dalam bentuk tongkat, kadang-kadang dalam bentuk bubuk di warung restoran pho di luar negeri), adas bintang , jahe panggang, bawang panggang, kapulaga hitam , biji ketumbar , biji adas , dan cengkeh.

Dalam proses memasaknya, rempah-rempah tersebut biasanya dibungkus  kain katun tipis atau tas perendaman untuk mencegah mereka mengambang di seluruh pot, biasanya mengandung cengkeh, adas bintang, biji ketumbar, adas, kayu manis, kapulaga hitam, jahe, dan bawang.
Tapi sebenarnya ada juga rempah - rempah kering siap pakai yang khusus untuk membuat Pho merk yang banyak dijual di Vietnam adalah Pho Hoa Pasteur.

Untuk memasak kaldu membutuhkan waktu beberapa jam dalam prosesnya. Kaldu pho ayam, menggunakan daging dan tulang ayam yang digunakan sebagai pengganti daging sapi dan tulang sapi.

Koki  sering memanggang jahe dan bawang di atas api terbuka selama sekitar satu menit sebelum menambahkannya ke kaldu, untuk mengeluarkan rasa penuh mereka. Mereka juga membersihkan semua kotoran yang mengapung ke atas saat memasak; ini adalah kunci untuk kaldu yang jernih. Nước mắm ( kecap ikan ) ditambahkan menjelang akhir.

Pho Biasanya disajikan dengan berbagai Garnish khas untuk phở Sài Gòn seperti: bawang, cabai, culantro, taoge, dan basil Thailand .

Hidangan ini dihiasi dengan bahan-bahan seperti bawang hijau , bawang putih, kemangi Thailand (tidak harus bingung dengan kemangi manis ), cabai Thailand segar, lemon atau jeruk nipis, tauge , dan daun ketumbar (ketumbar) atau culantro . Saus ikan , saus hoisin , minyak cabai dan saus cabai pedas (seperti saus Sriracha ) dapat ditambahkan sebagai penyedap.

Baca juga :
Resep dan Kuliner Nasi Lemak Ala ABC Bistro Cafe Kuala Lumpur Malaysia

Yang mungkin pengin membuat Pho mie kuah Vietnam, bisa ikuti resep dari mbak Nungky dari nungkybui.wordpress.com

Tapi resepnya ini yang pakai Beef (daging sapi), saya sendiri belum sempat mencobanya, sementara save resepnya dulu deh.. Next kalau ada kesempatan pasti akan dicoba. Berikut ini adalah resep -resepnya :

Resep Pho Bo (Vietnamese Beef Noodle rice Soup)

Bahan - Bahan :
  • Tulang sapi sekitar 1 kg (cari bagian yang banyak sum-sum nya dan sedikit daging-dagingnya masih menempel, dan minta utk dipotong-potong sekitar 10 cm).  direbus sampai waktu yang cukup lama.
  • Untuk nanti di soupnya, sediakan daging sapi diiris-iris tipiiis sekali. Biasanya enak dari bagian sapi yang namanya ‘scotch fillet’ atau bagian “round
  • Rempah - rempah pho siap pakai Kalau tidak ketemu yang seperti ini, bisa bikin sendiri dengan kain muslin yang diikat dan diisi : 2 star anise, 2 cassia/cinnamon sticks, 3 black cardamon utuh, 2 sendok makan fennel seeds. Untuk 8 liter air rebusan cukup menggunakan hanya satu bundle ikatan saja.)Kalau menggunakan bundle bumbu seperti yang di foto atas, tetap siapkan : 2 star anise, 1-2 cassia/cinnamon sticks biar aromanya lebih mantap. Ditambah : jahe satu ruas jari dan satu atau dua onion utuh (tergantung ukuran onion)..oh ya dan 4 butir cengkeh.
  • herbs
  • Fish sauce
  • Garam
  • Gula (lebih baik pakai yellow rock sugar, beli di Asian grocery).
  • White rice flat noodle khusus untuk pho (untuk soup. bukan untuk yang “fry” seperti kwetiauw yaa..)
  • noodle
  • Taoge
  • Irisan lemon
  • Irisan cabe merah rawit (birdeye chillies)
  • Irisan daun bawang (onion spring) dan irisan bawang Bombay (onion) tipis tipis
  • Daun Thai/Vietnamese basil
  • thai/vietnamese basil
  • Hoi Sin sauce untuk cocolan saat makan. Dua produk ini in shaa Allah halal.
  • saus pho
Cara membuat Pho Bo :
  1. Cuci potongan tulang di bawah air mengalir.
  2. Masukan tulang, buntut dan potongan daging gravy beef/oyster blade ke dalam panci besar berisi air dingin sampai menutupi seluruh tulang, rebus sampai mendidih dan biarkan tetap mendidih selama 2-3 menit sampai buih-buih keluar.
  3. Matikan api, buang air sepanci itu beserta buihnya, cuci tulangnya sampai bersih lagi. Cuci juga pancinya agar jangan ada buih atau lemak kotor yang tersisa
  4. Tambahkan air dingin 8-10 liter ke dalam panci lalu masukkan potongan tulang dan dagingnya, mulailah merebus dengan api agak besar
  5. Selagi merebus, kita siapkan rempah di atas oven tray beralas foil :  onion utuh, 2 cassia sticks, 2 star anise, 4 butir cengkeh dan seruas jari jahe. Tidak perlu mengupas onion dan jahe untuk saat ini. Masukan ke oven yang sudah dipanaskan sekitar 200 derajat C sekitar 10-15 menit sampai harum. Onion sebaiknya diambil setelah 5-10 menit karena cepat lunak. Oh ya, kalau gak punya oven, rempah dan onion ini bisa disangrai di wajan (goreng tanpa minyak) sampai harum.
  6. Setelah rempah dan onion harum, keluarkan dari oven. Kupas onion dan belah dua. Kupas jahe dan iris-iris tipis. Awas panas.
  7. Masukan ke dalam air tulang yang sedang direbus : onion, star anise, cassia stick, cengkeh, jahe dan seiket bundle rempah siap pakai Pho Hoa Pasteur tadi. Tunggu sampai mendidih sesaat saja lalu kecilkan apinya, simmer. Jangan lupa diambil buih-buih yang keluar selama perebusan karena jangan sampai airnya keruh. Pho is a clear soup
  8.  Biarkan mendidih dengan api kecil-sedang (simmer) sampai paling tidak 3 jam tanpa dicicipin Sebelum 3 jam, bone marrow (sum-sum) tulang belum keluar, jadi rasa air rebusan akan seperti air cucian. Biasanya kita jadi panic dan jadi sibuk nambah-nambah perasa seperti garam, gula, fish sauce dan lain -lain. Padahal, setelah lewat 3 jam direbus dengan api kecil-sedang, tiba-tiba air rebusan mulai terasa tasty dan gurih. Bayangkan, kalau tadi sudah ditambahin garam bisa berantakan nanti rasanya. Jadi, setelah 3-4 jam, baru boleh dicicipi rasanya. Tambahkan garam, gula dan fish sauce sampai dirasa enak. normal kalau rasanya agak salty, karena nanti akan diseduhkan ke atas white rice noodle yang rasanya hambar. Pho soup yang enak biasanya bisa kelihatan dari rupanya : bersih, clear, dan terlihat minyak-minyak kaldu beningnya mengapung di permukaan. Makin lama direbus makin enak. Minimal biasanya 4 jam. Kalau ada waktu (dan kesabaran) bisa direbus sampai 6 jam. Kalau mau sekelas restoran biasanya 8-10 jam
Penyajian :
  1. Siapkan irisan daging tipisnya. Kalau yang suka mentah, nanti bisa ditata di mangkuk dan disiram dengan kuah pho yang masih mendidih. Tapi kalau senang yang matang, dagingnya bisa direbus sesaat di panci kecil berisi air. Jangan direbus terlalu lama.
  2. Siapkan noodle-nya. Ikuti petunjuk di paketnya. Biasanya, kita urai-uraikan dulu noodle-nya setelah dikeluarkan dari paket agar tidak lengket satu sama lain. Lalu masukan ke dalam air mendidih sekitar 2 menit (atau sesuai petunjuk). Tiriskan dan cuci di bawah air mengalir.
  3. Siapkan garnish-nya : taoge, daun Thai/Vietnamese basil, irisan cabe, irisan lemon, irisan daun bawang. Boleh ditambahkan irisan tipis bawang Bombay kalau suka.
  4. garnishes :
  5. Siapkan hoi sin sauce di wadah kecil untuk cocolan.
  6. Sekarang, siapkan mangkuknya ! Isi dengan white rice flat pho noodle yang sudah dimasak sesuai porsi masing-masing. Tambahkan taoge. Tambahkan irisan daging. Tambahkan beberapa lembar basil. Taburi dengan potongan daun bawang dan potongan cabe. Tuangkan kuah pho yang masih mendidih ke dalam mangkuk. Cicipi. Dan tambahkan perasan lemon sesuai selera.
Kalau mau membuat Pho Ga (ga = chicken), langkahnya hampir sama, yaitu :
  1. Ganti potongan tulang sapi dengan seekor ayam dan sekitar 10 potong tulang leher ayam dan 10 ceker. Bisa juga seekor ayam plus sekitar 2 chicken frames (tulang utuh). 
  2. Sama, harus direbus awal dan dibuang airnya, lalu direbus ulang. Jangan lupa ambil buih-buihnya selama perebusan. Kalau bisa sih, rebus saja satu ekor “boiling chicken”. 
Perbedaannya :
Saat merebus ditambahkan seikat batang coriander (cilantro/daun ketumbar) tanpa daunnya yang juga sudah dibersihkan akarnya.
Setelah 2 jam, keluarkan ayamnya, ambil dagingnya dengan rapi, dan kembalikan semua tulangnya ke dalam panci, lanjutkan rebus dengan api kecil-sedang sampai 4 jam. Simpan daging ayamnya di dalam kulkas sampai siap makan nanti.

Nikmatnya Pho Ga (Vietnamese  Chicken Noodle Rice Soup) Mie Kuah Ayam Vietnam
Kalau di bawah ini resep dari Andrea Nguyen dari simplyrecipes.com

Quick Chicken Pho Recipe 

Kunci untuk membuat pho termasuk memanggang rempah-rempah dan tumis kering jahe dan daun bawang, yang membantu mengekstrak rasa dengan cepat. Memasak ayam dalam kaldu menambah kedalaman sedap. Anda akan berlatih beberapa teknik pho mendasar yang dapat diterapkan di tempat lain juga. Pilih kaldu yang rasanya seperti ayam, seperti merek Swanson, yang kurang rewel dan mudah dimanipulasi. Anda membutuhkan dua kaleng 14,5-ons (411 g) atau satu 32-ons (907 ml) karton. "
BAHAN
  • Jahe bagian 3/4-inci (2 cm)
  • 2 bawang hijau sedang-besar
  • 1 sangat kecil (0,5 oz | 15 g) tandan tangkai daun ketumbar
  • 1 1/2 sendok teh biji ketumbar
  • 1 cengkeh utuh
  • 3 1/2 sampai 4 cangkir (840 ml hingga 1 l) kaldu ayam rendah sodium
  • 2 cangkir (480 ml) air
  • 6 hingga 8 ons (180 hingga 225 g) tanpa tulang, dada atau paha ayam tanpa kulit
  • Sekitar 1/2 sendok teh garam laut halus
  • 5 ons (150 g) mie beras basah sempit kering
  • 2 hingga 3 sendok teh saus ikan
  • Sekitar 1/2 sendok teh gula organik, atau 1 sendok teh sirup maple (opsional)
  • Lada (opsional)
Ekstra opsional: Kecambah kacang, daun mint, kemangi Thailand, daun ketumbar, irisan jeruk nipis, irisan cabai tipis
Cara Membuat Pho Ga :
  1. Persiapkan bahan kaldu: Kupas kemudian iris jahe menjadi 4 atau 5 koin. Pukul dengan sisi datar pisau atau palu daging; menyisihkan. Iris tipis bagian hijau daun bawang untuk menghasilkan 2 hingga 3 sendok makan; sisihkan untuk hiasan. Potong bagian yang tersisa menjadi jari kelingking, memar, lalu tambahkan ke jahe.
  2. Gunting bagian atas daun ketumbar untuk menghasilkan 2 sendok makan; sisihkan untuk hiasan. Sisihkan tangkai daun ketumbar ke samping.
  3. Bersihkan bahan-bahan kaldu: Dalam panci 3 sampai 4 liter (3 hingga 4 liter), panggang biji ketumbar dan cengkeh dengan api sedang sampai harum, 1 hingga 2 menit. Tambahkan bagian jahe dan bawang hijau. Aduk sekitar 30 detik, sampai aromatik.
  4. Tambahkan kaldu dan didihkan: Geser panci dari api, tunggu selama 15 detik atau sebentar untuk mendinginkan sebentar, lalu tuangkan ke dalam kaldu.
  5. Kembalikan pot ke kompor, lalu tambahkan air, daun ketumbar, ayam, dan garam. Didihkan dengan api besar, lalu turunkan api untuk mendidih perlahan.
  6. Keluarkan ayam dari kaldu setelah dimasak: Setelah 5 hingga 10 menit mendidih, ayam harus keras dan matang (tekan di atasnya dan hasilnya sedikit).
  7. Lanjutkan mendidihkan kaldu tanpa ayam selama 15 hingga 20 menit lagi (dengan total 30 menit waktu mendidih).
  8. Suwir ayam: Pindahkan ayam ke mangkuk, siram dengan air dingin untuk menahan memasak, lalu tiriskan. Biarkan dingin, kemudian potong atau serpih menjadi potongan-potongan kecil. Tutup dengan longgar untuk mencegah pengeringan.[Catatan Emma: Jika ayam tidak cukup matang ketika Anda mulai merobeknya, cukup belah menjadi beberapa bagian dan masukkan kembali ke dalam kaldu selama beberapa menit lagi sampai matang. Potongan belah akan cepat matang.]
  9. Rendam mie beras dalam air panas hingga lentur dan buram. Tiriskan, bilas, dan sisihkan.
  10. Saring kaldu: Setelah kaldu matang, tuangkan melalui saringan halus yang diposisikan di atas pot 2 liter (2 liter); lapisi saringan dengan kain muslin untuk kaldu superclear. Buang benda padat. Anda harus memiliki sekitar 4 cangkir.
  11. Bumbui dengan saus ikan dan gula (atau sirup maple), jika diperlukan, untuk menciptakan nada manis-gurih yang kuat.
  12. Selesaikan pho: Bawa kaldu yang tegang ke atas api besar. Masukkan mie ke dalam saringan mie atau saringan mesh dan dunk dalam kaldu panas untuk memanaskan dan melembutkan, 5 hingga 60 detik. Angkat mie dari panci dan belah antara 2 mangkuk. [Catatan Emma: Saya tidak merasa perlu untuk melunakkan mie dengan memasaknya. Saya baru saja menambahkannya ke mangkuk dan menuangkan kaldu hangat ke atasnya. Namun, mencelupkan mereka ke dalam kaldu akan membuat mereka lebih beraroma!
  13. Kecilkan api untuk menghangatkan kaldu selagi Anda mengatur ayam di atas mie dan hiasi dengan bawang hijau cincang, daun ketumbar, dan taburan merica. Rasakan dan sesuaikan rasa asin kaldu satu kali terakhir. Kembalikan kaldu ke mendidih dan sendok ke dalam mangkuk. Nikmati dengan ekstra, jika Anda suka.[Catatan Emma: Saya baru saja meninggalkan kaldu dengan api kecil selama langkah terakhir ini, daripada membuatnya mendidih lagi. Saya pikir itu banyak panas!]
sumber : 
https://en.wikipedia.org/wiki/Pho
https://www.simplyrecipes.com/recipes/quick_chicken_pho/
https://nungkybui.wordpress.com/2013/05/26/resep-pho-halal-versi-istri-orang-vietnam/

Nikmatnya Pho Ga (Vietnamese Chicken Noodle Rice Soup) Mie Kuah Ayam Vietnam

Nikmatnya Pho Ga (Vietnamese  Chicken Noodle Rice Soup) Mie Kuah Ayam Vietnam

Bismillahirrahmanirrahim.
Nikmatnya Pho Ga (Vietnamese  Chicken Noodle Soup) Mie Kuah Ayam Vietnam- Tidak afdol rasanya jika sudah jauh - jauh sampai vietnam tapi tidak mencicipi makanan khas dari negeri tersebut. Sebenarnya saya sendiri juga bukan termasuk penggemar kuliner, hanya saja ketika berada ditempat yang asing ada perasaan penasaran ingin mencicipi makanan lokal. Salah satu makanan khas Vietnam yang saya coba adalah Pho Ga alias mie kuah ayam.

Saya memang tidak banyak mencoba makanan khas Vietnam lainnya karena  ragu akan kehalalannya. Untuk kalian yang muslim jika ingin mencoba makanan khas vietnam cari aman saja makan di resto moslem yang banyak terdapat di Kawasan Ben Than Market Yaitu di Jalan Nguyen An Ninh yang familiar disebuat malaysian street karena saking banyaknya resto halal milik orang malaysia. Sebut saja  Halal Resto Hj. Man Sour, Resto Halal Amin, Osman  Basiroh, Ay sah dan lainnya. Selain menjual menu - menu makanan asia, mereka juga menjual makanan khas Vietnam.

Karena perjalanan  ke Vietnam adalah Flashtrip dimana tiap hari berpindah kota membuat saya tidak bisa banyak mengexplore baik kuliner maupun tempat wisatanya. Kebetulan dihari terakhir sebelum meninggalkan Vietnam, saya berada di Ho chi min. Inilah kesempatan terakhir saya untuk bisa berkeliling Ho chi min dan menikmati Pho.

Nikmatnya Pho Ga (Vietnamese  Chicken Noodle Rice Soup) Mie Kuah Ayam Vietnam

Ingat Pho jadi ingat Serena, seorang mahasiswa dari Vietnam yang malam itu menjadi guide sekaligus teman jalan - jalan keliling kota. Baiklah saya mau menceritakan kisah pertemuan dengan Serena ini..jiaaa..

Sekitar jam 18.00, saya sampai di hotel Suite Backpacker Inn ( ini hotel yang paling saya favoritkan sepanjang perjalanan ke Vietnam, lokasinya strategis dekat biro perjalanan yang terkenal The Shin Tourist). Kamarnya bersih dan luas banget..kebetulan saya pilih kamar tripple room, dengan 3 bed.. bisa dibayangkan kan luasnya seberapa..sayang sebenarnya karena hanya ditempati seorang diri..haha..untuk harga lumayan murah  sekitar 300ribuan/malam.

Lanjut ceritanya ya..setelah chek in, mandi dan beres- beres. Saya di kasih tahu pihak hotel ada seseorang dari Saigon Free walking Tour, kebetulan saya sudah kirim purpose untuk join dengan dengan tour mereka. Saya pilih yang "light up the night", karena menurut saya jalan - jalan di malam hari lebih menyenangkan. Menikmati indahnya kerlap kerlip lampu kota dan tentunya trafict lalu lintas yang tidak sesemprawut disiang hari.

Oh ya.. perlu kalian ketahui, tournya ini menggunakan scooter semacam motor jadul. Woww.. seru banget..naik motor malam - malam ditengah semrawutnya lalu lintas Vietnam dan Serena  cukup lincah dalam mengendarai scooter nya, ngeri ngeri sedaplah naik scooter di Ho chi min..terjang sana ..terjang sini..haha...

Serena ini ternyata pernah  tinggal di Indonesia dalam rangka mengikuti semacam pertukaran pelajar di Bandung. Jadi kita ngobrolnya agak nyambung walaupun kemampuan bahasa inggrisku acakadul nggak karuan. Pertama kali liat Serena ini, saya pikir dia keturunan campuran karena facenya lebih mirip orang Indonesia, apalagi dengan rambutnya yang kruwil itu membuat Serena kelihatan beda dari orang Vietnam kebanyakan. Yes, She's a nice girl...

Sebelum mengexplore kota Ho chi min, saya dan Serena mencari makan malam terlebih dahulu. Saya bilang ke Serena kalau saya pengin makan Pho halal. Akhirnya kami muter - muter mencari resto moslem yang memiliki menu Pho. Ketemu juga sama restoran di dekat Ben Tahn market yaitu Halal Amin. Saya memesan  Pho Chicken Noodle Soup dan Ice Coffee. Setelah sekian lama akhirnya saya memberanikan diri minum kopi lagi. Dan harus saya akui, kopi vietnam itu uenakkkk....apalagi kalo ditambah krimer atau milk..buehhh  wuenakk..baru kali ini saya menghabiskan kopi sampai tetesan terakhir..hahaa..lebay ya...

Menu Pho Ga di Halal Amin Resto, ternyata porsinya ini sangat besar dan disajikan lengkap dengan garnishnya seperti daun kemangi thailand,daun ketumbar, taoge dan saosnya.Cocok deh buat makan berdua. Untuk rasa dari Pho Ga ini lumayan enak dan cocok di lidah ala Indonesia saya..

Nikmatnya Pho Ga (Vietnamese  Chicken Noodle Rice Soup) Mie Kuah Ayam Vietnam

Berbicara tentang Pho (pengucapannya fou), merupakan sup vietnam yang didalamnya terdiri dari kuah kaldu, mie beras (banh pho), daging (bisa sapi atau ayam) dan bumbu - bumbu herbal khas Vietnam. Pho disajikan dalam mangkuk dengan berisi mie beras yang kalau di vietnam biasa disebut bánh phở dalam kaldu sapi yang jernih, dengan potongan daging sapi tipis (steak, sisi lemak, sisi ramping, Sandung lamur ). Variasi fitur tendon yang dimasak ala slow cooker, babat , atau bakso di Vietnam selatan. untuk Pho Ga atau Ayam pho dibuat menggunakan bumbu yang sama dengan daging sapi, tetapi kaldu dibuat hanya menggunakan tulang ayam dan daging, serta jeroan.

Aroma rempah -rempah dalam pho sangat dominan. Bumbu dan rempah yang digunakan seperti kayu manis Saigon atau jenis kayu manis lainnya sebagai alternatif (mungkin biasanya digunakan dalam bentuk tongkat, kadang-kadang dalam bentuk bubuk di warung restoran pho di luar negeri), adas bintang , jahe panggang, bawang panggang, kapulaga hitam , biji ketumbar , biji adas , dan cengkeh.

Dalam proses memasaknya, rempah-rempah tersebut biasanya dibungkus  kain katun tipis atau tas perendaman untuk mencegah mereka mengambang di seluruh pot, biasanya mengandung cengkeh, adas bintang, biji ketumbar, adas, kayu manis, kapulaga hitam, jahe, dan bawang.
Tapi sebenarnya ada juga rempah - rempah kering siap pakai yang khusus untuk membuat Pho merk yang banyak dijual di Vietnam adalah Pho Hoa Pasteur.

Untuk memasak kaldu membutuhkan waktu beberapa jam dalam prosesnya. Kaldu pho ayam, menggunakan daging dan tulang ayam yang digunakan sebagai pengganti daging sapi dan tulang sapi.

Koki  sering memanggang jahe dan bawang di atas api terbuka selama sekitar satu menit sebelum menambahkannya ke kaldu, untuk mengeluarkan rasa penuh mereka. Mereka juga membersihkan semua kotoran yang mengapung ke atas saat memasak; ini adalah kunci untuk kaldu yang jernih. Nước mắm ( kecap ikan ) ditambahkan menjelang akhir.

Pho Biasanya disajikan dengan berbagai Garnish khas untuk phở Sài Gòn seperti: bawang, cabai, culantro, taoge, dan basil Thailand .

Hidangan ini dihiasi dengan bahan-bahan seperti bawang hijau , bawang putih, kemangi Thailand (tidak harus bingung dengan kemangi manis ), cabai Thailand segar, lemon atau jeruk nipis, tauge , dan daun ketumbar (ketumbar) atau culantro . Saus ikan , saus hoisin , minyak cabai dan saus cabai pedas (seperti saus Sriracha ) dapat ditambahkan sebagai penyedap.

Baca juga :
Resep dan Kuliner Nasi Lemak Ala ABC Bistro Cafe Kuala Lumpur Malaysia

Yang mungkin pengin membuat Pho mie kuah Vietnam, bisa ikuti resep dari mbak Nungky dari nungkybui.wordpress.com

Tapi resepnya ini yang pakai Beef (daging sapi), saya sendiri belum sempat mencobanya, sementara save resepnya dulu deh.. Next kalau ada kesempatan pasti akan dicoba. Berikut ini adalah resep -resepnya :

Resep Pho Bo (Vietnamese Beef Noodle rice Soup)

Bahan - Bahan :
  • Tulang sapi sekitar 1 kg (cari bagian yang banyak sum-sum nya dan sedikit daging-dagingnya masih menempel, dan minta utk dipotong-potong sekitar 10 cm).  direbus sampai waktu yang cukup lama.
  • Untuk nanti di soupnya, sediakan daging sapi diiris-iris tipiiis sekali. Biasanya enak dari bagian sapi yang namanya ‘scotch fillet’ atau bagian “round
  • Rempah - rempah pho siap pakai Kalau tidak ketemu yang seperti ini, bisa bikin sendiri dengan kain muslin yang diikat dan diisi : 2 star anise, 2 cassia/cinnamon sticks, 3 black cardamon utuh, 2 sendok makan fennel seeds. Untuk 8 liter air rebusan cukup menggunakan hanya satu bundle ikatan saja.)Kalau menggunakan bundle bumbu seperti yang di foto atas, tetap siapkan : 2 star anise, 1-2 cassia/cinnamon sticks biar aromanya lebih mantap. Ditambah : jahe satu ruas jari dan satu atau dua onion utuh (tergantung ukuran onion)..oh ya dan 4 butir cengkeh.
  • herbs
  • Fish sauce
  • Garam
  • Gula (lebih baik pakai yellow rock sugar, beli di Asian grocery).
  • White rice flat noodle khusus untuk pho (untuk soup. bukan untuk yang “fry” seperti kwetiauw yaa..)
  • noodle
  • Taoge
  • Irisan lemon
  • Irisan cabe merah rawit (birdeye chillies)
  • Irisan daun bawang (onion spring) dan irisan bawang Bombay (onion) tipis tipis
  • Daun Thai/Vietnamese basil
  • thai/vietnamese basil
  • Hoi Sin sauce untuk cocolan saat makan. Dua produk ini in shaa Allah halal.
  • saus pho
Cara membuat Pho Bo :
  1. Cuci potongan tulang di bawah air mengalir.
  2. Masukan tulang, buntut dan potongan daging gravy beef/oyster blade ke dalam panci besar berisi air dingin sampai menutupi seluruh tulang, rebus sampai mendidih dan biarkan tetap mendidih selama 2-3 menit sampai buih-buih keluar.
  3. Matikan api, buang air sepanci itu beserta buihnya, cuci tulangnya sampai bersih lagi. Cuci juga pancinya agar jangan ada buih atau lemak kotor yang tersisa
  4. Tambahkan air dingin 8-10 liter ke dalam panci lalu masukkan potongan tulang dan dagingnya, mulailah merebus dengan api agak besar
  5. Selagi merebus, kita siapkan rempah di atas oven tray beralas foil :  onion utuh, 2 cassia sticks, 2 star anise, 4 butir cengkeh dan seruas jari jahe. Tidak perlu mengupas onion dan jahe untuk saat ini. Masukan ke oven yang sudah dipanaskan sekitar 200 derajat C sekitar 10-15 menit sampai harum. Onion sebaiknya diambil setelah 5-10 menit karena cepat lunak. Oh ya, kalau gak punya oven, rempah dan onion ini bisa disangrai di wajan (goreng tanpa minyak) sampai harum.
  6. Setelah rempah dan onion harum, keluarkan dari oven. Kupas onion dan belah dua. Kupas jahe dan iris-iris tipis. Awas panas.
  7. Masukan ke dalam air tulang yang sedang direbus : onion, star anise, cassia stick, cengkeh, jahe dan seiket bundle rempah siap pakai Pho Hoa Pasteur tadi. Tunggu sampai mendidih sesaat saja lalu kecilkan apinya, simmer. Jangan lupa diambil buih-buih yang keluar selama perebusan karena jangan sampai airnya keruh. Pho is a clear soup
  8.  Biarkan mendidih dengan api kecil-sedang (simmer) sampai paling tidak 3 jam tanpa dicicipin Sebelum 3 jam, bone marrow (sum-sum) tulang belum keluar, jadi rasa air rebusan akan seperti air cucian. Biasanya kita jadi panic dan jadi sibuk nambah-nambah perasa seperti garam, gula, fish sauce dan lain -lain. Padahal, setelah lewat 3 jam direbus dengan api kecil-sedang, tiba-tiba air rebusan mulai terasa tasty dan gurih. Bayangkan, kalau tadi sudah ditambahin garam bisa berantakan nanti rasanya. Jadi, setelah 3-4 jam, baru boleh dicicipi rasanya. Tambahkan garam, gula dan fish sauce sampai dirasa enak. normal kalau rasanya agak salty, karena nanti akan diseduhkan ke atas white rice noodle yang rasanya hambar. Pho soup yang enak biasanya bisa kelihatan dari rupanya : bersih, clear, dan terlihat minyak-minyak kaldu beningnya mengapung di permukaan. Makin lama direbus makin enak. Minimal biasanya 4 jam. Kalau ada waktu (dan kesabaran) bisa direbus sampai 6 jam. Kalau mau sekelas restoran biasanya 8-10 jam
Penyajian :
  1. Siapkan irisan daging tipisnya. Kalau yang suka mentah, nanti bisa ditata di mangkuk dan disiram dengan kuah pho yang masih mendidih. Tapi kalau senang yang matang, dagingnya bisa direbus sesaat di panci kecil berisi air. Jangan direbus terlalu lama.
  2. Siapkan noodle-nya. Ikuti petunjuk di paketnya. Biasanya, kita urai-uraikan dulu noodle-nya setelah dikeluarkan dari paket agar tidak lengket satu sama lain. Lalu masukan ke dalam air mendidih sekitar 2 menit (atau sesuai petunjuk). Tiriskan dan cuci di bawah air mengalir.
  3. Siapkan garnish-nya : taoge, daun Thai/Vietnamese basil, irisan cabe, irisan lemon, irisan daun bawang. Boleh ditambahkan irisan tipis bawang Bombay kalau suka.
  4. garnishes :
  5. Siapkan hoi sin sauce di wadah kecil untuk cocolan.
  6. Sekarang, siapkan mangkuknya ! Isi dengan white rice flat pho noodle yang sudah dimasak sesuai porsi masing-masing. Tambahkan taoge. Tambahkan irisan daging. Tambahkan beberapa lembar basil. Taburi dengan potongan daun bawang dan potongan cabe. Tuangkan kuah pho yang masih mendidih ke dalam mangkuk. Cicipi. Dan tambahkan perasan lemon sesuai selera.
Kalau mau membuat Pho Ga (ga = chicken), langkahnya hampir sama, yaitu :
  1. Ganti potongan tulang sapi dengan seekor ayam dan sekitar 10 potong tulang leher ayam dan 10 ceker. Bisa juga seekor ayam plus sekitar 2 chicken frames (tulang utuh). 
  2. Sama, harus direbus awal dan dibuang airnya, lalu direbus ulang. Jangan lupa ambil buih-buihnya selama perebusan. Kalau bisa sih, rebus saja satu ekor “boiling chicken”. 
Perbedaannya :
Saat merebus ditambahkan seikat batang coriander (cilantro/daun ketumbar) tanpa daunnya yang juga sudah dibersihkan akarnya.
Setelah 2 jam, keluarkan ayamnya, ambil dagingnya dengan rapi, dan kembalikan semua tulangnya ke dalam panci, lanjutkan rebus dengan api kecil-sedang sampai 4 jam. Simpan daging ayamnya di dalam kulkas sampai siap makan nanti.

Nikmatnya Pho Ga (Vietnamese  Chicken Noodle Rice Soup) Mie Kuah Ayam Vietnam
Kalau di bawah ini resep dari Andrea Nguyen dari simplyrecipes.com

Quick Chicken Pho Recipe 

Kunci untuk membuat pho termasuk memanggang rempah-rempah dan tumis kering jahe dan daun bawang, yang membantu mengekstrak rasa dengan cepat. Memasak ayam dalam kaldu menambah kedalaman sedap. Anda akan berlatih beberapa teknik pho mendasar yang dapat diterapkan di tempat lain juga. Pilih kaldu yang rasanya seperti ayam, seperti merek Swanson, yang kurang rewel dan mudah dimanipulasi. Anda membutuhkan dua kaleng 14,5-ons (411 g) atau satu 32-ons (907 ml) karton. "
BAHAN
  • Jahe bagian 3/4-inci (2 cm)
  • 2 bawang hijau sedang-besar
  • 1 sangat kecil (0,5 oz | 15 g) tandan tangkai daun ketumbar
  • 1 1/2 sendok teh biji ketumbar
  • 1 cengkeh utuh
  • 3 1/2 sampai 4 cangkir (840 ml hingga 1 l) kaldu ayam rendah sodium
  • 2 cangkir (480 ml) air
  • 6 hingga 8 ons (180 hingga 225 g) tanpa tulang, dada atau paha ayam tanpa kulit
  • Sekitar 1/2 sendok teh garam laut halus
  • 5 ons (150 g) mie beras basah sempit kering
  • 2 hingga 3 sendok teh saus ikan
  • Sekitar 1/2 sendok teh gula organik, atau 1 sendok teh sirup maple (opsional)
  • Lada (opsional)
Ekstra opsional: Kecambah kacang, daun mint, kemangi Thailand, daun ketumbar, irisan jeruk nipis, irisan cabai tipis
Cara Membuat Pho Ga :
  1. Persiapkan bahan kaldu: Kupas kemudian iris jahe menjadi 4 atau 5 koin. Pukul dengan sisi datar pisau atau palu daging; menyisihkan. Iris tipis bagian hijau daun bawang untuk menghasilkan 2 hingga 3 sendok makan; sisihkan untuk hiasan. Potong bagian yang tersisa menjadi jari kelingking, memar, lalu tambahkan ke jahe.
  2. Gunting bagian atas daun ketumbar untuk menghasilkan 2 sendok makan; sisihkan untuk hiasan. Sisihkan tangkai daun ketumbar ke samping.
  3. Bersihkan bahan-bahan kaldu: Dalam panci 3 sampai 4 liter (3 hingga 4 liter), panggang biji ketumbar dan cengkeh dengan api sedang sampai harum, 1 hingga 2 menit. Tambahkan bagian jahe dan bawang hijau. Aduk sekitar 30 detik, sampai aromatik.
  4. Tambahkan kaldu dan didihkan: Geser panci dari api, tunggu selama 15 detik atau sebentar untuk mendinginkan sebentar, lalu tuangkan ke dalam kaldu.
  5. Kembalikan pot ke kompor, lalu tambahkan air, daun ketumbar, ayam, dan garam. Didihkan dengan api besar, lalu turunkan api untuk mendidih perlahan.
  6. Keluarkan ayam dari kaldu setelah dimasak: Setelah 5 hingga 10 menit mendidih, ayam harus keras dan matang (tekan di atasnya dan hasilnya sedikit).
  7. Lanjutkan mendidihkan kaldu tanpa ayam selama 15 hingga 20 menit lagi (dengan total 30 menit waktu mendidih).
  8. Suwir ayam: Pindahkan ayam ke mangkuk, siram dengan air dingin untuk menahan memasak, lalu tiriskan. Biarkan dingin, kemudian potong atau serpih menjadi potongan-potongan kecil. Tutup dengan longgar untuk mencegah pengeringan.[Catatan Emma: Jika ayam tidak cukup matang ketika Anda mulai merobeknya, cukup belah menjadi beberapa bagian dan masukkan kembali ke dalam kaldu selama beberapa menit lagi sampai matang. Potongan belah akan cepat matang.]
  9. Rendam mie beras dalam air panas hingga lentur dan buram. Tiriskan, bilas, dan sisihkan.
  10. Saring kaldu: Setelah kaldu matang, tuangkan melalui saringan halus yang diposisikan di atas pot 2 liter (2 liter); lapisi saringan dengan kain muslin untuk kaldu superclear. Buang benda padat. Anda harus memiliki sekitar 4 cangkir.
  11. Bumbui dengan saus ikan dan gula (atau sirup maple), jika diperlukan, untuk menciptakan nada manis-gurih yang kuat.
  12. Selesaikan pho: Bawa kaldu yang tegang ke atas api besar. Masukkan mie ke dalam saringan mie atau saringan mesh dan dunk dalam kaldu panas untuk memanaskan dan melembutkan, 5 hingga 60 detik. Angkat mie dari panci dan belah antara 2 mangkuk. [Catatan Emma: Saya tidak merasa perlu untuk melunakkan mie dengan memasaknya. Saya baru saja menambahkannya ke mangkuk dan menuangkan kaldu hangat ke atasnya. Namun, mencelupkan mereka ke dalam kaldu akan membuat mereka lebih beraroma!
  13. Kecilkan api untuk menghangatkan kaldu selagi Anda mengatur ayam di atas mie dan hiasi dengan bawang hijau cincang, daun ketumbar, dan taburan merica. Rasakan dan sesuaikan rasa asin kaldu satu kali terakhir. Kembalikan kaldu ke mendidih dan sendok ke dalam mangkuk. Nikmati dengan ekstra, jika Anda suka.[Catatan Emma: Saya baru saja meninggalkan kaldu dengan api kecil selama langkah terakhir ini, daripada membuatnya mendidih lagi. Saya pikir itu banyak panas!]
sumber : 
https://en.wikipedia.org/wiki/Pho
https://www.simplyrecipes.com/recipes/quick_chicken_pho/
https://nungkybui.wordpress.com/2013/05/26/resep-pho-halal-versi-istri-orang-vietnam/

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar